Psikologi   

4 Kepribadian Dasar Manusia, Kamu Yang Mana


4 Kepribadian Dasar Manusia, Kamu Yang Mana 1

Setiap manusia mempunyai berbagai karakter dan gambaran kepribadian. Namun kepribadian dari masing- masing orang pasti sangatlah berbeda. Perbedaan itu tentunya juga dapat dirasakan oleh setiap orang saat berinteraksi atau sekedar melihat orang lain. Namun dalam ilmu psikologis ternyata karakter dan tipe kepribadian seseorang dapat diketahui. Setiap orang selalu mempunyai karakter dasar dan kecenderungan tertentu di dalam kepribadiannya.

Seperti yang sudah dijabarkan oleh Tabib Yunani, Hippocrates. Ia menjelaskan bahwa karate kepribadian seseorang mempunyai empat dasar dan itu dapat dijadikan patokan untuk lebih mengenal karakter seseorang secara lebih mendalam. Hippocrates sendiri membagi ke- empat kepribadian dasar seseorang diantaranya.

Sanguinis

4 Kepribadian Dasar Manusia, Kamu Yang Mana 3

Dilingkungan sekitar kalian mungkin banyak sekali orang yang mempunyai kepribadian dasar sanguinis. Biasanya orang dengan kepribadian tersebut mempunyai kecenderungan Optimis terhadap banyak hal. Ia selalu percaya diri terhadap segala tujuan dan perencanaan tanpa sedikit keraguan. Selain itu orang dengan kepribadian dasar Sanguinis ini termasuk orang yang ringan, tidak menganggap segala hal dalam urusan yang sulit atau terlalu berat. Mereka cenderung menjadi orang yang riang dan sangat menjunjung tinggi sikap toleransi terhadap sesama manusia. Kecenderungan seperti ini membuat orang dengan kepribadian sanguinis banyak disukai orang.

Namun sikap negatif yang selalu ada dalam pribadi mereka adalah sulitnya menghilangkan rasa bosan dan menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar yang terbilang monoton. Sehingga mereka lebih suka membuat suatu variasi dan inofasi pada hal- hal yang mereka anggap biasa saja. Kekurangan yang lain adalah sikap optimisme dan kepercayaan diri yang tinggi rupanya mampu membuat karakter yang satu ini dapat mengalami kecanduan berat terhadap suatu hal, seperti memainkan sebuah permainan contohnya.

Kecocokan pribadi ini dengan dunia luar adalah kecenderungan mampu memiliki profesi yang bebas seperti seorang seniman atau suatu pekerjaan sosial yang berhubungan langsung dengan banyak orang.

Baca juga  5 Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri, Sudah Tahukah Kamu ?

 

Plegmatis

4 Kepribadian Dasar Manusia, Kamu Yang Mana 4

Apakah kalian mempunyai teman yang hidupnya cenderung damai dan tenang ? tidak suka cari masalah, apalagi mencampuri hal- hal yang tidak terlalu penting baginya. Besar kemungkinan kepribadian dasarnya adalah Plegmatis. Biasanya orang dengan karakter seperti ini adalah orang cinta damai dan cenderung pendiam. Mereka mempunyai sisi kebijaksanaan yang lebih unggul ketimbang kepribadian lainnya. Terutama jika mereka ditempatkan sebagai penengah dalam suatu masalah. Selain itu rasa simpati yang tinggi menjadi faktor tambahan yang membuktikan bahwa mereka adalah orang- orang yang sangat cinta damai.

Akan tetapi bukan berarti mereka tidak mempunyai kekurangan. Biasanya orang Plegmatis ini mempunyai sisi pengecut yang luar biasa, seperti kecenderungan menghindari masalah dan selalu mencari aman dalam berbagai situasi. Apalagi dengan sifat keras kepala yang mereka miliki akan menambah kecenderungan sifat negatif yang ada.

Orang- orang plegmatis sangat cocok apabila mereka ditempatkan sebagai seorang mediator atau penengah. Pekerjaan lain yang cocok dengan karakter ini lebih mengarah ke pekerjaan sosial yang tenang seperti seorang psikolog, konseling atau layanan sosial.

 

Melankolis

4 Kepribadian Dasar Manusia, Kamu Yang Mana 5

Sifat yang perfeksionis dan cenderung sangat sempurna terhadap segala hal adalah kecenderungan kepribadian dasar melankolis. Apalagi mereka adalah pribadi yang tertutup dan menyukai hal- hal tradisional. Kadang mereka justru akan terlihat sebagai seorang yang sangat kolot, walau sebenarnya tidak sama sekali. Mereka hanya sudah menganalisis lebih dulu, sehingga tau jawaban yang tepat pada suatu permasalahan. Pada dasarnya para melankolis ini mempunyai sisi kesempurnaan yang tinggi dan sulit dicapai atau bahkan disetarakan dengan lainnya sehingga cenderung terlihat sebagai karakter yang berbeda dari kebanyakan. Pada dasarnya mereka memang menonjol di berbagai hal mulai dari pemikiran mereka tentang pemecahan sebuah masalah, hingga pola analisis, keseriusan dan sensitifitas yang tinggi. Bahkan orang- orang melankolis mempunyai keseimbangan antara otak kanan dan kiri. Bisa dilihat dari kemampuan mereka yang juga seimbang dalam lingkup seni denganĀ  kreatifitas tinggi.

Baca juga  5 Manfaat Dibalik Merdunya Irama Musik

Yang menjadi sisi negatif dari kepribadian dasar mereka adalah pemikiran yang cenderung melelahkan serta kewaspadaan yang terlalu tinggi terhadap lingkungan sekitar. Sehingga menjadi beban tersendiri dalam lingkup psikologis mereka. Si melankolis cenderung sangat berhati- hati dalam memilih lingkungan dan jaringan pertemanan untuk dirinya atau orang terdekatnya. Selain itu kendala dalam bersosialisasi menjadi suatu problem serius yang harus diatasi oleh orang- orang dengan kepribadian melankolis.

Seorang melankolis sebenarnya sangat cocok ditempatkan pada posisi apapun. Bahkan mereka berpeluang paling besar untuk menempati peringkat teratas jika harus bersaing untuk menjadi leader dari suatu tim. Namun melihat kecenderungan mereka yang perfeksionis dan sangat teliti, mungkin pekerjaan- pekerjaan seperti administrasi, akuntansi atau yang berhubungan dengan pengamatan dan ketelitian akan sangat cocok bagi mereka.

 

Koleris

4 Kepribadian Dasar Manusia, Kamu Yang Mana 6

Inilah orang dengan kepribadian dasar paling kuat. Mereka memiliki segala hal yang berhubungan dengan kekuatan mental. Orang dengan kepribadian Koleris adalah saingan abadi dari Melankolis, namun dengan sikap yang sedikit dinamis dan mampu menyesuaikan dengan kelemahan orang lain. Disatu sisi mereka layak dijadikan sebagai pemimpin karena keterbukaannya dalam segala. Mulai dari berfikir kritis sampai yang cenderung konservatif hingga menjadi orang yang aktif serta mampu diajak untuk berpetualang. Seperti penjelasan diawal tadi bahwa orang- orang dengan kepribadian Koleris ini adalah manusia bermental baja. Superman versi manusia biasa namun tetap diatas rata- rata kebanyakan orang. Prinsip perubahan yang semakin hari harus semakin baik menjadi dasar yang sudah mereka bangun sejak lama.

Baca juga  5 Karakter Ibu Tangguh dalam Serial Anime

Kelemahan dari kepribadian Koleris ini adalah sifat yang terlalu bersemangat sehingga sulit menghadapi situasi dengan sabar. Disatu sisi beberapa sikap positif mereka akan menjadi boomerang yang sangat berbahaya jika terlalu ditonjolkan. Contohnya adalah kekurangan mereka dalam sikap kepemimpinan yang kadang sulit menyesuikan dengan yang lain. Hal ini bukan karena mereka jahat, tetapi lebih kepada kemampuan yang mereka punya terlalu menonjol sehingga punya kecenderungan intimidasi yang tinggi.

Orang Koleris sangat cocok dengan bidang pekerjaan seperti dalam bidang teknik, tekhnologi atau terkait pengelolaan industri. Karena mereka akan mengaturnya dengan kemampuan yang diatas rata- rata serta semangat yang tinggi untuk mewujudkan hasil dari apa yang mereka kerjakan.

Itu tadi 4 kepribadian dasar manusia. Mungkin kita banyak bertanya- tanya mengapa karakter dan sifat seseorang bisa sangat bervariasi. Padahal sebenarnya kepribadian dasar mereka tidak terlalu banyak. Hal ini karena pengaruh dari berbagai hal yang masuk dalam pribadi mereka. Seperti contohnya orang dengan kepribadian dasar melankolis bisa saja terlihat seperti orang dengan kepribadian dasar Koleris atau sebaliknya. Seluruh faktor disekitar kita berpengaruh tidak hanya dari sisi sosial saja. Namun secara personal apa yang menjadi fokus kita dalam keseharian juga mampu merubah karakter kita.

Intinya kepribadian dasar mungkin bisa dijadikan patokan untuk menilai dan mengetahui karakter seseorang. Tetapi kita juga harus sadar bahwa sikap dan sifat dari tiap orang yang kita temui bisa saja tidak sesuai ekspektasi atau apa yang sudah kita amati selama ini.

4 Kepribadian Dasar Manusia, Kamu Yang Mana 7


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ade Firman Saputra

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments