8 Tips Buat Mengatasi Baper

Daripada terus menerus makan hati, simak tips berikut ini buat mengatasi baper3 menit


29
29 upvote
8 Tips Buat Mengatasi Baper 1

Baper (Terbawa Perasaan) adalah sebuah kondisi dimana segala sesuatu yang didengar, dilihat dan dirasakan selalu dimasukkan ke dalam hati. Akibatnya, perasaan akan selalu dibawa pada suasana yang akrab disebut dengan makan hati alias sakit hati, karena apa yang dilakukan oleh orang lain menurut asumsi pribadi sengaja untuk menyakiti diri kita, padahal kenyataannya belum tentu sama dengan apa yang kita asumsikan.

Baper tidak boleh dibiarkan mengisi kehidupan kita, karena dampaknya akan membuat kita terkucil dari lingkungan sosial. Betapa tidak, dengan senantiasa berasumsi buruk terhadap orang lain, berpikiran negatif terhadap apa yang dilakukan orang lain, serta terus menerus didera sakit hati, tentunya akan membuat kita cenderung menghindar dari lingkungan sosial, atau justru lingkungan yang berusaha menghindari diri kita.

Untuk itucara mengatasi Baper berikut ini wajib untuk dicoba:

1. Jangan Terlalu Cepat Mengambil Kesimpulan

8 Tips Buat Mengatasi Baper 3

Ketika ada seseorang yang berkata atau berbuat sesuatu yang menyinggung perasaan, jangan cepat menyimpulkan bahwa orang tersebut sengaja ingin menyakit hati Anda. Ada kemungkinan perbuatan tersebut dilakukannya dengan  tidak sengaja, atau memang disengaja tapi tidak ditujukan kepada Anda, atau sebab-sebab yang lain. Pelajari baik-baik segala sesuatu yang memicu emosimu, jangan cepat mengambil kesimpulan, karena kesimpulan yang terlalu cepat diambil kerapkali berbuntut kesalahpahaman.

Baca juga  Menjadi Manusia Yang Seimbang

2. Pelajari Karakter Orang Lain

Mempelajari karakter orang lain menjadi sangat penting, karena dengan mengetahui karakternya kita bisa terhindar dari kesalahpahaman atau kita bisa memaklumi andai orang tersebut melakukan sesuatu yang menyakitkan perasaan. Salah satu misal, jika kita tahu seseorang itu saat bersendagurau kerapkali berlebihan, maka kita tidak akan merasa sakit hati, saat orang tersebut bercanda dan mengolok-olok diri kita kelewat batas.

3. Evaluasi Diri

8 Tips Buat Mengatasi Baper 4

Jangan hanya sebatas mempelajari karakter orang lain, tapi pahami juga karakter diri sendiri, sembari melakukan introspeksi. Pada saat itulah kita akan menyadari bahwa diri kitapun tidak luput dari salah dan khilaf. Sehingga jika ada orang lain melakukan kesalahan, kita bisa memaklumi dan memaafkan kesalahan yang dia perbuat, bukan memasukkannya ke dalam hati.

Baca juga  Inilah Alasan Mengapa Orang Baper Memiliki Mental Yang Sehat dan Kuat

4. Pahami Situasi dan Kondisi

Cara mengatasi Baper berikutnya adalah senantiasa membaca situasi dan kondisi. Adakalanya sikon di sekeliling kita dalam keadaan serius, atau sedang santai, atau tidak terkontrol karena senda gurau yang berlebihan. Dengan memahami sikon, membuat kita tidak langsung menggeneralisir setiap perbuatan dan perkataan orang lain dengan langsung memasukkannya ke dalam hati.

5. Kontrol Diri

Jika kita merasa terlalu sensitif, maka ada baiknya untuk lebih meningkatkan kontrol diri dengan berpikir dua kali sebelum melontarkan ucapan atau tindakan yang bersentuhan dengan orang lain. Jadikan diri sendiri sebagai perbandingan. Artinya, jika kita sendiri saja merasa sakit hati mendengar kalimat yang akan kita lontarkan, orang lain tentunya juga merasakan hal yang sama. Jika kita sendiri saja merasa tidak enak hati dengan perbuatan yang akan kita kerjakan, orang lainpun juga tidak jauh berbeda.

8 Tips Buat Mengatasi Baper 5

6. Bersikap Lebih Terbuka

8 Tips Buat Mengatasi Baper 6

Tidak menutup diri, juga merupakan salah satu cara mengatasi baper. Tentunya tidak kepada semua orang kita ungkapkan kondisi hati dan perasaan, tapi hanya kepada orang-orang terdekat dan dapat dipercaya. Jika kondisi kejiwaan kita memang sedang labil, ungkapkan apa adanya kepada orang-orang terdekat.  Dengan demikian mereka akan menjaga perkataan, agar tidak menyinggung perasaan kita, atau akan menjadi pelindung bagi kita jika kebetulan berada di tengah kerumunan banyak orang dan melihat atau mendengar sesuatu yang sekiranya akan membuat hati kita sakit.

Baca juga  Mencintai Orang Toxic, Siapa yang Salah?

7. Santai dan Masa Bodoh

Terlalu sering baper tentunya akan menyiksa diri sendiri. Cobalah untuk berikap santai dan masa bodoh. Nikmati hidup dengan enjoy. Pandang segala sesuatu dari sisi positifnya. Jika ada sesuatu yang menyakitkan hati, segera cepat dilupakan dengan bersikap cuek. Semakin cepat dilupakan akan semakin baik. Toh sesuatu yang menyakitkan itu tidak memberi pengaruh terhadap kehidupan kita.

8. Belajar Mentertawakan Diri Sendiri 

Baper cenderung muncul disebabkan karena sesuatu hal yang menyinggung kekurangan kita. Karena itu, agar kita tidak mudah sakit hati oleh sesuatu yang menyinggung kekurangan kita, cobalah untuk  belajar mentertawakan diri sendiri. Cara mengatasi baper yang satu ini terbukti efektif, sebab dengan terbiasa mentertawakan diri sendiri, maka tidak akan terkejut saat orang lain mentertawakan diri kita (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

29
29 upvote
aguskurniawan

Legend