Psikologi   

Mencintai Mata Pelajaran yang Tidak Disukai


Mencintai Mata Pelajaran yang Tidak Disukai 1

Belajar engga selalu menyenangkan. Apalagi kalau kita bertemu dengan mata pelajaran yang kita tidak sukai atau tidak kita minati pastinya kita akan malas untuk menerima pelajaran tersebut yang diberikan oleh guru. Jangankan saat belajarnya, datang ke kampus saja rasanya sudah tidak ada niat, apalagi mencapai untuk memperoleh nilai yang bagus.

Eits, janganlah kamu mudah untuk menyerah! Karena masih ada banyak sekali harapan kok untuk berubah. Maka dari itu saya akan memberikan beberapa tips untuk kamu bagaimana cara menyukai pelajaran yang tidak disukai, semoga tips dan trik dari saya dapat membantumu untuk menemukan jalan yang terbaik.

Niat

Mencintai Mata Pelajaran yang Tidak Disukai 3
Awali Dengan Niat yang Tulus

Tanpa adanya niat, kamu tidak akan bisa merubah dirimu sendiri untuk mencitai sebuah pelajaran. Kebiasaan kamu membenci pelajaran tidak dapat diselesaikan dengan solusi yang ada, jika dirimu sendiri tidak ada niatan untuk berubah. Jauhi pemikiran “ah pelajaran ini susah banget”, dengan kamu sudah menanamkan mindset tersebut dalam pikiranmu maka kamu tidak akan berusaha untuk mengejar pelajaran yang diberikan oleh guru atau bahkan kamu sudah tidak mempedulikan pelajaran tersebut.

Baca juga  10 Manfaat Jogging Secara Fisik dan Psikologis

Jika kamu sangat membenci pelajaran tersebut, maka kamu akan merasa sangat sulit untuk menjalani mata pelajaran tersebut ketimbang mata pelajaran lainnya. Umumnya semakin tidak menyukai mata pelajaran, kita akan semakin malas untuk mencapai keberhasilan di bidang tersebut. Maka dari itu kita sebaiknya selalu menanamkan mindset positif dalam pikiran kita. Percayalah, pasti perencanaan tersebut bisa membantumu untuk memahami mata pelajaran yang tidak disukai tersebut. Seiring berjalannya waktu maka secara tidak sadar bahwa kamu akan menyukai pelajaran tersebut.

 

Sukai Gaya Guru dalam Mengajar

Mencintai Mata Pelajaran yang Tidak Disukai 4
Jangan Pernah membenci guru

Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu, yang akan memberikan ilmunya kepada kita semua. Setiap guru memanglah mempunyai cara yang unik dan berbeda beda dalam mengajar. Namun sebaiknya kita harus selalu menyukai gaya guru dalam mengajar dan cobalah untuk selalu beradaptasi pada setiap guru. Jangan sampai katika kamu tidak suka gaya mengajarnya, maka kamu menjadi tidak serius dalam memahami pelajarannya.

Hal tersebut akan berdampak sendiri pada diri kamu seperti tidak mengerti apa yang diajarkan. Maka dari itu cobalah untuk melawan rasa tidak suka pada dirimu, suka memang tidak dapat untuk dipaksakan tetapi cobalah untuk tidak menaruh benci.

Baca juga  7 Situs Yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Merasa Jenuh dan Bosan Ketika #DiRumahAja

 

Lakukan Berbagai Macam Variasi Metode Belajar

Mencintai Mata Pelajaran yang Tidak Disukai 5
Belajar Online

Carilah tipe belajar yang sangat cocok untukmu dengan cara menemukan variasi metode belajar yang membuat kamu semangat dalam belajar. Banyak sekali variasi metode pembelajaran diantaranya metode ceramah, metode diskusi, metode video dan lain lain. Misalkan hari ini menggunakan metode ceramah dengan cara mengikuti pembelajaran di kelas, kemudian besok mencoba menggunakan flash card, lalu mencoba dengan video belajar online, setelah itu cobalah untuk mencatat. Selain itu, mengubah lokasi belajar dan mencptakan suasana yang menyenangkan dapat berpengaruh juga lhoo.

Dalam proses belajar kita cenderung mudah bosan dan kehilangan semangat, maka dari itu, kita sebaiknya mencari suasana belajar yang kondusif dan membuat diri kita nyaman.

 

Nikmatilah Proses Belajarnya Jangan Banyak Mengeluh

Mencintai Mata Pelajaran yang Tidak Disukai 6
Menikmati Proses Belajar

Mempelajari serta memahami pelajaran yang tidak kita sukai jelaslah sangat membosankan dan kurang menyenangkan. Tetapi, situasi belajar seperti ini dapat membawamu menjadi sosok yang lebih baik. Jadi, jangan terlalu fokus ke hasil akhirnya akan menjadi seperti apa. Hal yang terpenting yang harus kita lakukan adalah tuntaskanlah belajar sampai selesai.

Baca juga  Keresahan Siswa Atas Pandemi Covid-19

Cara menuntaskan belajar jangan terlalu serius bisa kita buat dengan sedikit bersantai, misalnya sambil mendengarkan musik. Maka dari itu putarlah music yang dapat membuat mood untuk belajar meningkat, kemudian istirahatlah keluar sejenak untuk menghirup udara segar. Cara tersebut dapat merilekskan pikiran dan mengurangi emosi yang menggangu.

 

Berbagilah Kehidupanmu dengan Orang Terdekat

Mencintai Mata Pelajaran yang Tidak Disukai 7
Curhat

Cobalah untuk berbagi sedikit tentang kehidupanmu kepada salah satu sahabatmu, sebab memiliki sahabat itu indah. Setelah berbagi maka kita bisa mencari solusi yang sangat ampuh bersama. Mungkin sahabatmu dapat membantu apa yang kamu butuhkan atau bahkan dapat membantu menyelesaikan masalahmu.

Setelah kamu melalui berbagai cara untuk menghadapi segala kesulitan dan berhasil menyelesaikannya dengan tuntas maka jangan lupa kamu untuk memberikan sedikit penghargaan atau reward untuk dirimu, supaya tekat dan semangatmu untuk mempelajari hal yang tidak kamu suka akan terus bertambah.

Mencintai Mata Pelajaran yang Tidak Disukai 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ramadhan Kusumo Wicaksono

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments