5 Fakta Menarik Indonesia Sebagai Negara ASEAN


Asia, tepatnya Asia Tenggara memiliki banyak hal menarik dan keunikan untuk digali secara mendalam. Bagaimana tidak, sejumlah persamaan dan perbedaan mampu menyatukan bagian negara negara di benua ini. Keberagaman yang dimiliki menjadikan satu kesatuan lebih terjalin dan dirasakan oleh beberapa negara serumpun tersebut. 

Asia Tenggara, untuk mempertahankan keutuhan negaranya. Telah membentuk satu wadah yang terhimpun atas 10 negara bernama ASEAN, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Myanmar, Laos, Vietnam, Kamboja, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina. ASEAN atau Association of Souheast Asian Nations merupakan satu gerakan organisasi politik yang dibentuk oleh negara negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. 

Negara ASEAN sendiri berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di negara Thailand, tepatnya di kota Bangkok. Pembentukan negara ASEAN bertujuan meningkatkan perekonomian, pengembangan kebudayaan, peningkatan mutu pendidikan, serta menjaga stabilitas keamanan dan juga pertahanan negara negara ASEAN. 

 

Baca juga  Intip Kejayaan Indonesia di Masa Lalu dari Tempat-tempat Wisata Sejarah Berikut Ini

Indonesia Sebagai Negara Utama ASEAN

Sejak pembentukan negara ASEAN, yakni tahun 1967. Hanya terdapat 5 negara yang mau ikut bergabung menjadi bagian dari anggota ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, ASEAN sendiri disebut sebagai Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (PERBARA). 

Indonesia, sebagai salah satu anggota ASEAN yang ikut berpartisipasi sejak pembentukan ASEAN. Memiliki banyak hal sekali tentang negara pertiwi yang patut kita gali. Lantas, apa sajakah hal tersebut? Berikut telah disajikan beberapa fakta menarik tentang Indonesia sebagai anggota ASEAN:

Negara Dengan Pulau Terbanyak 

Tidak dapat dipungkiri, bahwa keindahan tanah pertiwi dilhat dari kepulauannya. Memiliki jumlah pulau yang tidak sedikit, yakni mencapai 17. 504 dan sekitar 9.634 lainnya belum diberi nama. Bahkan diperkirakan sebanyak 6 ribu pulau belum berpenghuni dan dijamah sama sekali oleh penduduk Indonesia. 

Jika dibandingkan dengan anggota ASEAN lainnya, Indonesia adalah satu satunya negara dengan pulau terbanyak dan terluas se Asia Tenggara. 

 

Baca juga  5 Kisah Sejarah Penakluk Paling Ambisius di Muka Bumi!

Negara Dengan Hutan Terbanyak 

Sebagai salah satu negara ASEAN, Indonesia bukan hanya mempunyai pulau terbanyak. Faktanya, tanah pertiwi yang kerap disebut sebagai negara maritime juga terkenal sebagai penghasil hutan terbanyak di seluruh kawasan Asia. Catatan terakhir diperkirakan ada sejumlah hutan dengan luas mencapai hingga 34.549.447 hektar antara pulau Sumatera dan Kalimantan. Sebagai negara yang tidak terlalu besar, ini bukanlah angka kecil untuk membuat kemajuan besar. 

 

Negara Dengan Fauna Terlangka 

Terdapat fauna terlangka di Asia, bahkan se dunia tapi Indonesia memilikinya. Yakni komodo yang hidup di pulau Komodo, NTT. Fauna fosil dan peninggalan zaman purba satu ini telah membawa Indonesia sebagai negara dengan fakta menarik. Saat ini, komodo sendiri telah dimasukkan ke dalam daftar tujuh warisan dunia yang mesti dijaga, dipelihara, dilestarikan, dan dilarang perburuannya. 

 

Negara Gunung Api 

Asia sendiri memang terkenal sebagai benua dengan sejumlah bencana alam, tidak terkecuali gunung api. Termasuk Indonesia di dalamnya, yang terdapat setidaknya 400 gunung berapi dan sekitar 130 masih tergolong aktif. Maka, sangat tidak heran tanah air sepanjang tahun dapat terjadi peletusan gunung berapi. 

Indonesia, sebagai negara bertemunya 2 jalur gunung api aktif, sehingga menjadikan negara ini sebagai salah satu negara gunung api. Hingga negeri tercinta pun dijuluki sebagai ring of fire, yang disebabkan oleh sejumlah patahan di lempeng Indonesia.

 

Baca juga  5 Tontonan Anime yang Dibuat Berdasarkan Kisah Nyata

Negara Merdeka Pertama Pasca Perang Dunia II

Setelah perang dunia II antara blok barat dan blok timur berakhir, Indonesia merupakan satu satunya negara yang dapat memproklamirkan kemerdekaan ke hadapan negara negara lain. Sampai saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke 70 sebagai negara tertua di dunia. 

Nah, itulah tadi 5 fakta menarik tentang Indonesia sebagai salah satu negara ASEAN. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda mengenai tanah kelahiran.   


Malik Ardo

Legend