Sains   

7 Fakta Seputar Hukuman Mati, Manusiawi kah?


hukuman mati

Fakta hukuman mati membuka diskusi tentang apa yang dimiliki manusia lebih dari satu sama lain. Apakah kita berhak untuk menghukum dengan mengambil nyawa seseorang? Apakah hukuman mati adil? Pelajari semua tentang sejarah praktik ini, termasuk metode masa lalu dan saat ini, dan seberapa banyak pandangan kita telah berubah sepanjang tahun berkat studi ekstensif seputar hukuman mati.

1. Awal mula hukuman mati

description

Mari kita mulai fakta hukuman mati dengan membahas bagaimana praktik itu terjadi. Hukum yang didirikan pertama terkait dengan hukuman mati bermula dari abad ke-18 SM. Pada abad ke-7 SM, dalam Kode Draconian Athena, hukuman mati adalah satu-satunya hukuman untuk semua kejahatan, tidak peduli seberapa sepelenya sebuah kasus.

Para penjahat dihukum mati dengan cara disalibkan, ditenggelamkan, dipukuli, dibakar hidup-hidup dan bahkan dipenjara. Kematian dengan cara digantung menjadi gaya eksekusi yang lebih umum pada abad ke-10. Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui berapa banyak eksekusi telah terjadi selama bertahun-tahun, diperkirakan bahwa pada abad ke-16 sebanyak 72.000 orang dieksekusi. Pelanggaran yang bisa dihukum pada saat itu termasuk pengkhianatan, tidak mengaku melakukan kejahatan (bahkan jika tidak bersalah) dan menikahi seorang Yahudi.

2. Para terpidana hukuman mati dapat memilih makanan terakhirnya

description

Mengizinkan tahanan memesan dan menikmati makanan terakhir adalah ritual adat yang banyak diketahui orang. Tetapi banyak dari permintaan ini yang aneh atau berlebihan. Allen Lee Davis, yang dihukum karena pembunuhan, memesan satu ekor lobster, kentang goreng, setengah pon udang goreng, 6 ons kerang goreng, setengah roti dan 32 ons.

Baca juga  5 Faktar Menarik dan Kocak Seputar Anime Demon Slayer

Ted Bundy, pembunuh berantai yang terkenal, menolak makan terakhirnya dan diberi makan standar pada saat itu, termasuk steak, telur, kentang goreng, roti bakar, susu, dan jus. Timothy McVeigh, pelaku bom Oklahoma City, hanya meminta dua liter es krim cokelat mint.

3. Beberapa metode eksekusi intensif dan barbar pernah digunakan

description

Suntikan mematikan adalah bentuk hukuman mati yang manusiawi dibandingkan dengan yang digunakan di masa lalu. Selama Abad Pertengahan, orang-orang akan digantung terbalik di antara dua pohon dan kemudian digergaji menjadi dua, dimulai di antara kedua kaki. Karena mereka terbalik, darah akan terus mengalir ke otak mereka, membuat mereka tetap hidup selama berjam-jam setelah awal eksekusi.

Merebus juga merupakan metode yang umum, dengan orang-orang digantung di atas kuali besar cairan mendidih. Air lebih sering digunakan tetapi kadang-kadang juga menggunakan tar atau minyak, yang pada dasarnya untuk menggoreng orang itu sampai mati.

4. Wanita menghindari hukuman mati selama lebih dari 100 tahun

description

Seorang wanita yang menjalani hukuman mati tidak pernah terdengar sebelumnya. Karla Faye Tucker dieksekusi pada tahun 1998, wanita pertama sejak 1984 di Amerika Serikat dan wanita pertama di Texas sejak 1863. Dia dinyatakan bersalah atas pembunuhan tetapi karena gender dan kekristenannya yang terkenal, eksekusinya menginspirasi gerakan nasional yang besar.

Baca juga  Berbagai Metode Pencegah Karat Pada Besi

Sementara saat akan menjalani hukuman mati, Tucker meminta agar hidupnya dibebaskan karena dia berada di bawah pengaruh obat-obatan ketika melakukan kejahatan. Dia berpendapat bahwa tidak akan melakukan pembunuhan jika dia tidak di bawah pengaruh obat. Permohonannya didukung secara luas tetapi ditolak. Setelah 14 tahun di penjara, dia dieksekusi dengan suntikan mematikan.

5. Terkadang, eksekusi mati bisa gagal

description

Lebih dari 7% dari suntikan mematikan selama 100 tahun tidak berjalan sesuai rencana. Dari hampir 9000 total eksekusi, hampir 300 di antaranya gagal. Misalnya, pada tahun 1983 John Evans dijatuhi hukuman mati dengan disetrum.

Setelah sentakan pertama, percikan dan nyala api terlihat berasal dari elektroda yang melekat pada kaki Evans. Ketika detak jantung masih ditemukan, elektroda dipasang kembali dan sentakan listrik lain diterapkan, menghasilkan lebih banyak asap dan bau daging yang terbakar. Detak jantung masih ditemukan. Pengacara Evans memohon agar eksekusi dihentikan tetapi sentakan ketiga diterapkan. Eksekusi memakan waktu 14 menit dan membuat tubuh Evans benar-benar hangus.

6. Kepolosan orang yang dihukum telah terbukti setelah eksekusi

description

Dengan kemajuan teknologi, menjadi lebih mudah untuk membuktikan kepolosan dan kesalahan dalam kejahatan. Sayangnya bagi sebagian orang, kepolosan mereka terbukti hanya setelah eksekusi terjadi. Misalnya, Larry Griffin dinyatakan bersalah atas pembunuhan Quintin Moss tahun 1980.

Baca juga  Mitos Vs Fakta Seputar Website, Yang Wajib Kamu Ketahui

Hukuman itu sebagian besar didasarkan pada kesaksian seorang pria yang berada di tempat kejadian pada saat pembunuhan. Pengacara Griffin tidak menentang kesaksian itu, meskipun semua bukti bersifat tidak langsung. Griffin dieksekusi dengan suntikan mematikan pada tahun 1995 dan mempertahankan kepolosannya sampai saat terakhir. Pada 2005, Fakultas Hukum Universitas Michigan membuka kembali kasus itu dan menyimpulkan bahwa Griffin sebenarnya tidak bersalah.

7. Eksekusi mati di hadapan publik berakhir pada tahun 1936

description

Pada suatu waktu dalam sejarah, fakta menunjukkan bahwa eksekusi di depan umum adalah urusan publik. Wartawan dan fotografer akan meliput acara dan dalam beberapa kasus, ribuan akan datang untuk menyaksikannya. Eksekusi publik terakhir yang diadakan di Amerika Serikat adalah pada tahun 1936 ketika Rainey Bethea digantung karena keyakinannya akan pemerkosaan dan pembunuhan.

Suasana seperti karnaval yang mengelilingi acara menyebabkan pelarangan eksekusi publik. Pada tahun 2001, Timothy McVeigh dieksekusi dengan suntikan mematikan sementara anggota keluarga almarhum menonton di siaran televisi tertutup, menjadikannya hal yang paling dekat dengan eksekusi publik di masa lalu.

7 Fakta Seputar Hukuman Mati, Manusiawi kah? 1


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments