Parenting   

Yuk Kenali Tahapan Pertumbuhan Kembang Anak Dari Usia 2 – 3 Tahun


Yuk Kenali Tahapan Pertumbuhan Kembang Anak Dari Usia 2 - 3 Tahun 1

Setiap anak tentunya memiliki tahapan pertumbuhan yang berbeda – beda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor genetik, asupan gizi masing – masing anak serta lingkungan. Selain itu, ada juga beberapa anak yang mengalami tahap kembang dalam bahasa yang lebih cepat, sehingga kemampuan berbicaranya sudah melebihi dari anak seusianya. Tetapi, ada juga anak yang tahap perkembangan motoriknya terjadi lebih cepat, sehingga dia bisa lebih dahulu melakukan aktivitas seperti berguling, duduk, atau berjalan jika dibandingkan dengan anak – anak yang lain.

Yuk Kenali Tahapan Pertumbuhan Kembang Anak Dari Usia 2 - 3 Tahun 3

Walaupun kita tahu bahwa tahapan tumbuh kembang pada anak – anak begitu berbeda – beda, tetapi para orang tua juga wajib mengetahui fase apa saja yang tepat saat sang anak mengalami masa pertumbuhan di usianya. Karena itu, berikut ini ada beberapa tahapan pertumbuhan kembang anak yang harus diketahui oleh para orang tua.

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun

Yuk Kenali Tahapan Pertumbuhan Kembang Anak Dari Usia 2 - 3 Tahun 4

Saat sang buah hati memasuki usia 2 tahun, maka akan ada banyak kemampuan serta pengetahuan baru yang bisa dia kuasai. Dari segi motorik misalnya, perkembangan anak usia 2 tahun dapat dilihat dari cara dia menyeimbangkan tubuh serta menggerakan bagian tubuhnya. Contohnya saat dia ingin berlari tanpa perlu lagi adanya bantuan atau saat dia melempar bola tanpa kehilangan keseimbangannya.

Baca juga  5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Pemalas, Jangan Diabaikan ya

Kemudian untuk tahapan perkembangan dalam bahasanya, anak usia 2 tahun juga akan semakin menguasai banyak kosakata yang sederhana. Dia mungkin sudah bisa mengucapkan 2 kalimat sederhana yang ingin dia sampaikan. Selain itu, sang buah hati juga telah mengetahui nama – nama dari anggota keluarganya ketika dia ditanyakan.

Lalu untuk tahapan perkembangan emosi serta sosialnya, anak usia 2 tahun bisa dilihat dengan cara dia mengungkapkan emosinya secara bertahap. Tetapi perlu diketahui bahwa, anak usia 2 tahun ini memiliki keterbatasan dalam mengungkapkan apa yang dia rasakan sehingga terkadang hal ini akan membuat dia merasa frustasi dengan sendirinya sehingga orang tua akan merasakan tantrum pada sang anak.

Baca juga  5 Tips Menghentikan Kebiasaan Anak Menghisap Jempol

Tantrum merupakan kondisi dimana sang anak meluapkan emosinya dengan cara menangis, berteriak, berguling – guling, menjerit bahkan menjadi keras kepala. Jangan sampai tantrum pada anak dibiarkan begitu saja, karena fase tantrum tersebut bisa saja berjalan sangat lama dan perkembangan emosional sanga anak akan menjadi kurang baik.

Perkembangan Anak Usia 3 Tahun

Yuk Kenali Tahapan Pertumbuhan Kembang Anak Dari Usia 2 - 3 Tahun 5

Untuk anak usia 3 tahun, masa pertumbuhannya akan berkembang dengan cepat. Untuk kemampuan motoriknya, sanga anak sudah bisa menunjukkan kemampuan menyeimbangkan serta menggerkana tubuhnya dengan sangat baik. Dia tidak akan mengalami kesulitan lagi saat melakukan kegiatannya seperti menggenggam benda – benda kecil, membuka halaman buku atau menyusun balok mainannya. Bahkan, usian anak 3 tahun sudah bisa dilihat perkembanganya dengan cara kemampuannya dalam memakai dan melepas pakaian tanpa bantuan orang tua lagi.

Kemudian untuk perkembangan bahasanya, anak usia 3 tahun sudah mulai memahami hukum sebab akibat. Contohnya seperti saat dia menjatuhkan mainan, maka akan terdengar suara nyaring. Selain itu, sang anak juga sudah mengerti dengan waktu, misalnya saat orang tua mengatakan ingin pergi ke rumah teman keesokan harinya maka dia pun sudah memahami maksudnya.

Baca juga  5 Tips Mengatasi Marah Kepada Anak

Lalu untuk tahapan perkembangan anak secara emosional, dia akan lebih mudah mengungkapkan isi perasaaannya serta keinginannya kepada para orang tua. Kemampuannya ini juga mempengaruhi sikap tantrumnya yang secara perlahan mulai berkurang. Dalam usia 3 tahun ini juga sang anak telah memahami apa arti dari kepemilikan benda atau sesuatu hal. Misalnya dia tahu apakah mainan tersebut itu adalah miliknya atau bukan.

Itulah beberapa tahapan perkembangan kembang anak usia 2 sampai 3 tahun yang perlu diketahui oleh para orang tua. Walaupun akan ada fase dimana tahapan kembang sang anak berbeda – beda, namun para orang tua juga harus tahu bahwa, jangan sampai ada unsur pemaksaan dan membandingkan dalam proses tumbuh kembang sang anak ya. Semoga bermanfaat !

Yuk Kenali Tahapan Pertumbuhan Kembang Anak Dari Usia 2 - 3 Tahun 6


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng