Relationship   

Meski Sering Dicap Egois, Ini 5 Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Anak Pertama


Meski Sering Dicap Egois, Ini 5 Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Anak Pertama 1

Terlahir sebagai anak pertama membuatmu lebih banyak mendapatkan curahan kasih sayang dan perhatian dari banyak orang. Meskipun begitu, sebagai anak pertama tentu kamu punya banyak tantangan yang lebih besar dan mungkin ada yang kurang menyenangkan. Terkadang kamu juga harus rela mendapat julukan ‘egois’ dari adik-adikmu sendiri akibat perananmu yang memang harus memberikan perhatian lebih kepada mereka.

Namun, dibalik semua itu tidak boleh sampai terbawa streotrip yang beredar. Tentu jadi anak pertama itu malah tidak seburuk yang kebanyakan orang bayangkan. Sebaliknya, sebagai anak pertama kamu malah punya beberapa keuntungan tersendiri  lho.

Ketika diberikan tanggung jawab, kamu jadi belajar untuk dewasa dengan menjaga kepercayaan dari orang lain

Meski Sering Dicap Egois, Ini 5 Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Anak Pertama 3

Menjadi anak pertama tentu mengharuskanmu memikul banyak tanggung jawab. Beberapa contoh kecil yaitu ketika orangtua meminta agar kamu mengantarkan adik pergi sekolah, atau juga menugaskanmu untuk membersihkan rumah. Semua permintaan itu mungkin akan terasa merepotkan dalam satu waktu. Namun, tanpa disadari saat itulah kamu sedang berlajar untuk tumbuh menjadi dewasa dan mandiri lho.

Tanggung jawab yang kamu miliki menjadikanmu sebagai pribadi yang tidak bisa seenaknya mengandalkan orang lain. Ternyata tanggung jawab itulah yang kemudian membuatmu ‘harus’ melakukannya dengan baik tanpa melakukan kesalahan. Sehingga kamu jadi terlatih untuk tidak cengeng dan tetap tumbuh sebagai pribadi yang dapat dipercaya.

Baca juga  Tak Hanya Wanita, Ternyata Pria Juga Butuh Diperlakukan Manis

 

Karena dianggap lebih dewasa, kamu jadi punya andil untuk membuat suatu keputusan

Meski Sering Dicap Egois, Ini 5 Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Anak Pertama 4

Karena kamu terlahir sebagai anak pertama, tentu  orangtuamu selalu percaya bahwa kamu memiliki pemikiran dan sikap yang lebih dewasa. Sehingga kamu akan mendapatkan kepercayaan untuk andil dalam mengambil sebuah keputusan. Apalagi jika berkaitan dengan adikmu sendiri, pastilah kamu akan selalu terseret di dalamnya untuk memberikan pendapat.

Orangtua tentu punya alas an untuk melibatkanmu di dalam sebuah pembicaraan penting. Sebagai anak pertama pastinya kamu sudah lebih dulu belajar banyak hal. Itulah mengapa orangtuamu bisa memberikan kepercayaan tersebut kepadamu, karena mereka yakin kamu sudah banyak memiliki pengalaman dan pemikiran yang jauh lebih terbuka dibandingkan adik-adikmu. Jadi, ikut andil dalam berpendapat bukan berarti kamu adalah orang yang egoi, ya!

 

Selalu jadi yang pertama dalam setiap hal, meskipun terkadang kamu diharuskan untuk mengalah

Meski Sering Dicap Egois, Ini 5 Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Anak Pertama 5

Mengalah kepada adik-adikmu seolah-olah sudah menjadi sebuah keharusan bagimu.  Terkadang, mungkin kamu pernah berpikir bahwa orangtuamu itu pilih kasih atau tidak bisa lagi memperdulikanmu ketika sudah memiliki adik. Dan ternyata pemikiran yang begitu malah menjerumuskanmu ke dalam sebuah persepsi bahwa kamu telah dinomorduakan.

Baca juga  5 Manfaat Berstatus Jomblo Yang Jarang Disadari Oleh Para Jomblo

Kamu harusnya kembali berpikir ulang jika pada kenyataannya kamu itu selalu menjadi nomor satu, bahkan jauh sebelum adikmu terlahir. Tanpa disadari ternyata kamu sudah lebih dulu merasakan banyak hal. Beberapa di antaranya: kamu lebih dulu disekolahkan, lebih dulu diajari banyak hal, bahkan kamu pun lebih dulu mendapatkan izin untuk menjalin hubungan. Sedangkan adikmu belum mencapai pada tahap itu. Mau bagaimanapun juga kamu diminta untuk mengalah, tetap saja kamu itu sudah lebih dulu mendapatkan apa yang sekarang ‘mungkin’ baru didapatkan oleh adikmu.

 

Kamu akan jadi sosok panutan bagi adik-adikmu

Meski Sering Dicap Egois, Ini 5 Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Anak Pertama 6

Sebagai anak pertama, pastinya orang tua sudah menjadikanmu sebagai contoh untuk adik-adikmu. Jika kamu tidak baik, tentu orangtua akan melarang adikmu agar tidak mencontohnya. Sedangkan sebaliknya, jika sikapmu selalu baik, maka orangtuamu akan menganjurkan adikmu untuk menirukannya. Bahkan, secara alami adik-adikmu akan menjadikanmu  sebagai role model alias panutan. Baik dalam segi pendidikan, sikap, penampilan atau juga pemikiran.

Baca juga  5 Hal Penting Yang Harus Diingat Jika Sedang Bertengkar Dengan Pasangan

 

Saat dituntut untuk berbagi dengan adik, hikmahnya kamu jauh dari sikap tamak

Meski Sering Dicap Egois, Ini 5 Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Anak Pertama 7

Kamu pasti sering mendapatkan peringatan dari orangtua untuk selalu berbagi dengan adikmu. Apa yang kamu miliki secara tidak langsung akan menjadi milik adikmu juga. Mulai dari makanan, mainan, bahkan sampai barang-barang favorit. Kamu mungkin kerap kali merasa jengkel kepada orangtuamu yang tidak bisa memberikan kebebasan dan hak penuh atas apa yang kamu miliki.

Namun, sebaiknya kamu mensyukuri adanya momen tersebut. Karena sesungguhnya dengan terus berbagi dengan adik, kamu jadi tahu bagaimana rasanya memiliki saudara, rasanya melihat kesenangan orang lain walaupun hanya bermula dari hal-hal kecil. Dan dari semua itulah ternyata kamu tengah dilatih untuk tidak menjadi seseorang yang memiliki sikap tamak. Terbiasa berbagi walau mulanya hanya kepada adik akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih peka dan bertoleransi terhadap sesame.

Jadi anak pertama itu seru, kan? Nggak sekadar punya banyak tanggung jawab, tapi kamu juga jadi banyak belajar akan suatu hal. Jadi, jangan merasa  terbebani lagi, ya! Hidup itu selalu adil, kok, tergantung bagaimana kamu memikirkan sisi positifnya.

Meski Sering Dicap Egois, Ini 5 Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Anak Pertama 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Keza Felice

   

Content Writer

Penulis novel

Ig: Keza236_queen

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments