Stres Di Rumah Terus ? Lakuin Ini Segera

Ketika kondisi #dirumahaja kayak gini, biasanya di hari-hari pertama semuanya kerasa asyik-asyik aja. Tapi begitu udah nyentuh hari ke 7 atau ke 8,


dirumah aja

Ketika kondisi #dirumahaja kayak gini, biasanya di hari-hari pertama semuanya kerasa asyik-asyik aja. Tapi begitu udah nyentuh hari ke 7 atau ke 8, rasa bosan akan mulai muncul dan menyiksa. Maklum sih, biasanya kan mata ini lihat banyak hal, ketemu banyak orang, sementara ketika karantina sendiri di rumah, pol mentok ketemu keluarga sendiri, atau kalau kalian ngekos dan sendirian ya ketemu tembok.

Kondisi #dirumahaja ini juga pasti bikin orang-orang ekstrovert nggak nyaman dan rasanya pengen segera keluar. Nah, perasaan bosen, nggak nyaman, dan sebagainya itu akhirnya bikin stres. Kalau stres berlanjut hasilnya bisa sakit fisik. Jadi gimana caranya biar nggak stres karena di rumah terus? Kan nggak boleh keluar. Ini ogut kasih caranya;

Baca juga  Mencintai Orang Toxic, Siapa yang Salah?

Cari Sumber Stresnya

Hal pertama yang kalian lakuin adalah cari dulu sumber stresnya. Apa yang kira-kira bikin kalian stres. Sumber stres bisa apa aja. Cirinya biasanya yang kalian lakukan terlalu sering. Misalnya, selama kalian di rumah kerjaannya tidur terus. Jadi, tidur lah yang mungkin bikin stres karena kebanyakan. Atau karena ngegame. Bisa jadi ketika kalian ngegame kebanyakan, kalian akan stres juga. Nah, cari dulu apa sumber stresnya. Atau karena di kamar melulu? Apapun itu, ketika udah ketemu sumber stressnya, kalian akan tahu solusinya. Kalau kebanyakan tidur ya kurangi tidur, kalau kebanyakan ngegame ya kurangi ngegame, kalau kebanyakan di kamar ya keluar lah di ruang tamu atau dapur atau mana kek yang masih di dalam rumah.

Baca juga  Atasi Tantangan dengan Cara Berikut

Ungkapin Perasaanmu

Cara kedua adalah dengan mengungkapkan perasaanmu ketika kamu sedang stres. Ini logika psikologi dasar sih. Cari teman, keluarga, atau siapapun yang bisa dengerin kalian curhat. Kalau nggak ada, kalian bisa nulis itu di buku diary. Itu seenggaknya bisa membantu sedikit menenangkan diri kalian yang lagi stress.

Cari Waktu Relaksasi

Kalau kalian kebanyakan kerja atau kebanyakan tidur, cari waktu untuk relaksasi. Relaksasi disini maksudnya adalah melepaskan segala pikiran, kekhawatiran, dan stres itu sendiri. Caranya ada banyak. Kalian bisa mulai dengan yoga misalnya, atau olahraga, atau kegiatan lain yang bikin kalian lebih rileks bukan tambah bikin otak kalian berpikir keras. Ingat, tujuannya rileks dan santai.

Baca juga  8 Tips Buat Mengatasi Baper

Bercandalah Sama Keluarga

Bercanda sama keluarga juga penting banget lho ini. Bercanda dan berkumpul sama keluarga bisa jadi obat stress yang paling mujarab. Kalian akan lupa dengan stres itu, kalian akan mendapati kondisi pikiran yang lebih tenang dan santai, dan kalian nggak akan ngerasa waktu berlalu cepat.

Pilih Kegiatan yang Beragam

Jangan pernah memilih satu kegiatan doank. Ketika kalian di rumah, pilih kegiatan yang beragam. Misalnya ngegame, olahraga, masak, belajar, baca buku, main sama keluarga, nonton film, dan lain sebagainya. Intinya, dalam sehari, jangan lakukan satu kegiatan aja. Lakukan banyak kegiatan biar nggak bosen yang nantinya kalau dibiarin bisa bikin stress.

Itu tadi beberapa tips dari ogut biar kalian nggak stres ketika mesti #dirumahaja.


PukulTiga

Novice

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.