Sejarah   

15 Negara Pecahan Uni Soviet


15 Negara Pecahan Uni Soviet 1

Uni Soviet adalah sebuah negara yang eksis dari tahun 1922 hingga 1991. Wilayah negara ini merupakan yang terluas di dunia. Kekuatan Uni Soviet terletak pada hebatnya angkatan perang serta tangguhnya industri yang dimilikana. Dulu, hanya Amerika Serikat yang bisa menyainginya.

Kini Uni Soviet sudah bubar. Setelah keruntuhannya, negara itu pecah jadi 15 negara yang terbentang dari Eropa hingga Asia.

Uni Soviet adalah sebuah negara yang eksis dari tahun 1922 hingga 1991. Wilayah negara ini merupakan yang terluas di dunia. Kekuatan Uni Soviet terletak pada hebatnya angkatan perang serta tangguhnya industri yang dimilikana. Dulu, hanya Amerika Serikat yang bisa menyainginya.

Kini Uni Soviet sudah bubar. Setelah keruntuhannya, negara itu pecah jadi 15 negara yang terbentang dari Eropa hingga Asia.

Rusia

15 Negara Pecahan Uni Soviet 3

Rusia mewarisi 50% jumlah penduduk, 2/3 luas wilayah, dah kurang lebih 50% aset-aset ekonomi dan persenjataan di era Soviet. Negara ini merupakan negara terbesar di dunia dengan luas sekitar 17 juta km2.

Para tokoh penting Uni Soviet berasal dari Rusia. Pendiri Uni Soviet, Vladimir Lenin lahir di Saint Petersburg, Rusia. Tiga pemimpin Soviet lainnya pun lahir di wilayah Rusia modern. Nikita Khrushchev (lahir di Kalinovka), Konstantin Chernenko (lahir di Yeniseysk), sedangkan Mikhail Gorbachev (lahir di Privolnoye).

Baca juga  Bung Tomo, Tidak Hanya Berjuang Melawan Penjajah Tapi Juga Menentang Ketidakadilan Penguasa

 

Armenia

15 Negara Pecahan Uni Soviet 4

Republik Armenia adalah nama sebuah negara yang beribukota di Yerevan. Negara ini terletak di daerah selatan Pegunungan Kaukasus dan tidak memiliki akses ke laut manapun. Armenia dihuni oleh etnis Armenia. Hampir semua orang Armenia beragama Kristen.

 

Azerbaijan

15 Negara Pecahan Uni Soviet 5

Azerbaijan juga adalah pecahan USSR (Uni Soviet Socialist Republics) yang terletak di daerah Kaukasus. Ibukota sekaligus kota terbesar Azerbaijan terletak adalah Baku yang berbatasan langsung dengan Laut Kaspia.

 

Uzbekistan

15 Negara Pecahan Uni Soviet 6

Uzbekistan atau Rnegara di Asia Tengah yang mayoritas penduduknya berasal dari etnis Uzbek. Negara ini pernah jadi pusat produksi kapas di Uni Soviet.

Uzbekistan menggunakan bahasa Uzbek sebagai satu-satunya bahasa resmi mereka meskipun bahasa Rusia juga banyak digunakan. Ibukota Uzbekistan berada di Tashkent.

Baca juga  Memperingati Hari Museum Indonesia, Inilah 5 Museum Unik Yang Wajib di Kunjungi

 

Turkmenistan

15 Negara Pecahan Uni Soviet 7

Ibukota dari Turkmenistan adalah Ashgabat. Suku terbesar yang mendominasi Turkmenistan adalah suku Turkmen. Dulu negara ini merupakan spenghasil gas alam terbesar di dunia.

 

Kazakhstan

15 Negara Pecahan Uni Soviet 8

Dengan luas sekitar 2 juta km2, Kazakhstan merupakan negara terbesar kedua di Uni Soviet setelah Rusia. Ibukota dari Kazakhstan adalah Astana.

 

Kirgiztan

15 Negara Pecahan Uni Soviet 9

Ibukota sekaligus kota terbesar Kirgizstan adalah Bishkek. Bersama dengan Turmenistan dan Kazakhstan, Kirgiztan adalah pecahan Uni Soviet yang terletak di Asia Tengah.

 

Tajikistan

15 Negara Pecahan Uni Soviet 10

Kondisi geografis Tajikistan didominasi oleh pegunungan. Di negara ini pulalah terdapat Puncak Komunisme yang berada di ketinggian  7.495 mdpl . Negeri ini unik karena tidak memiliki laut.

 

Belarusia

15 Negara Pecahan Uni Soviet 11

Belarusia beribukota di Minsk. Negara ini dikepung Latvia, Lituania, Polandia, Rusia, dan Ukraina. Negara Belarusia dikenal sebagai sekutu terdekat dari Rusia.

 

Lithuania

15 Negara Pecahan Uni Soviet 12

Salah satu kota pelabuhan terpenting era Uni Soviet, yakni Klaipėda ada di negara ini. Lithuania juga merupakan satu dari tiga negara Baltik pecahan Uni Soviet. Vilnius merupakan nama ibukotanya.

Baca juga  Soyuz, Cara Uni Soviet Memperkenalkan Ruang Angkasa kepada Umat Manusia

 

Latvia

15 Negara Pecahan Uni Soviet 13

Latvia merupakan negara pecahan Uni Soviet yang beribukota di Riga. Takut mendapat serbuan Rusia, Latvia lantas bergabung dengan NATO.

 

Estonia

15 Negara Pecahan Uni Soviet 14

Satu lagi negara Baltik yang merupakan pecahan Soviet adalah Estonia. Sama seperti Latvia, negara ini juga merupakan anggota Uni Eropa dan NATO.

 

Moldova 

15 Negara Pecahan Uni Soviet 15

Moldova merupakan sebuah negara mungil di Eropa Timur yang diapit oleh Rumania dan Ukraina. Dahulu sempat terdengar kabar negeri ini berniat bergabung dengan Rumania namun gagal.

 

Georgia

15 Negara Pecahan Uni Soviet 16

Georgia merupakan tanah kelahiran Joseph Stalin, diktator Soviet yang kejam. Dia lahir di kota Gori pada 18 Desember 1878. Negara yang beribukota berada di Tbilisi ini dikenal juga pernah berkonflik dengan Rusia.

 

Ukraina

15 Negara Pecahan Uni Soviet 17

Ukraina merupakan negara pecahan Uni Soviet yang terletak di Eropa Timur yang mayoritasnya dihuni oleh etnis Ukraina. Ibukota sekaligus kota terbesar Ukraina adalah Kyiv.

Hingga kini Ukraina masih tenggelam dalam konflik berkepanjangan antara pemimpin yang disokong NATO dengan para milisi pro-Kremlin.

15 Negara Pecahan Uni Soviet 18


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments