Relationship   

5 Tips Memaafkan Agar Hidup Lebih Bahagia


5 Tips Memaafkan Agar Hidup Lebih Bahagia 1

Tidak semua kesalahan yang dilakukan orang lain mudah untuk dimaafkan. Terkadang ada kesalahan yang sulit untuk kita maafkan, entah karena melanggar prinsip hidup kita, kesalahan yang berulang, atau perbuatan itu sangat menyakiti hati kita sehingga sulit untuk dilupakan. Kesalahan yang diperbuat oleh orang yang sebelumnya sangat kita percayai juga salah satu kesalahan yang sulit untuk dimaafkan.

Namun, ketika kita tidak memaafkan kesalahan orang lain, maka itu akan berdampak pada hubungan kita dengan orang tersebut bahkan mempengaruhi kualitas hidup kita. Nah, bagaimana mengatasinya?

Berikut adalah 5 Tips Memaafkan yang bisa kamu lakukan agar hidup lebih bahagia

Baca juga  Kalau ada Tanda-tanda Ini, Berarti Hatimu Beku!

 

Cintai Diri Sendiri Sebelum Memaafkan Orang Lain

Ada pepatah yang mengatakan sebelum kau mencintai orang lain, cintailah dirimu sendiri. Tampaknya hal itu juga berlaku dalam hal memaafkan orang lain. Dendam kepada orang lain adalah akibat dari hilangnya rasa cinta kepada orang lain karena sesuatu hal. Maka tujuan akhir dari memaafkan dengan ikhlas adalah kembali mencintai orang tersebut. Karena jika memaafkan tapi hubunganmu tidak dapat kembali seperti semula, maka proses memaafkan itu tidaklah sempurna. Kau hanya sekedar mengabaikan, bukan memaafkan sepenuhnya.

Oleh karena itu, tips pertama untuk memaafkan orang lain adalah mencintai diri sendiri, pahamilah bahwa dirimu adalah seseorang yang berharga dan patut untuk bahagia. Kau tentu saja tidak bisa langsung memaafkan orang lain ketika orang itu melakukan kesalahan. Namun jika kau sudah mempunyai konsep mencintai diri sendiri, maka akan lebih mudah untukmu untuk memaafkan kesalahan orang lain.

Baca juga  Cara Merawat Laptop Yang Baik & Benar

 

Buatlah Skenario Kenapa Ia Melakukan Kesalahan

Disinilah pentingnya memahami situasi orang lain. Terdapat banyak kemungkinan dan faktor yang mempengaruhi kenapa seseorang bisa melakukan kesalahan. Mungkin dia sedang marah, lelah, atau sedang mempunyai masalah sehingga melakukan kesalahan pada kita.

Berkata buruk, bertindak buruk, dan melakukan sesuatu yang menyakiti hati kita. Dengan membuat skenario, akan memudahkan kita memahami kondisi orang lain selain memahami keinginan kita.

 

Pahami Bahwa Tidak Semua Hal Dapat Kita Tidak Kendalikan

Tidak semua hal dapat kita kendalikan, termasuk perbuatan orang lain terhadap kita. Yang bisa kita kendalikan adalah respon kita terhadap perbuatan itu. Apakah kita akan ikut tersulut emosi, menyimpan dendam, atau mencoba memahami keadaan.

 

Bersikap Terbuka dan Minta Penjelasan Ketika Orang Lain Berbuat Kesalahan

Komunikasi adalah kunci utama dalam sebuah hubungan. Tidak jarang kita memendam dendam terhadap perilaku orang, seolah-olah tidak terjadi apa-apa meskipun itu menyakitkan hati kita. Alhasil orang lain tidak menyadari bahwa ia telah berbuat kesalahan. Salah satu tips mudah memaafkan orang lain adalah dengan bersikap terbuka terhadap kesalahan orang lain.

Baca juga  Jodoh Gue Dimana??? Ini 3 Cara Nemuinnya!

 

Pahamilah Bahwa Kita Tidak Harus Dekat dengan Semua Orang

Ketika seseorang melakukan kesalahan berulangkali dan tidak sesuai dengan prinsip kita, maka pahamilah bahwa tidak semua orang harus dekat dengan kita. Seiring bertambahnya umur, teman-teman dekat kita akan terseleksi dengan sendirinya. Ada yang cukup menjadi rekan kerja, teman jalan, teman berbagi ide, dan teman berbagi keluh kesah, atau sekedar kenalan saja.

Untuk jenis-jenis kedekatan ini kita perlu tahu seberapa besar porsi hubungan kita untuk masing-masing orang. Maka tidak perlu membawa perasaan dendam terlalu lama. Jika memang orang tersebut sudah tidak bisa dimaklumi, maka kau tahu apa yang harus kamu lakukan.

5 Tips Memaafkan Agar Hidup Lebih Bahagia 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Lintangasa

   

Never Stop Learning, Because Live Never Stop Teaching