7 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukotanya

Akankah Indonesia benar-benar menyusul? 3 menit


45
45 upvote
7 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukotanya 1

Pemindahan Ibukota dari Jakarta ke Kutai Kertanegara – Penajam Paser Utara di Pulau Kalimantan memang sudah hampir pasti dilakukan. Pemerintah sudah membuat grand design serta memulai membangun infrastruktur di ibukota yang baru tersebut.

Walau baru pada 2019 lalu Pemerintah melalui Presiden Jokowi memastikan keputusan memindah ibukota tersebut, polemik mengenai hal ini sudah berlangsung sangat lama.

Jakarta dinilai sudah tak mampu lagi menahan beban berat sebagai pusat pemerintahan Indonesia. Hal ini terkait dengan bidang sumber daya alam, lingkungan, kemacetan dan ruwetnya tata kota.

Sebenarnya sebelum Indonesia, sudah ada beberapa negara lain yang juga melakukan keputusan yang sama. Berikut adalah beberapa negara yang memindahkan ibukota dengan berbagai alasan.

Amerika Serikat

7 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukotanya 3

Siapa sangka ternyata dalam sejarahnya yang berliku dan cukup panjang, negeri Paman Sam itu juga pernah memindahkan ibukotanya.

Jadi awalnya ibukota dan pusat pemerintahan Amerika Serikat berada di kota New York. Cukup lama kota itu menjadi pusat pemerintahan sekaligus bisnis Amerika Serikat namun pada tahun 1800, ibukota Amerika Serikat pindah ke Washington DC.

Baca juga  Mengenal India Lebih Dekat (Bagian Pertama)

Pemindahan ini bertujuan untuk memisahkan pusat bisnis, hiburan dan ekonomi yang dipertahankan di New York dengan pusat pemerintahan yang kemudian dipindah ke Washington DC.

Terletak di kota Georgetown dan tepi sungai Patomac, Washington dinilai sangat representatif untuk menjadi tempat tinggal Presiden Amerika Serikat dan pejabat tinggi lainnya.

 

Pakistan

7 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukotanya 4

7 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukotanya 5

Pakistan juga pernah memindah ibukotanya. Sebelum Islamabad, ternyata negeri sempalan India tersebut pernah beribukota di Karachi.

Pemindahan dilakukan karena Karachi dinilai sudah tidak layak menjadi pusat kegiatan dan bisnis Pakistan. Akhirnya terpilihlah Islamabad yang memiliki luas lahan 65 kilometer persegi.

 

Brazil

7 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukotanya 6

Kepadatan penduduk, kriminalitas dan  kemiskinan membuat pemerintah Brazil akhirnya mengambil langkah fundamental, memindah ibukota dari Rio De Jenairo ke sebuah kota baru yang kini dikenal dengan nama Brasília.

Baca juga  20 Fakta Pembantaian Boston yang Selalu Dikenang Setiap Tahun

Pemindahan itu terjadi pada tahun 1960 dan memakan biaya yang sangat besar untuk ukuran negara berkembang seperti Brazil.

Walau begitu nampaknya kriminalitas dan kesenjangan sosial masih saja menghantui ibukota baru Brazil, yakni Brasília.

 

Finlandia

7 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukotanya 7

Tidak banyak yang tahu bahwa Finlandia juga pernah memindahkan ibukotanya. Perpindahan itu terjadi karena urusan politik, yakni ketakutan raja Finlandia waktu itu akan serangan Kerajaan Swedia. Maka ia memindahkan ibukota dari Turku ke Helsinki.

 

Kazakhstan

7 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukotanya 8

Kazakhstan juga pernah memindah ibukota dari Alma Alta ke Astana. Sejak tahun 1997, Astana menjadi pusat pemerintahan negeri pecahan Uni Soviet itu.

Astana dibangun dengan sangat serius dan berhasil menampilkan wajah modern dari Kazakhstan. Walau begitu Alma Alta masih menjadi kota terbesar di negeri itu dengan jumlah penduduk mencapai 1.2 juta.

 

India 

7 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukotanya 9

India juga punya masalah pelik seputar keruwetan birokrasi, kriminalitas, kebersihan dan kependudukan. Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar nomor dua di dunia, India nampaknya harus berjuang keras mengatasi masalah-masalah itu.

Baca juga  Nostalgia, 5 Klub Era Galatama yang Sempat Populer di Masa Lalu

Salah satu upaya yang pernah dilakukan adalah memindahkan ibukota dari Kalkuta di India Selatan, ke New Delhi di India Utara pada tahun 1912.

Jepang

7 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukotanya 10

Jika membicarakan mengenai Jepang, maka rasanya akan sedikit rumit. Ini mengingat sistem politik dan birokrasi di Jepang berbeda dengan negara lain. Terlebih walau sudah mengadopsi sistem politik modern, Jepang nyatanya adalah sebuah kekaisaran.

Secara umum ibukota Jepang adalah Tokyo. Namun pada dasarnya Jepang memiliki definisi yang berbeda mengenai ibukota.

Bagi Jepang, ibukota adalah tempat dimana Kaisar tinggal. Masalahnya sebelum di Tokyo, kaisar Jepang di masa lalu juga tinggal di Kyoto. Kota ini bahkan sangat makmur dan memiliki peran dominan di masa lalu.

Namun sejak pertengahan abad 18, akhirnya kaisar Jepang beserta para pembesar kerajaan memutuskan untuk tinggal di Tokyo hingga hari ini. Jadilah Tokyo sebagai ibukota baru Jepang menggantikan Kyoto.

 


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

45
45 upvote
Guritno Adi Siswoko

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.