10 Fakta Serangan Pearl Harbor, Salah Satu Pemicu Perang Dunia II

Serangan dari Jepang yang mengejutkan Amerika.


Pearl Harbor adalah peristiwa yang sangat signifikan dalam sejarah Amerika dan Perang Dunia II. Pangkalan militer AS di Hawaii diserang oleh Jepang dalam pembantaian dua gelombang yang direncanakan, berlangsung lebih dari 2 jam dan mengakibatkan lebih dari 2.000 korban.

Pearl Harbor memiliki dampak signifikan jangka panjang, tidak hanya untuk AS tetapi untuk seluruh dunia. Yang paling penting, itu adalah katalis untuk masuknya AS ke dalam Perang Dunia II, yang memuncak dalam pemboman nuklir di Nagasaki dan Hiroshima. Pearl Harbor sekarang menjadi situs peringatan tragedi yang banyak dikunjungi oleh turis dan Presiden untuk memperingati hilangnya nyawa pada 7 Desember 1941.

1. Pearl Harbor adalah serangan kejutan di pangkalan militer AS oleh Jepang pada tahun 1941

description

“Pearl Harbor” adalah istilah umum untuk serangan mendadak pada dua pangkalan utama angkatan bersenjata AS oleh Jepang pada tahun 1941: Pearl Harbor dan Clark Air Field. Fakta Pearl Harbor mengungkapkan serangan itu direncanakan beberapa bulan sebelumnya oleh Staf Umum Kekaisaran Jepang, yang bahkan melangkah lebih jauh dengan membangun model skala sangat rinci dari Pearl Harbor, Hickman Field dan Pearl City, wilayah sipil terdekat. AS telah memprediksi semacam invasi, tetapi tidak yakin di mana itu akan terjadi, dan dengan demikian mereka tidak siap untuk serangan itu.

Baca juga  Gadis-gadis Radium, Rahasia Gelap Amerika yang Hilang dalam Sejarah

2. Invasi itu bisa saja untuk menghentikan campur tangan AS atau untuk menghancurkan armada angkatan laut AS

description

Fakta Pearl Harbor mengungkapkan niat di balik serangan itu dapat dipandang sebagai pencegahan untuk menghentikan militer AS dari mengganggu armada Jepang. Franklin D. Roosevelt, Presiden Amerika Serikat, telah memindahkan Pangkalan Pasifik di San Diego ke Pearl Harbor dan Filipina hanya beberapa bulan sebelumnya dalam upaya untuk mencegah kemungkinan agresi Jepang lebih lanjut di Asia. Interpretasi lain oleh para sejarawan tentang peristiwa tersebut adalah bahwa Jepang ingin menghancurkan armada angkatan laut AS.

3. Serangan di Pearl Harbor berlangsung di 2 gelombang dengan berbagai jenis bom

description

Pemboman Pearl Harbor terdiri dari serangan dua gelombang. Pada gelombang pertama, pembom B5N2 Jepang menyerang kapal. AS menyebut pembom ini “Kates”. Masing-masing memiliki 3 kru dan dapat memegang beberapa bom atau satu torpedo. Empat puluh sembilan dari Kates ini membawa peluru tempur yang menyerang kapal-kapal AS. Bom-bom ini menghantam dengan kekuatan besar, melewati beberapa dek sebelum meledak. Pembom penyelam D3A1 Aichi yang membawa bom darat, yang dikenal sebagai “Vals”, juga dijatuhkan untuk menghancurkan pesawat AS. Pada serangan gelombang kedua, Vals mengejar kapal AS dan Kates mengejar angkatan udara. Gelombang kedua termasuk dua jenis bom dari gelombang pertama.

4. Orang Amerika benar-benar terkejut

description

Jepang hampir mengejutkan Amerika, namun kode diplomatik Jepang telah dibobol berbulan-bulan sebelumnya dan dinas intelijen menyadari bahwa Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang merencanakan serangan militer yang jelas. Nama kodenya adalah Zero Hour. Pemerintah AS juga telah diperingatkan oleh Belanda dan agen ganda Inggris bernama “Tricycle” mengenai serangan yang akan terjadi di salah satu pangkalan militernya di Pasifik. Mereka hanya tidak tahu persis di mana itu akan terjadi.

Baca juga  Nostalgia, 5 Klub Era Galatama yang Sempat Populer di Masa Lalu

5. Serangan itu hanya berlangsung 2 jam tetapi memiliki konsekuensi mengejutkan

description

Serangan itu hanya berlangsung 2 jam, tapi itu tidak hanya melawan AS. Ada juga serangan serentak terhadap Singapura, Hong Kong, Shanghai, Pulau Wake, Guam dan Manila dalam upaya untuk melumpuhkan pengaruh AS dan Eropa di Asia. Konsekuensi dari serangan ini bukan hanya kerugian nyawa dan sumber daya militer, tetapi juga menyebabkan masuknya AS ke dalam perang dan kemudian serangan bom atom yang dijatuhkan ke Nagasaki dan Hiroshima.

6. Pearl Harbor dianggap sebagai kejahatan perang oleh Pengadilan Militer Internasional

description

Kejahatan perang didefinisikan sebagai upaya serius untuk melanggar hukum dan kebiasaan yang berlaku selama konflik bersenjata. Serangan ini dianggap sebagai kejahatan perang oleh Mahkamah Militer Internasional. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh analisis dokumen-dokumen utama selama persidangan yang menunjukkan niat Jepang untuk melumpuhkan pasukan AS. Kerahasiaan dan sifat serangan yang direncanakan sebelumnya juga signifikan.

7. Hampir setengah dari korban serangan adalah satu kapal perang AS

description

Lima belas menit setelah serangan, Jepang menjatuhkan bom 800 kg ke kapal perang US Arizona. Itu membunuh 1.177 tentara secara instan. Api terus menyala selama lebih dari 2 hari, mengkremasi para korban. Hanya 107 orang yang dapat diidentifikasi secara positif. Hampir setengah dari korban seluruh serangan berada di kapal perang US Arizona. Mayat-mayat itu dimasukkan ke dalam kuburan massal sementara, kemudian dipindahkan, dimakamkan kembali dan ditandai sebagai tak terindentifikasi.

Baca juga  5 Penembak Jitu yang Benar-benar Ada di Zaman Koboi

8. Amerika memasuki Perang Dunia II sehari setelah serangan di Pearl Harbor

description

Setelah serangan itu, Jepang secara resmi menyatakan perang terhadap Amerika Serikat. Presiden Roosevelt meminta Kongres untuk memberikan suara pada saat memasuki Perang Dunia II, dan ini disetujui hanya dengan satu suara yang berbeda pendapat. Beberapa mengatakan bahwa Roosevelt menggunakan Pearl Harbor sebagai alasan untuk memasuki perang. Serangan itu tentu saja menggoyang opini publik Amerika tentang masalah ini, yang sampai saat ini cukup terbelah. Konsekuensinya adalah bahwa AS memasuki Perang Dunia II di hari berikutnya.

9. Jepang dan AS telah berperang untuk waktu yang lama

description

Jepang dan AS telah berada di ambang perang untuk waktu yang lama. AS tidak menyetujui cara Jepang merayap ke wilayah Cina dan memberlakukan embargo perdagangan yang tidak dapat diterima oleh Jepang. Pada tahun 1937, sebuah kapal perang Amerika Serikat telah ditenggelamkan oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di Sungai Yangzee di Cina dan ada juga yang secara terbuka menampar konsul AS di Cina oleh seorang tentara Jepang di Nanking pada tahun 1938. Ketegangan sudah tinggi di saat serangan Pearl Harbor.

10. AS mengakhiri perang dengan menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945

description

AS mengakhiri perang dengan menjatuhkan hanya 2 bom atom yang pernah digunakan dalam pertempuran di kota-kota Jepang, Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945. Hal ini menyebabkan penghancuran proporsi besar, tidak hanya pada saat itu, tetapi juga generasi berikutnya. Serangan kontroversial ini mungkin tidak pernah terjadi seandainya bukan karena Pearl Harbor.


Rado

Legend