4 Teknik Membaca yang Membantumu Membaca Lebih Banyak

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita sudah belajar membaca selama kita hidup. Ketika kita kecil misalnya, kita akan membuat buku cerita dan secara nggak sengaja akan


Tanpa kita sadari, sebenarnya kita sudah belajar membaca selama kita hidup. Ketika kita kecil misalnya, kita akan membuat buku cerita dan secara nggak sengaja akan mengulang beberapa kata yang pernah kita temui. Terus selaras kita tumbuh, kita mulai belajar cara yang lebih baik.

Biasanya, makin dewasa seseorang, mereka akan mulai memilih apakah mereka benar-benar suka membaca atau enggak. Biasanya, alasan mereka nggak suka membaca adalah karena membaca membosankan, dan waktunya lama. Padahal itu hanya karena mereka nggak tahu cara membaca yang cepat dan efektif. Nah, berikut ini ogut kasih tau ke kalian semua teknik membaca cepat yang bisa membuatmu membaca lebih banyak.

Scanning

Mungkin sebagian dari kalian udah pernah denger soal teknik membaca ini. Scanning itu teknik membaca yang hanya melihat informasi spesifik aja. Misalnya kata kunci, nomor, nama, dan info spesifik lain yang penting. Hanya itu. Kata penghubung, atau yang lain yang nggak penting akan dilewatin di proses membaca scanning.

Baca juga  Kulit Telur Ternyata Ampuh untuk Membasmi Tikus & Kecoa !

Nah, sebelum elu membaca scanning, elu harus mempersiapkan beberapa hal biar membaca scanning lu maksimal. Kalau ini harus diperhatikan betul. Pertama yang perlu elu lakuin adalah mencari tahu apa yang sedang elu cari. Apa tujuan utama lu baca. Jadi bisa memutuskan mana yang harus diperhatiin dan enggak. Kedua, elu cari dimana elu bisa ngedapetin informasi yang elu butuhin. Bisa dengan melihat ke daftar isi atau judul buku. Ketiga, tata letak yang bakal lu baca kayak gimana. Apakah kayak tulisan biasa, atau kayak kamus, atau kayak buku menu. Ketika elu tahu tata letaknya, elu bisa maksimal ngebaca scanning.

Baca juga  10 Fakta Seputar Neon, Tak Cuma Sekedar Penerang Biasa

Skimming

Trik membaca berikutnya adalah skimming. Skimming ini nggak kayak scanning. Jadi kalau di skimming elu harus ketemu ide utama dari material atau objek yang bakal lu baca sebelum elu nyari detailnya. Skimming bagus buat buku non fiksi. Caranya sama, elu nyari objek utama yang lu cari apa dulu, terus apa pesan utama atau ide utama dari buku yang lu pegang, terus data apa yang lu butuhin. Ini kayak dibalik gitu. Elu ngedapetin ide utama dulu baru lu nyari pendukungnya. Kalau pakek metode ini elu mungkin nggak akan dapetin informasi yang lengkap. Jadi pakek pas dibutuhin aja. Skimming biasanya dipakek buat baca review, presentasi, nyari cepet, atau ngereview ujian.

Membaca Intensif

Membaca intensif ini adalah cara membaca yang paling menghabiskan banyak waktu di antara teknik membaca lain. Tujuan dari membaca intensif ini adalah mendapatkan informasi yang detail dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. Jadi cenderung pelan baca pakek teknik ini. Tapi informasinya bisa jadi masuk semua. Ini bisa elu pakek pas elu baca kontrak, proposal, atau pesan penting.

Baca juga  Memahami Arti dari Efisiensi Energi

Membaca Ekstensif

Kalau membaca ekstensif ini biasanya untuk kesenangan aja. Elu milih apa yang mau elu baca, dan suka-suka elu mau menginterpretasikan apa atas apa yang elu baca. Ini cocok buat baca-baca novel. Artinya konsentrasimu nggak terlalu kekuras di proses membaca itu. Jadi kayak membaca rileks gitulah.

Itu tadi beberapa teknik membaca. Semoga berguna deh. Kalau nggak suka baca, beli buku audible aja. Kan udah ada tuh.


PukulTiga

Legend

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.