Sains   

Tahukah Kamu Bagaimana Terbentuknya Petir? Ini Jawabannya


Petir

Sekilas apakah kamu merasa takut bila terjadi petir? Sebelum terjadi petir biasanya kita akan mendengar suara gemuruh, Dan sekilas kita melihat kilat menyambar permukaan. Nah disini saya akan menjelaskan secara rinci terjadinya Petir.

Saya yakin pasti kamu semua sudah tau kalau Petir biasa terjadi pada saat hujan. Hmm, kamu pasti berpikir kenapa petir hanya terjadi pada saat hujan kenapa ga saat cerah…

Petir terjadi pada saat musim hujan karena kadar air pada udara saat hujan tinggi, Hal ini membuat daya isolasi turun sehingga arus listrik lebih mudah untuk mengalir. Petir terjadi ketika elektron dibawah awan tertarik oleh proton di daratan.

Baca juga  Memahami Arti dari Efisiensi Energi

Nah sebelum kita lanjut membahas kamu harus tahu apa beda petir dengan guntur ya, nah jika petir dab guntur berbeda jadi suara gemuruh atau cahaya kilat yang muncul terlebih dahulu. Nah jawabannya petir lah yang muncul terlebih dahulu ya karena hal ini disebabkan oleh kecepatan cahaya dan suara kecepatan cahaya diperkirakan 190.000 mil/ detik sedangkan kecepatan suara hanya 1000 Kaki/ detik.

Selain itu untuk membuktikannya terkadang kita menutup telinga dengan tangan setelah terjadi petir karena gemuruh yang besar tak jarang anak kecil merasa takut akan gemuruh yang kuat ini ya.

Baca juga  5 Fungsi Dari Energi Nuklir Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Nah jika kamu sudah tahu perbedaan tersebut mari simak kembali bagaimana sih terjadinya petir

Proses Terjadinya Sambaran Petir

Tahukah Kamu Bagaimana Terbentuknya Petir? Ini Jawabannya 1

Sambaran petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi. Proses muatan pada awan ini disebabkan awan terus menurut bergerak secara teratur dan dengan pergerakan ini awan akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan terkumpul disalah satu sisi awan baik diatas maupun dibawah.

Nah jika perbedaan potensial awan dan bumi besar maka akan dilakukan pembuangan muatan negatif (Electron) dari awan kebumi atau dari awan keawan tersebut untuk mencapai keseimbangan, Pada pembuangan elektron ini menggunakan media udara.

Baca juga  5 Material Paling Langka Di Dunia! Bisa Jadi Mahar Nih

Pada saat elektron mampu menembus batas isolasi udara hal inilah yg menjadikan ledakan suara. Oleh sebab itu petir terjadi pada saat hujan karena pada saat hujan udara mengandung kasar air yg lebih tinggi sehingga daya isolasi turun dan electron lebih mudah mengalir.

Hal tersebut disebabkan karena adanya awan yang bermuatan positif dan awan bermuatan negatif, Proses perpindahan elektron / muatan negatif inilah yang mengakibatkan sambaran petir.

Nah tidak terasa sudah dipenghujung artikel itulah penjelasan penyebab terjadinya petir.

Tahukah Kamu Bagaimana Terbentuknya Petir? Ini Jawabannya 2


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Muhamad_Kukuh

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments