Sains   

10 Fakta Seputar Neon, Tak Cuma Sekedar Penerang Biasa


10 Fakta Seputar Neon, Tak Cuma Sekedar Penerang Biasa 1

Gas neon ditemukan pada tahun 1898. Walaupun harganya mahal karena kelangkaannya di atmosfer, sifat-sifat neon membuatnya sangat diinginkan untuk banyak penggunaan selain sekadar sebagai tanda iklan. Ini berpotensi berbahaya bagi manusia, meskipun digunakan untuk melindungi orang yang telah meninggal yang ingin dihidupkan kembali ketika teknologi medis memungkinkan hal ini terjadi.

1. Gas neon ditemukan pada tahun 1898

description

Gas neon ditemukan pada tahun 1898 di University College London oleh dua ilmuwan Inggris, yaitu Sir William Ramsay dan Morris W. Travers. Mereka tahu pasti ada unsur pada tabel periodik antara helium dan argon, jadi mereka melakukan penelitian tentang udara cair. Mereka mendinginkan udara hingga menjadi cairan, lalu menghangatkan cairan dan mengumpulkan gas yang mendidih.

Mereka kemudian menemukan bukan hanya satu tetapi tiga gas baru, yaitu kripton, neon, dan xenon. Ketiga gas ini tersisa ketika nitrogen, oksigen, argon, dan karbon dioksida dikeluarkan dari udara. Mereka mungkin saat itu tidak tahu seberapa penting neon di masa depan.

2. Gas neon dianggap melimpah dan langka

description

Beberapa fakta neon tampaknya bertentangan, seperti fakta bahwa ia dapat dianggap berlimpah dan langka. Setelah hidrogen, helium, oksigen, dan karbon, neon adalah unsur kimia paling berlimpah kelima di alam semesta. Dengan demikian, neon bisa dianggap berlimpah. Namun, neon adalah gas langka di atmosfer Bumi. Bahkan, itu hanya 0,0018% dari atmosfer kita. Dengan demikian, agak membingungkan, neon juga dapat dianggap sebagai gas langka.

3. Neon dapat ditemukan pada bintang

description

Neon, dalam bentuk isotop stabil, diproduksi di dalam bintang. Agar ini terjadi, bintang harus memiliki massa yang setara dengan setidaknya delapan kali lipat dari matahari bumi. Neon dibuat selama proses bintang alfa, yaitu ketika helium dan oksigen bergabung bersama. Namun, dengan tidak adanya arus listrik, neon tetap tidak berwarna. Jadi jangan berharap untuk melihat ke langit malam dan melihat tanda-tanda neon terang menyinari kita.

Baca juga  Hal Salah Tentang Senjata Api Yang Sering Muncul di Film

4. Pencahayaan neon diciptakan pada awal tahun 1902

description

Salah satu fakta neon yang paling mengejutkan adalah bahwa Georges Claude, seorang insinyur Prancis, menemukan pencahayaan neon pada awal tahun 1902. Dia memiliki perusahaan pencairan udara dan mengambil neon sisa untuk membuat tabung lampu neon pertama. Dia melakukan ini dengan melewatkan arus listrik melalui gas neon dalam tabung tertutup, sehingga menyebabkannya memiliki cahaya oranye kemerahan.

Dia meluncurkan tanda neon pertama pada tahun 1910 di Paris Motor Show. Meskipun ia pertama kali bermaksud menggunakannya sebagai pencahayaan interior, dan mencoba menjualnya seperti itu dari tahun 1910, orang-orang tidak senang dengan warna oranye kemerahan dari cahaya di dalam rumah mereka.

Perusahaan Claude menghasilkan keuntungan ketika mereka mulai menjual tabung pelepasan neon sebagai tanda iklan dari tahun 1912 dan seterusnya. Ini terbukti sangat sukses, dan papan iklan neon diperkenalkan ke AS pada tahun 1923 ketika dealer Los Angeles Packard mendirikan dua papan neon besar. Sulit membayangkan banyak landmark terkenal dan tempat-tempat wisata terkenal, seperti Times Square di New York, tanpa lampu neon terang yang berlimpah.

Baca juga  5 Fakta Film Spencer yang Dibintangi Kristen Stewart

5. Neon sejati hanya berwarna oranye kemerahan

description

Salah satu fakta neon yang jarang diketahui adalah bahwa banyak dari tanda-tanda yang kita anggap sebagai neon sama sekali bukan yang sebenarnya. Ini karena neon hanya bertanggung jawab atas tanda-tanda oranye kemerahan yang sangat umum. Tanda dalam warna lain bukanlah tanda neon yang sebenarnya.

Warna-warna lain ini dibuat oleh gas mulia selain neon, atau mereka adalah bentuk pencahayaan neon berwarna. Dengan demikian, tanda-tanda ini bukanlah neon sama sekali. Tapi tidak ada yang mengatakan bahwa mereka tidak secantik neon.

6. Neon digunakan dalam perangkat kehidupan sehari-hari

description

Berkat sifatnya yang unik, neon memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, neon digunakan dalam tanda-tanda iklan, tabung vakum, penangkal petir, indikator tegangan tinggi, tabung televisi, dan tabung plasma. Selain itu, neon cair, yang sekarang tersedia secara komersial, digunakan sebagai pendingin kriogenik.

7. Lampu neon dapat melewati kabut

description

Salah satu fakta neon yang lebih tidak biasa adalah bahwa cahaya neon dapat melewati kabut. Meskipun lampu lain dipengaruhi oleh kabut, cahaya neon tidak bisa dikaburkan olehnya. Dari semua properti neon, atribut ini adalah yang paling berguna untuk bandara. Neon digunakan secara luas oleh pesawat dan di daerah dingin karena alasan ini. Jadi, jika melihat cahaya kemerahan menembus kabut, kita akan tahu pasti bahwa itu adalah lampu neon.

8. Neon sungguh mahal jika dibandingkan dengan elemen lain

description

Salah satu fakta neon yang lebih menarik adalah bahwa neon cukup mahal jika dibandingkan dengan elemen lain. Ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa neon sangat langka dan harus dipulihkan dari udara, yang meningkatkan biaya gas neon dan neon cair. Faktanya, neon 55 kali lebih mahal daripada helium cair. Namun, harga yang lumayan ini tidak menghentikannya digunakan secara luas di dunia modern kita.

Baca juga  5 Fakta Unik Flashy Flash di Anime One Punch Man

9. Neon mungkin dapat menyebabkan kematian

description

Ada fakta-fakta tertentu seputar neon yang berfungsi sebagai peringatan. Salah satu fakta ini adalah bahwa neon dapat menyebabkan radang dingin. Ini terjadi ketika neon bersentuhan dengan mata atau kulit kita. Lebih penting lagi, neon adalah gas asfiksia. Ini berarti bahwa jika kita menghirup gas neon dalam jumlah yang berlebihan, itu akan menguras tingkat oksigen dalam tubuh, yang menyebabkan mati lemas dan bahkan mungkin kematian.

10. Neon digunakan untuk membekukan mayat

description

Menurut Royal Society of Chemistry, kapasitas pendinginan neon adalah tiga kali lipat dari hidrogen cair, dan 40 kali lipat dari helium cair. Properti ini membuat neon sebagai pendingin yang sangat penting dalam kriogenik, yaitu ketika segala sesuatu dibekukan pada suhu yang sangat rendah. Selain itu, salah satu fakta neon yang paling menarik adalah bahwa neon juga digunakan untuk krionik.

Krionik mengacu pada pembekuan mayat sehingga mereka dapat dipertahankan, dengan harapan orang-orang ini akan dihidupkan kembali oleh teknologi medis masa depan dan dapat hidup kembali. Neon membawa makna yang sama sekali baru ke frase “orang mati kembali berjalan”.

10 Fakta Seputar Neon, Tak Cuma Sekedar Penerang Biasa 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments