Pesan Untuk Kamu Yang Memasuki Usia 20-an

4 menit


43
43 upvote
Pesan Untuk Kamu Yang Memasuki Usia 20-an 1

Dalam hidup terkadang banyak hal yang tidak kita sadari. Terutama di usia seseorang yang sudah mencapai  20 tahunan banyak sekali aspek dalam hidup yang perlu dirubah atau ditinggalkan. Sebab pola kehidupan kita harus menyesuaikan usia dengan tanggung jawab yang ada dalam kehidupan kita sekarang ini. Berikut hal-hal yang terkadang perlu diperhatikan untuk kalian anak muda yang sudah memasuki usia 20 tahunan.

Selektif dan Membatasi Pertemanan

Pesan Untuk Kamu Yang Memasuki Usia 20-an 3

Selektif dan membatasi bukan berarti menjauhi atau membuang teman-teman yang kita anggap tidak berguna. Justru semakin kita selektif dan memahami batasan dalam lingkup pertemanan, kita akan semakin tau porsi yang harus kita berikan terhadap masing-masing teman. Usia 20 tahun sudah bukan usia untuk bersosial secara berlebihan, apalagi bermain-main tanpa memikirkan apapun. Karena kita juga harus menata masa depan kita selanjutnya.

Semakin kita berumur, perbedaan antar setiap manusia akan semakin terlihat. Mereka yang benar-benar berfikir dengan baik dan menata segala keperluan hidupnya dengan mereka yang sama sekali tidak berfikir apapun akan terlihat. Untuk itulah sikap membatasi itu penting. Bayangkan jika kita tidak bisa membatasi diri dalam lingkup pertemanan ? besar kemungkinan kita hanya akan terbawa arus.

 

Rencana Jangka Panjang

Pesan Untuk Kamu Yang Memasuki Usia 20-an 4

Dalam usia 20 tahun lebih, perencanaan jangka panjang adalah sesuatu yang sangat diperlukan. Banyak orang disekitar kita, mungkin teman- teman kita sendiri terkadang tidak punya rencana jangka panjang yang matang. Entah takut tidak sesuai dengan kenyataannya atau merasa sulit menentukan tujuannya. Akan tetapi untuk kamu yang sudah berusaha berfikir matang dalam perencanaan kedepan, kamu akan mengetahui sisi keunggulan dan kelemahan dari setiap hal yang akan kamu lakukan di masa depan. Dan itu akan sangat berguna untuk menata beberapa hal yang memang sudah harus dipikirkan secara serius.

Baca juga  Iri Hati dan Jiwa yang Rapuh

 

Olahraga

Pesan Untuk Kamu Yang Memasuki Usia 20-an 5

Lah kok olahraga ? entah kamu sadar atau tidak, semakin kita berusia matang kadang kesadaran kita akan kesehatan jasmani sangat kurang. Kita bisa melihat betapa sibuknya anak-anak muda fokus dalam berbagai hal tanpa memandang kesehatan pribadi yang mungkin akan sangat terasa nantinya. Coba deh Tanya orang-orang lanjut usia di sekitarmu. Apakah mereka merasa menyesal tidak menyempatkan berolahraga ringan sedari muda ?

Manfaat lainnya adalah fisik yang bugar secara tidak langsung akan membuat pikiran kita lebih rileks dalam melakukan banyak hal. Walau mungkin kita sudah sangat sibuk sejak usia muda, namun percayalah waktu yang kita sediakan untuk berolahraga akan memberi manfaat sangat berarti untuk hal-hal lainnya yang bahkan tidak berkaitan. 20 menit setiap hari mungkin sangat bermanfaat untukmu hari ini dan nanti.

 

Mampu melakukan hal-hal kecil

Pesan Untuk Kamu Yang Memasuki Usia 20-an 6

Pesan Untuk Kamu Yang Memasuki Usia 20-an 7

Benar sekali, saat ini tidak banyak orang yang bahkan mampu melakukan hal-hal kecil atau sepele. Entah tidak mau atau tidak tau caranya. Di usia yang mulai matang penting sekali bagi kita memahami hal-hal kecil. Seperti memasak makanan rumahan walaupun kita bisa membelinya sendiri. Bahkan merapikan kamar dengan cara yang lebih efektif pun harus mampu kita lakukan.

Banyak orang yang sibuk mencari uang kadang merasa lebih bisa membayar orang lain untuk melakukan tugas-tugas sepele atau sederhana. Namun pemahaman tersebut justru akan membuat kehidupanmu semakin tidak efektif. Sebab kita tidak mampu melakukan banyak hal, dan kegagalan terbesarnya adalah kita sulit mengurus diri kita sendiri terutama pada hal-hal kecil. Jika nanti sudah menikah dan punya anak, hal sekecil apapun adalah sebuah ilmu bagi si buah hati. Jadi mulai belajar untuk membiasakan pekerjaan-pekerjaan kecil atau sesuatu yang kita anggap remeh.

Baca juga  Menjadi Manusia Yang Seimbang

 

Mencari Hobi

Pesan Untuk Kamu Yang Memasuki Usia 20-an 8

Udah tua, udah nggak butuh hobi. Siapa bilang ? semakin tua usia kita, justru tanggung jawab akan semakin besar dan semakin lama akan membuat kita jenuh bahkan stress. Sering kita jumpai mengapa banyak sekali orang dewasa yang pikirannya justru semakin negatif, tidak mampu melakukan kontrol emosi dengan baik, dan cenderung hanya berpacu pada tanggung jawab yang semakin lama semakin berat.

Setidaknya carilah satu hobi sederhana untuk merilekskan diri kamu ketika sedang benar-benar lelah dalam berbagai urusan. Seperti membaca buku kumpulan cerpen, menonton film-film pendek dengan cerita yang ringan, atau berolahraga di Gym seminggu 3 kali. Ada banyak sekali alternatif hobi yang bisa kamu cari dan kamu lakukan.

 

Cari Zona Nyamanmu

Pesan Untuk Kamu Yang Memasuki Usia 20-an 9

Banyak orang berfikir bahwa kita harus keluar dari zona nyaman jika ingin berkembang. Akan tetapi kita mungkin sepakat bahwa apa yang ada di dalam hidup kita saat ini adalah Zona tidak nyaman. Takut untuk memulai, Malu untuk menunjukan diri secara sosial atau kesulitan belajar hal-hal baru bukanlah Zona nyaman. Namun lebih ke perasaan bahwa kita takut ketika keluar dari Zona tidak nyaman, maka akan semakin jatuh ke jurang. Bayangkan saja jika kamu adalah orang yang kaya raya dengan kehidupan tanpa masalah dan penuh kebahagiaan ? apakah kamu rela melepas semua itu untuk hal-hal yang belum pasti di masa depan ?

Zona nyaman adalah sisi dimana kamu terlindungi dan aman atas hal-hal yang mengancam dan tidak pasti. Ketika kamu memiliki tabungan 1 milyar dan menyisihkan 500 juta untuk Deposito itulah zona nyamanmu. Dan sisa uang 500 juta yang kamu gunakan untuk merintis hal-hal yang lebih besar adalah sebuah pertaruhan dan kerja kerasmu. Zona nyaman adalah sesuatu yang sebenarnya sedang kita cari dan kita upayakan. Tidak ada orang miskin takut memulai kemudian di bilang tidak mampu keluar dari zona nyaman, sementara miskin itu juga penderitaan bagi dia.

Baca juga  Mencintai Orang Toxic, Siapa yang Salah?

 

Paham Privasi Seseorang

Pesan Untuk Kamu Yang Memasuki Usia 20-an 10

Perbedaan paling mendasar dari diri kita yang semakin beranjak dewasa adalah “perbedaan”. Sewaktu kita masih sekolah, rutinitas kamu dan teman kamu mungkin saja sama. Mulai dari pagi berangkat sekolah, disekolah belajar dan dirumah mengerjakan PR. Namun semakin usia kita beranjak ada banyak hal yang berbeda antara kamu dan orang lain, sekalipun dia teman dekatmu sejak kecil. Kadang orang hanya ingin diajak bercanda daripada merasa harus dipedulikan atas hal-hal yang sedang membebaninya. Mereka bukan tidak bisa menyelesaikan masalah, tetapi pikiran mereka butuh istirahat dan itulah alasannya temanmu mengajakmu nongkrong atau ngopi di warkop.

Beberapa pertanyaan juga kadang bisa menjadi sangat sensitif. Bukan perkara etis dan tidak etis saja. Namun lebih ke perasaan mengganggu ketika seseorang ditanya dengan hal-hal yang sebenarnya mungkin sudah mereka pikirkan jauh-jauh hari. Seperti ditanya “Kapan Nikah” misalnya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kamu yang mulai menginjak usia 20 tahunan. Dalam beberapa poin mungkin terdengan sulit dan rumit, namun percayalah hal tersebut akan sedikit lebih membantu kamu menjalani kehidupan menuju dewasamu ini. Karena perencanaan, rencana dan pemahaman di usia yang sudah mulai beranjak sangatlah penting untuk menunjak kehidupanmu di masa depan. sekian


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

43
43 upvote
Ade Firman Saputra

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa