Psikologi   

Bagaimana Cara Memberikan Dukungan Kepada Orang yang Memiliki Gejala Depresi ?


Bagaimana Cara Memberikan Dukungan Kepada Orang yang Memiliki Gejala Depresi ? 1

Jika kamu mengamati orang terdekatmu tiba-tiba berubah, ia seperti menarik diri dari lingkungan sosialnya. Mereka terlihat sedih hampir setiap hari dan tidak memiliki motivasi untuk melakukan hal-hal yang biasa mereka lakukan, mungkin saja mereka sedang mengalami gejala depresi. Tapi, perlu diingat bahwa kita sebagai orang awam tidak memiliki hak untuk memberikan mereka diagnosa bahwa mereka mengalami depresi, sebanyak apa pun buku atau literatur yang sudah kamu baca mengenai depresi.

Orang yang memiliki hak untuk memberikan mereka diagnosa adalah para tenaga ahli yang sudah memiliki izin untuk melakukannya, seperti psikolog atau psikiater.

Tapi, sebagai teman kamu bisa mendekati mereka dan meminta mereka untuk menceritakan kepada kamu apa yang sedang mereka pikirkan atau rasakan. Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan ketika kamu merasa ada orang terdekatmu yang memiliki gejala depresi.

 

Menunjukkan secara tulus bahwa kamu peduli dengan mereka

Baca juga  5 Keuntungan Jika Kamu Memiliki Sifat Pemalu, Jangan Minder ya

Kamu bisa mulai mendekati mereka, dan bertanya apa yang sedang terjadi pada diri mereka. Tunjukkan secara halus dan tulus bahwa kamu merasa khawatir dengan kondisinya, misalnya mengatakan “kamu terlihat sedih belakangan ini, ada apa?”.  Meskipun begitu, jangan memaksa orang yang memiliki gejala depresi untuk langsung terbuka dan mau menceritakan apa yang mereka rasakan, biarkan mereka memutuskan sendiri kapan dan dengan siapa mereka mau bercerita. Tempat dan waktu yang nyaman juga berperan penting agar orang yang mengalami gejala depresi mau terbuka.

 

Tidak mendorong mereka untuk segara merasa lebih baik

Meskipun kamu memiliki niat baik untuk membantu orang yang mengalami gejala depresi, jangan sampai kamu terobsesi untuk segera “menyembuhkan” atau membantu mereka merasa lebih baik. Kamu juga tidak perlu merasa bertanggung jawab untuk memberikan solusi atas permasalahan yang mereka alami. Kamu perlu mempertimbangkan dan menghargai jika seseorang masih mampu membuat keputusan untuk diri mereka sendiri, atau malah beresiko untuk menyakiti diri mereka sendiri, atau bahkan orang lain.

Baca juga  5 Kejadian Penting Yang Tidak Boleh Kamu Lupakan Semasa Hidupmu

 

Memberikan dukungan emosional dan pengertian yang konsisten

Meskipun kamu tidak benar-benar mengerti dan merasakan apa yang sedang dilalui oleh orang yang mengalami gejala depresi, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki empati kepada mereka dan bersedia mendukung mereka untuk lebih baik. Orang yang mengalami gejala depresi membutuhkan dukungan yang lebih dan pengertian, untuk membantu mereka melalui apa yang sedang mereka alami, jadi kamu perlu berempati dan sabar ketika sedang bersama mereka.

 

Memberikan dorongan kepada orang yang mengalami depresi untuk mau berbicara kepada anda atau orang lain yang mereka percaya

Penting bagi orang yang mengalami gejala depresi untuk menceritakan perasaan, pikiran yang mereka alami dan rasakan. Meskipun begitu, kita perlu memperhatikan bahwa tidak mudah bagi orang yang mengalami gejala depresi untuk menceritakan apa yang mereka alami dan rasakan. Jika mereka belum siap untuk membuka diri, cukup biarkan mereka tau bahwa anda selalu ada dan siap membantu kapan pun mereka butuhkan. Jika kamu memang bukan orang yang tepat untuk berbicara dengan mereka, kamu bisa mencoba mencari tau orang yang lebih tepat untuk mereka, dan meminta orang tersebut untuk mengajak mereka berbicara.

Baca juga  Arti Sentuhan Dalam Psikologi & Hubungan

Itu adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan ketika kamu merasa ada orang terdekatmu yang sedang mengalami gejala depresi. Jika memungkinkan, kamu juga dapat menyarankan mereka untuk mencari bantuan dari tenaga ahli atau professional, seperti psikolog atau psikiater. Perlu diingat juga bahwa memberikan penanganan awal kepada orang yang memiliki gejala depresi itu bisa jadi sangat melelahkan untuk kamu. Kamu juga harus memperhatikan kondisi mentalmu sendiri. Jika kamu merasa lelah, ambillah waktu sejenak untuk kamu beristirahat. Semoga bisa membantu!

Bagaimana Cara Memberikan Dukungan Kepada Orang yang Memiliki Gejala Depresi ? 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

crescentalks

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments