10 Fakta Menarik Seputar Eropa, Mau Tahu?

Banyak orang yang masih belum tahu, lho!


Bukankah menakutkan berapa banyak orang yang tidak tahu apakah Eropa adalah negara atau benua? Wow… Selamat membaca 10 fakta menarik dan menyenangkan tentang Eropa.

1. Istanbul, kota dua Benua

description

Sejak zaman kuno, Istanbul telah menyatukan Asia dan Eropa melalui Selat Bosphorus. Tanpa ragu, kota yang menakjubkan ini adalah salah satu tempat paling indah di dunia. Istanbul adalah satu-satunya kota metropolitan di dunia yang menjembatani dua benua. Istanbul adalah Ibukota Kebudayaan Eropa pada 2010, sebuah program yang diprakarsai oleh Uni Eropa.

Sepanjang sejarah, kota ini telah menjadi ibu kota banyak kerajaan. Napoleon Bonaparte pernah berkata: “Jika bumi adalah satu negara, Istanbul akan menjadi ibukotanya.” Jika kamu mempertimbangkan sarapan di Asia dan makan siang di Eropa, Istanbul adalah tempat untukmu!

2. Gunung berapi paling terkenal dan aktif di Eropa

description

Etna adalah gunung berapi aktif terbesar di Eropa. Dengan ketinggian maksimum sekitar 3350 m, Gunung Etna adalah stratovolcano yang terletak di Sisilia, Italia selatan.

Gunung berapi Eropa tertinggi sebenarnya adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Etna pernah meletus dan salah satu letusan terbaru terjadi pada akhir Juli 2011. Letusan gunung berapi telah didokumentasikan sejak zaman kuno, lebih tepatnya sejak 1500 SM. Ini adalah periode terpanjang dari letusan yang terdokumentasi di dunia.

Stromboli juga merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di planet ini. Gunung tersebut adalah salah satu dari delapan Kepulauan Aeolian (Isole Eolie), sebuah kepulauan vulkanik di lepas pantai. Menurut spesialis, Stromboli adalah satu-satunya gunung berapi aktif di daratan Eropa.

Baca juga  5 Objek Wisata di Papua Barat yang Memikat

Gunung Vesuvius, terkenal karena letusannya menghancurkan Pompeii dan Herculaneum, terakhir meletus 75 tahun yang lalu, pada tahun 1944. Vatnajökull (Islandia) adalah gletser Eropa terbesar dalam volume dan di bawah lapisan esnya terdapat setidaknya 7 gunung berapi.

3. Negara terbesar dan terkecil di dunia

description

Eropa adalah rumah bagi negara terkecil di dunia, Negara Kota Vatikan (Stato della Città del Vaticano), dan yang terbesar, Rusia (berdasarkan populasi dan wilayah). Cina adalah negara dengan tetangga terbanyak (15), diikuti oleh Rusia (14) dan Brasil (10).

Menurut CIA World Factbook, wilayah Rusia memiliki luas 17.098.242 km persegi (tanah 16.377.742 km persegi; air 720.500 km persegi), sedangkan wilayah Vatikan hanya 0,44 km persegi. Negara Kota Vatikan adalah pusat warisan dunia UNESCO, satu-satunya situs yang mencakup seluruh negara bagian.

4. Pemakaman Merry di Rumania

description

Pemakaman seringkali merupakan tempat yang menyedihkan, tetapi juga bisa menghibur. Sapanta, di Rumania Utara, terkenal di seluruh dunia karena Pemakaman Merry, situs Warisan Dunia UNESCO. Sapanta adalah kuburan unik dan daya tarik wisata utama. Apa yang tidak biasa tentang hal itu? Desain atipikal batu nisannya. Batu nisan adalah salib besar yang diukir dari kayu ek. Mereka dilukis dengan tangan dalam warna-warna cerah seperti merah, biru, hijau, kuning dan diukir dengan epitaf lucu yang secara singkat menggambarkan kehidupan atau keadaan di mana orang-orang ini meninggal.

Orang di balik konsep ini adalah pengrajin Rumania Ioan Stan Patras, yang mulai memahat salib pada tahun 1935. Budaya kuno suku Dasia, leluhur Rumania, memandang kematian sebagai pembebasan dan jiwa sebagai abadi. Sapanta mempertahankan sikap positif ini terhadap kematian dan menyambutnya dengan senyum.

5. Patung Liberty dibangun di Prancis

description

Tidak diketahui oleh banyak dari kita, Patung Liberty yang terkenal dirancang oleh Frédéric Bartholdi. Patung neoklasik kolosal ini dibangun di Prancis dan diberikan sebagai hadiah persahabatan kepada Amerika Serikat. Alexandre Gustave Eiffel, insinyur Prancis yang brilian di belakang Menara Eiffel di Paris, membuat kerangka baja patung itu.

Baca juga  10 Fakta Serangan Pearl Harbor, Salah Satu Pemicu Perang Dunia II

Tinggi keseluruhan patung adalah 305 kaki, 6 inci, dan tujuh sinar pada mahkota Lady Liberty mewakili tujuh benua. Replika Lady Liberty telah dibuat di seluruh dunia, yang paling terkenal terletak di Prancis.

6. Makna Eropa

description

Menurut mitologi Yunani kuno, Europa adalah seorang putri Fenisia yang cantik. Dia adalah putri Agenor, raja Tirus. Zeus merasa jatuh cinta dengan Europa, jadi dia memutuskan untuk tampil di depannya sebagai banteng putih yang luar biasa untuk mendapatkan kepercayaannya. Kekuatan metamorfosis Zeus adalah elemen kunci dalam mitologi Yunani.

Sang putri naik ke punggung banteng dan segera dibawa ke Kreta, tempat Zeus mengungkapkan dirinya ke Europa dengan segala kemuliaan. Raja para Dewa dan Eropa memiliki tiga anak – Sarpedon, Minos dan Rhadamanthys. Secara etimologis, kata Eropa berasal dari bahasa Yunani kuno dan berarti luas, memandang luas, luas dari berbagai aspek.

7. Mediterania dahulu adalah gurun

description

Dalam 40 tahun terakhir bukti kuat telah ditemukan bahwa Laut Mediterania sering kering sepenuhnya di masa lalu. Peristiwa ini juga dikenal sebagai Krisis Salinitas Messinian. Kisah luar biasa dari penemuan ini diceritakan dalam “The Mediterranean Was a Desert, Voyage of the Glomar Challenger” oleh Kenneth J. Hsu.

Menurut Rob Butler, “Krisis Salinitas di Mediterania merupakan salah satu contoh paling dramatis perubahan lingkungan di luar wilayah gletser dalam catatan geologis yang relatif muda.”

8. Kerajaan terbesar ada di Eropa

description

Banyak kerajaan terbesar dalam sejarah berbasis di Eropa. Kerajaan Inggris pernah menjadi kekaisaran terbesar di dunia. Ini mencakup lebih dari 36 juta kilometer persegi dan memiliki populasi antara 480-570 juta orang. Pada puncak kekuatan Kekaisaran, dikatakan bahwa “matahari tidak pernah terbenam” di atasnya, karena matahari selalu bersinar pada setidaknya satu bagian dari Kekaisaran. Itu menutupi seperempat permukaan bumi.

Baca juga  7 Fakta Seputar Hukuman Mati, Manusiawi kah?

Kerajaan kolonial terkenal lainnya adalah Kekaisaran Spanyol, Kekaisaran Rusia, Kekaisaran Perancis, Kekaisaran Portugis, dan lain-lain. Kekaisaran Romawi, sebuah kerajaan pra-kolonial, sering digambarkan sebagai tempat lahir peradaban modern, adalah salah satu kerajaan paling sukses di dunia.

9. Nama terpanjang ada di Eropa

description

Persiapkan dirimu untuk beberapa nama terpanjang yang diakui secara resmi. Sulit untuk mengalahkan Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu? Nama asli untuk sebuah bukit di Selandia Baru, tetapi mari kita coba.

Sebuah desa di Wales, Inggris Raya berisi 58 huruf dan merupakan nama tempat satu kata Eropa terpanjang. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantantiliogogogoch berarti “Gereja Saint Mary di lekukan hazel putih dekat pusaran air cepat dan Gereja St. Tysilio dari gua merah”. Versi pendek dari nama ini adalah Llanfairpwllgwyngyll.

Lihatlah nama-nama panjang yang tidak biasa ini: sipteritsiputeritsipuolilautatsijänkä, yang terletak di Finlandia, Siemieniakowszczyzna di Polandia dan Newtownmountkennedy di Irlandia.

10. Zaman migrasi

description

“Zaman Migrasi” tetap menjadi salah satu fakta paling tidak dikenal tentang Eropa. Ada suatu periode dalam sejarah, juga disebut Periode Migrasi, ketika berbagai suku membanjiri Eropa.

Fase pertama dari gerakan migrasi berakhir sekitar 500 M, ketika suku-suku Jerman (Franks, Goth, Saxon, Vandal, Lombard, dan lain-lain) mendirikan kerajaan mereka sendiri di Eropa Tengah, Barat, Selatan dan Eropa Tenggara. Periode ini diikuti oleh fase kedua dari Periode Migrasi (sekitar 500-700 SM), migrasi orang-orang Slavia.

Invasi Avar dan Bulgaria, Penaklukan Muslim atas Sisilia, Invasi Hungaria dan Invasi Viking adalah momen penting lainnya dalam sejarah Eropa.

Inilah bagaimana perjalanan sejarah yang kaya telah membentuk dan mendefinisikan masyarakat Eropa dan budaya tak berwujud mereka selama berabad-abad.


Rado

Legend