Relationship   

Bagi Kamu yang Patah Hati, Inilah 5 Saran Ampuh Untuk Move On Dari Mantan


Bagi Kamu yang Patah Hati, Inilah 5 Saran Ampuh Untuk Move On Dari Mantan 1

Kesulitan bangkit dari masalah patah hati alias gagal move on memang kerap menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang dewasa. Tidak jarang, ada yang menghabiskan hari-hari sesudahnya dengan hal-hal di luar kewajaran. Seolah-olah, itu adalah akhir dari segalanya bagi hidupnya.

Daripada membuatmu galau sepanjang hari, mending ikuti 5 saran ampuh move on dari mantan di bawah ini:

1. Abaikan segala ingatanmu tentang mantan

Bagi Kamu yang Patah Hati, Inilah 5 Saran Ampuh Untuk Move On Dari Mantan 3

Image by Alexas_Fotos from Pixabay 

Kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan sesudah putus cinta adalah berusaha mati-matian menghapus kenangan dengan mantan. Tidak masalah kalau dalam bentuk fisik, semacam foto atau hadiah yang pernah diberikan kepadamu.

Bagaimana kalau kenangan itu dalam bentuk ingatan?

Kebanyakan orang yang patah hati lupa bahwa menghapus kenangannya bersama mantan adalah pekerjaan yang nyaris mustahil dilakukan. Produk pikiran tidak bisa dihapuskan begitu saja, meski kamu menggunakan cara ruqiyah atau cuci otak sekalipun. Makin kamu berusaha menghapusnya, makin jauh harapanmu untuk move on.

Baca juga  5 Tips Memaafkan Agar Hidup Lebih Bahagia

Abaikan. Biarkan saja kenangan itu tumbuh bersamamu. Kelola ingatanmu sembari menjalankan aktivitasmu seperti biasanya. Bagus kalau kemudian itu kamu jadikan motivasi untuk meraih masa depanmu. Buktikan kepada dirimu sendiri, kamu bukan manusia lemah.

 

2. Bangun optimisime diri

Bagi Kamu yang Patah Hati, Inilah 5 Saran Ampuh Untuk Move On Dari Mantan 4Image by narciso1 from Pixabay 

Putus cinta itu perkara hati. Obat paling ampuh untuk menyembuhkannya, ya hati itu sendiri. Kamu bisa memulai pengobatannya dengan membangun rasa optimisme dalam diri dengan mengalihkan pikiran fokus pada aktivitas yang kamu kerjakan. Tidak masalah bila sewaktu-waktu bayangan tentang mantan datang menghantuimu. Itu wajar. Namun, sekali lagi, hidupmu yang sekarang bukan untuk hidupmu yang lalu. Kamu harus meyakinkan diri tentang itu.

 

3. Jangan berlebihan menuruti emosimu

Bagi Kamu yang Patah Hati, Inilah 5 Saran Ampuh Untuk Move On Dari Mantan 5Image by Ryan McGuire from Pixabay 

Sesudah putus dari mantan, bukan berarti semua selesai. Dalam kondisi tertentu kamu bisa saja diserang rasa kangen. Tidak apa-apa. Toh, selain hal-hal negatif tentang mantan yang membuatmu benci, kamu juga pasti punya kenangan yang baik selama menjalin hubungan dengannya. Kamu punya hak merindukannya seperti halnya kamu punya hak membencinya. Hanya saja, kamu perlu mengendalikan semua rasa itu, baik benci maupun rindu, agar tidak terlampau berlebihan. Biar tidak mendatangkan risiko terhadap hidupmu sendiri.

Baca juga  5 Hal Penting Yang Harus Diingat Jika Sedang Bertengkar Dengan Pasangan

 

4. Momentum belajar mengenal dan memahami diri

Bagi Kamu yang Patah Hati, Inilah 5 Saran Ampuh Untuk Move On Dari Mantan 6Image by Mystic Art Design from Pixabay 

Seorang penulis pernah bilang, masalah yang menghampirimu sejatinya adalah rencana waktu untuk mengajarimu cara bertahan hidup.

Dengan masalah, kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan diri. Untuk selanjutnya, itu menjadi pelajaran bagi kita ke depannya bagaimana memperlakukan diri secara proporsional dan terarah.

Tidak sedikit orang yang berhasil selamat dari perkara patah hati. Bahkan, lebih memprihatinkan lagi, ada yang sampai mengakhiri hidupnya sendiri dengan cara-cara di luar nalar. Faktor penyebab hal itu sebenarnya bukan masalah patah hati, melainkan kegagalannya memahami dirinya sendiri. Patah hati hanyalah pemantik semata.

Baca juga  10 Jenis Emosi Yang Kamu Sering Rasakan Tetapi Tidak Tau Istilahnya

Tanamkan kembali kepercayaan diri dalam diri kamu lalu mantapkan langkah meraih masa depanmu.

 

5. Mulailah bersikap bodo amat pada mantan

Bagi Kamu yang Patah Hati, Inilah 5 Saran Ampuh Untuk Move On Dari Mantan 7Image by Sasin Tipchai from Pixabay 

Kamu telah melalui perjalanan hidupmu sepanjang usiamu dengan berbagai macam lika-liku di dalamnya. Tentu, sudah banyak capaian-capaian yang kamu lakukan selama itu. Jangan gara-gara nila setitik, rusak susu sebelanga. Hidupmu bukan dibangun di atas pasir, yang sekali diterjang ombak, roboh semuanya.

Mantan adalah masa lalu. Camkan itu. Dia hanya kebetulan singgah, bukan pemilik hatimu, bukan penguasa hidupmu. Titik.

 

Proses memperbaiki diri tidak bisa diciptakan dengan meratapi diri sambil menyalahkan masa lalu yang telah lewat. Jika patah hati adalah fakta dalam hidupmu, pastikan kamu juga harus memiliki asumsi untuk mengokohkannya kembali seperti semula. Kalau bukan kamu sendiri yang memulai, terus siapa lagi?

Bagi Kamu yang Patah Hati, Inilah 5 Saran Ampuh Untuk Move On Dari Mantan 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

bangkota

   

Suka kopi yang sedikit gulanya, suka berteman dengan yang sedikit bicaranya, suka ngobrol dengan yang sedikit basa-basinya. Intinya, pernah patah hati.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments