Sejarah   

Memperingati Hari Museum Indonesia, Inilah 5 Museum Unik Yang Wajib di Kunjungi


Memperingati Hari Museum Indonesia, Inilah 5 Museum Unik Yang Wajib di Kunjungi 1

Hari Museum Indonesia akan diperingati pada tanggal 12 Oktober 2019 mendatang. Hal ini akan menjadi hari yang penting untuk terus mendorong eksistensi museum di tengah masyarakat indonesia, khususnya generasi anak muda saat ini. Untuk memeriahkan hari museum indonesia, puncak peringatan Hari Museum Indonesia 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 7 sampai 13 Oktober di Taman Fatahillah, yang melibatkan beberapa museum – museum di sekitar kawasan tersebut.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, dan juga didukung oleh berbagai museum di Indonesia, khususnya di Jakarta seperti dilansir dari Suara.com.

Selain memperingati hari museum indonesia, sebenarnya Indonesia memiliki beragam museum yang bersejarah dan unik untuk dikunjungi. Penasaran museum apa saja ? yuk simak berikut ini 5 museum unik yang wajib dikunjungi.

1. Museum Geologi – Bandung

Memperingati Hari Museum Indonesia, Inilah 5 Museum Unik Yang Wajib di Kunjungi 3

Belum pernah dan ingin melihat sejarah serta fosil mahluk hidup purbakala ? museum ini menyediakan informasi mengenai mahluk hidup purbakala serta fosil – fosilnya pada jaman dulu kala. Beberapa fosil makhluk hidup purbakala seperti fosil dinosaurus dan mammoth berukuran cukup besar yang ditemukan jutaan tahun lalu. Selain itu, museum ini juga menyimpan beragam hasil penelitian geologi sejak tahun 1850. Hasil penelitian tersebut berupa berbagai sumber daya mineral dan batuan yang dimiliki Indonesia, serta informasi mengenai berbagai jenis bahaya geologi seperti tanah longsor sampai letusan gunung api.

Baca juga  Empat Jari Buya Hamka

2. Museum Ullen Sentalu – Yogyakarta

Memperingati Hari Museum Indonesia, Inilah 5 Museum Unik Yang Wajib di Kunjungi 4

Museum Ullen Sentalu yang berlokasi di kawasan Pakem, Kaliurang, Yogyakarta ini telah menjadi destinasi wajib yang patut dikunjungi. Museum ini menawarkan informasi untuk kita mengenai peradaban seni dan budaya Jawa yang terdiri dari empat keraton pecahan dari Kerajaan Mataram di Yogyakarta dan Solo. Empat keraton itu yaitu Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman. Pengunjung juga dapat melihat banyak lukisan dan foto bangsawan pada jaman tersebut.

Baca juga  Pentingnya Sejarah Kemerdekaan Indonesia Bagi Pembentukan Karakter Anak

3. Museum Taman Prasasti – Jakarta

Memperingati Hari Museum Indonesia, Inilah 5 Museum Unik Yang Wajib di Kunjungi 5

Museum Taman Prasasti ini awalnya merupakan tempat pemakaman yang dibangun pemerintah kolonial Belanda untuk warganya pada tahun 1795. Dan saat ini, banyak wisatawan yang datang untuk melihat batu nisan yang dihiasi dengan berbagai patung dari abad 18 dan 19. Selain batu nisan kuno, ada juga beberapa kereta jenazah antik yang terpajang di museum tersebut. Museum ini juga mengenalkan beberapa nama dari tokoh terkenal yang dimakamkan di museum ini seperti Olivie Mariamne Raffles, istri pertama Thomas Stamford Raffles serta makam Soe Hok Gie, salah satu aktivis 1966 yang terkenal dengan perjuangannya yang gigih.

4. Museum Siwalima – Ambon

Memperingati Hari Museum Indonesia, Inilah 5 Museum Unik Yang Wajib di Kunjungi 6

Museum Siwalima ini dibangun pada masa penjajahan yang berada di atas bukit dan menghadap ke Teluk Ambon yang memiliki pemandangan yang begitu memukau dan menjadi destinasi tempat wisata terkenal di kota ini. Berlokasi di Kawasan Taman Makmur, Desa Amahusu, Nusaniwe, Ambon, museum ini mengenalkan kita berbagai macam informasi penting mengenai kekayaan alam dan budaya Maluku yang mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat, seperti baju adat, senjata khas, dan berbagai upacara adat Maluku yang masih tersimpan dan terawat di museum ini.

Baca juga  Wajah Fauna Nusantara Abad Silam Versi Wallace

5. Museum Blanco Renaissance – Bali

Memperingati Hari Museum Indonesia, Inilah 5 Museum Unik Yang Wajib di Kunjungi 7

Melihat banyak karya dari Antonio Blanco yaitu pelukis keturunan Spanyol, museum ini bisa menjadi salah satu tujuan kamu saat kamu berkunjung ke Ubud, Bali. Ada berbagai macam lukisan dari Blanco yang begitu memukau, seperti lukisan bergambar tubuh perempuan yang ia tampilkan sebagai objek khasnya, lalu kolase lukisan pada era 60an. Selain karya dari Blanco, kamu juga dapat melihat deretan karya lukisan dari anak Blanco itu sendiri.

Itulah ke – 5 museum unik, bersejarah yang wajib kamu kunjungi. Selain dapat memperoleh informasi mengenai sejarah – sejarah pada jaman dulu kala, kita juga sekaligus memperingati hari museum indonesia yang sudah memberikan banyak kenangan dan sejarah yang tidak pernah terlupakan. Semoga bermanfaat !

Memperingati Hari Museum Indonesia, Inilah 5 Museum Unik Yang Wajib di Kunjungi 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments