Sejarah   

5 Kisah Sejarah Penakluk Paling Ambisius di Muka Bumi!


5 Kisah Sejarah Penakluk Paling Ambisius di Muka Bumi! 1

Apakah kamu suka membaca sejarah? Peperangan dan penaklukan merupakan coretan tinta sejarah yang sempat mewarnai masa lalu. Banyak era telah berlalu dan kesemuannya meninggalkan sejarah tak terlupakan. Salah satunya datang dari para penakluk dengan kiprah ambisiusnya.

Telah ada banyak penakluk yang mampu menundukan banyak wilayah, negara, kekaisaran, dan bahkan benua. Tekad, kekuatan, dan ambisi menjadi dorongan kuat bagi para penakluk tersebut untuk melangkah maju. Sebagaian dari mereka bahkan tak segan untuk menghalalkan segala cara demi memenuhi ambisinya tersebut. Berikut ini adalah kisah 5 penakluk terbesar di dunia yang harus kamu ketahui agar tak lupa akan sejarah.

Attila the Hun (1,450,000 Mil Persegi)

5 Kisah Sejarah Penakluk Paling Ambisius di Muka Bumi! 3

Attila The Hun, atau lebih dikenal dengan “Scourge of God” merupakan seorang penakluk yang terlahir dari dataran Hungaria.  Julukan The Scourge of God disematkan karena ia mampu mengalahkan kekaisaran Romawi yang terkenal sangat kuat dan ambisius.

Kekuasaannya dimulai pada tahun 434 hingga 453, selama masa kepemimpinannya, bangsa Hun telah menguasai banyak dataran masif, membentang dari Jerman, Rusia, Polandia, hingga ke timur Eropa berhasil ia taklukan. Dalam kisah penaklukannya, Attila memang tak dapat menundukan Persia dan Konstantinopel, namun ia berhasil mengalahkan salah satu kekaisaran terkuat di muka bumi, yakni Romawi.

Baca juga  Nostalgia, 5 Klub Era Galatama yang Sempat Populer di Masa Lalu

Cyrus The Great (2,090,000 Mil Persegi)

5 Kisah Sejarah Penakluk Paling Ambisius di Muka Bumi! 4

Cyrus The Great bisa dibilang merupakan pendiri kerajaan Persia. Kisahnya bermula pada tahun 559 sebelum masehi dimana ia memulai pemberontakan di kekaisaran Medes. Pemberontakannya tersebut berhasil membebaskan bangsa Persia yang berada di Median. Setelah berhasil menyatukan bangsa Persia, ia berhasil membuat pasukan militer yang sangat besar.

Penaklukannya berhasil membentang sepanjang timur tengah, Afrika utara, hingga Yunani. Kekuasaannya terhenti pada tahun 530 karena kematiannya. Namun meskipun telah tiada, kerajaan Persia tetap mampu berdiri kuat berkat infrastruktur politik yang berhasil dibangun oleh Cyrus.

Tamerlane (2,145,000 Mil Persegi)

5 Kisah Sejarah Penakluk Paling Ambisius di Muka Bumi! 5

Tarmashirin Khan atau lebih dikenal sebagai “Tamerlane” merupakan penakluk yang mendirikan dinasti Timurid. Tokoh yang dijuluki sebagai “The sword of Islam” ini menjadi penakluk terbesar dari Uzbekistan. Sayangnya dibanding lebih dikenal sebagai tokoh agama, Tamarlane justru lebih dikenal sebagai penakluk yang ambisius. Karena semasa penaklukannya ia menyebabkan 17 juta kematian, atau setara dengan 5% penuduk dunia pada saat itu.

Baca juga  5 Tempat Angker di Dunia Yang Cocok Untuk Rayakan Halloween

Kehebatan Tamerlane telah diakui oleh banyak bangsa, ia juga memiliki pasukan militer multikultur yang sangat masif jumlahnya, kesemuannya terdiri dari bangsa Asia, Afrika, dan Eropa. Tamerlane berkuasa selama 35 tahun (1370-1405) dan selama kekuasaannya tersebut ia berhasil menaklukan wilayah sebesar 2,145,000 mil persegi.

Alexander The Great (2,180,000 Mil Persegi)

5 Kisah Sejarah Penakluk Paling Ambisius di Muka Bumi! 6

Bisa dibilang bahwa Alexander The Great merupakan penakluk paling cerdas di dunia. Ia naik tahta di kerajaan Macedonia di usiannya yang masih 20 tahun. Setelah belajar dari sang filsuf Aristotle, Alexander mampu melesat sebagai penakluk yang hebat. Tiap pertempuran yang ia hadapi selalu berhasil dimenangkannya bahkan melawan bangsa Persia yang sedang berjaya di masa tersebut. Selama kepemimpinannya, ia tak pernah sekalipun kalah dalam perang.

Bisa dibilang hanya penyakitlah yang bisa mengalahkan Alexander The Great. Setelah 12 tahun masa pemerintahan dan penaklukannya, Alexander meninggal pada usia mudanya yang baru menginjak 32 tahun. Selain memberikan kejayaan bagi bangsa Yunani, ia juga meninggalkan warisan pengetahuan dan filosofi kuat yang mengubah wajah dunia dan tetap tertanam hingga zaman sekarang.

Baca juga  10 Festival - Festival Paling Unik dan Menarik di Dunia

Genghis Khan (4,860,000 Mil Persegi)

5 Kisah Sejarah Penakluk Paling Ambisius di Muka Bumi! 7

Siapa yang tidak mengenal Genghis Khan? Kisahnya sudah kerap kali muncul pada literasi, buku, dan bahkan film. Pria yang terlahir dengan nama “Temujin” ini bisa dibilang merupakan manusia paling ambisius di muka bumi. Ia merupakan penakluk dari Mongolia dengan daerah kekuasaan terluas sepanjang sejarah, yakni sepanjang 4,860,000 mil, atau lebih besar dua kali lipat dibanding Alexander The Great maupun Tamerlane.

Tak hanya Asia saja, Genghis Khan juga mampu menguasai bagian besar dari Eropa, seperti Rusia danTurki. Kekuasaannya yang ambisius tersebut berlangsung pada tahun 1206 hingga 1227. Selama 21 tahun tersebut, Genghis Khan telah merenggut 40 juta jiwa dalam penaklukannya, menjadikan ia seorang penakluk paling kejam didunia.

Itulah kisah kelima penakluk paling ambisius di dunia. Kisah mereka mungkin telah bermula pada ratusan hingga ribuan tahun lalu, namun kisah mereka selamanya akan tetap terkenang melalui coretan tinta sejarah yang tak bisa dihapus.

5 Kisah Sejarah Penakluk Paling Ambisius di Muka Bumi! 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Jonathan Poernama

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments