Sejarah   

Selain Indonesia, 8 Negara yang Merayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus


Selain Indonesia, 8 Negara yang Merayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus 1

Bulan Agustus tentu saja adalah bulan yang memiliki arti penting bagi seluruh rakyat Indonesia di manapun berada. Mengapa demikian? Karena di bulan itulah, kita merayakan deklarasi kemerdekaan dan mengakhiri status sebagai negara jajahan.

Bagi semua bangsa yang pernah dijajah, kemerdekaan berarti adalah puncak dari buah perjuangan yang tentu saja tidak mudah untuk diraih. Sering para penjajah enggan untuk meninggalkan daerah koloninya karena sudah terlampau nyaman menghisap sumber daya alam serta memperbudak rakyatnya.

Ternyata selain sakral bagi bangsa Indonesia, bulan Agustus juga memiliki makna istimewa bagi 8 negara berikut ini. Kenapa bisa? Karena negara-negara ini juga sama-sama berhasil mendapatkan kemerdekaan di bulan Agustus.

Penasaran negara mana saja yang merdeka di bulan Agustus selain Indonesia? Simak pembahasan berikut ini.

Niger, 3 Agustus 1960

Negara pertama yang paling awal merayakan kemerdekaan di bulan Agustus ini adalah Niger. Negeri di belahan benua Afrika tersebut merayakan kemerdekaannya setiap tanggal 3 Agustus.

Untuk diketahui, Niger berbeda dengan Nigeria, meski keduanya memang bertetangga. Niger berbatasan dengan Nigeria, Benin, Mali, Aljazair, Libya dan Chad. Ibukotanya adalah Niamey.

Niger merayakan kemerdekaan dari penjajahan bangsa Perancis sejak tahun 1960. Meski demikian, kondisi negeri itu tidak begitu stabil. Pemberontakan militer dan kekacauan sipil membuat ekonomi negeri yang benderanya mirip India tersebut masih cukup memprihatinkan.

 

Bolivia, 6 Agustus 1825

Bolivia merupakan nama sebuah negara tua yang terletak di benua Amerika bagian selatan. Ibukotanya bernama Sucre. Negeri ini cukup terkenal karena presidennya, Evo Morales merupakan salah satu pemimpin beraliran sosialis yang gemar berkonfrontasi dengan Amerika Serikat.

Bolivia merayakan kemerdekaan dari penjajahan Spanyol pada tahun 1825. Perjuangan tak kenal lelah dari rakyat yang Bolivia akhirnya berhasil menyudahi pendudukan Spanyol yang memang dahulu begitu berkuasa di seantero Amerika Latin.

Baca juga  7 Rekomendasi Film Indonesia yang Tayang di Netflix

Pemimpin kharismatik dari Bolivia pada saat revolusi kemerdekaan melawan hegemoni Spanyol adalah Simon Bolivar. Begitu besar jasanya hingga kemudian namanya diabadikan menjadi nama negara. Benar, secara etimonologis, Bolivia diambil dari nama sang pemimpin hebat itu, Simon Bolivar.

 

Jamaika, 6 Agustus 1962

Pada tanggal 6 Agustus 1962, Jamaikan mendapatkan kemerdekaannya setelah sekian lama hidup dalam koloni Inggris Raya. Perjuangan negeri yang terkenal dengan musik Jamaican Reggae itu cukup berat mengingat Inggris adalah salah satu negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia.

Jamaika sendiri terletak di gugusan kepulauan Karibia yang berada di kawasan Amerika Tengah. Negeri ini berbatasan dengan negara-negara Karibia lainnya, seperti Kuba, Haiti, Nikaragua, Panama, Honduras, Dominika dan Kosta Rika. Ibukotanya bernama Kingston.

Sama seperti negeri-negeri Amerika lainnya, orang asli Jamaika, yakni suku Tanio dan Arawak mengalami penindasan yang di luar batas. Orang-orang Eropa nampaknya begitu sombongnya hingga merasa berhak menghabisi bangsa-bangsa pribumi yang sudah lebih dahulu mendiami negeri-negeri yang mereka jajah.

Awalnya Spanyol yang mengendalikan Jamaika. Lalu estafet penjajahan dilanjutkan oleh Inggris yang sebenarnya juga sama kejamnya. Negeri ini juga menjadi lahan perbudakan yang dialami para budak kulit hitam yang didatangkan dari Afrika.

Kemerdekaan Jamaika adalah hasil perjuangan yang cukup berat. Nama pemimpin legendaris mereka adalah Marcus Garvey, yang begitu sangat dihormati oleh bangsa Jamaika.

 

Singapura, 9 Agustus 1965

Selain Indonesia, 8 Negara yang Merayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus 3

Negara yang juga merayakan ulang tahun kemerdekaannya di bulan Agustus adalah Singapura, tetangga Indonesia. Negeri ini memang mungil tetapi merupakan salah satu kekuatan ekonomi Asia paling stabil.

Berbeda dengan Indonesia yang merayakan 17 Agustus sebagai penanda deklarasi kemerdekaan dari jajahan Jepang maupun Belanda, Singapura merayakan hari besarnya pada tanggal 9 Agustus sebagai penanda berpisahnya negeri berlambang merlion tersebut dari Federasi Malaysia.

Baca juga  Nostalgia, 5 Klub Era Galatama yang Sempat Populer di Masa Lalu

Pada awalnya para pemimpin Singapura merasa ketakutan dan pesimis pada negeri yang hanya seluas 722 kilometer persegi itu. Akankah Singapura bisa hidup mandiri paska ‘dipecat’ dari Malaysia. Ternyata berkat kerja keras, ketekunan dan tangan besi Lee Kuan Yew, Singapura maju pesat.

Hingga hari ini keluarga, kerabat dan keturunan Lee begitu dihormati orang Singapura. Perlu diketahui juga, Singapura terdiri dari banyak etnik. Tiga yang terbesar adalah Cina-Singapura, India dan Melayu.

 

India, 15 Agustus 1947

Selain Indonesia, 8 Negara yang Merayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus 4
guritnoadi.com

Salah satu sahabat dekat Indonesia ternyata juga merdeka di bulan yang sama dengan deklarasi kemerdekaan kita. Siapa lagi kalau bukan India, yang ternyata merdeka pada 15 Agustus 1947.

Negeri dengan wilayah maha luas dan penduduk melimpah itu akhirnya berhasil merdeka dari penjajahan Inggris Raya yang sangat panjang dan melelahkan. Meski sudah merdeka, India masih mengalami banyak sekali rintangan, salah satunya adalah persoalan agama dan budaya.

Agama India sangat beragam. Meski mayoritas penduduk memeluk Hindu, ternyata penganut agama lain juga cukup besar jumlahnya. India adalah rumah bagi agama Islam, Kristen, Sikh, Jain, Buddha dan bahkan Zoroaster.

Setelah mengalami konflik yang panjang dan melelahkan, akhirnya wilayah India yang didominasi umat Muslim memilih berpisah lalu mendirikan negara baru bernama Pakistan. Akhirnya Pakistan sendiri juga terpecah menjadi Pakistan dan Bangladesh.

Meski memiliki banyak masalah pelik, India nyatanya mampu bangkit menjadi salah satu kekuatan baru di Asia. Negeri yang beribukota di New Delhi ini juga merupakan satu dari sekian negara yang memiliki senjata nuklir. Sungguh menakutkan.

 

Korea Selatan, 15 Agustus 1945

Jadi, dua hari sebelum Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, sebuah negara baru lahir. Ya, negara di kawasan Asia Timur ini muncul setelah Jepang dihancurkan oleh Amerika Serikat dan sekutunya. Negeri itu adalah Korea Selatan.

Baca juga  Jejak Pers Bung Karno

Beribukota di Seol, Korea Selatan merdeka pada tanggal 15 Agustus 1945. Negara itu berhasil lepas dari cengkeraman Jepang yang sangat begis bin keji. Meski sudah merdeka, kebencian terhadap bangsa Jepang masih cukup besar, khususnya ketika awal-awal kemerdekaan.

Pasalnya Jepang memang bertindak di luar batas kemanusiaan. Banyak wanita Korea Selatan yang dijadikan pelacur untuk memuaskan nafsu para tentara Dai Nippon. Tidak hanya Korea Selatan, perempuan asal Vietnam, Indonesia, Cina dan Filipina juga banyak yang jadi korban.

 

Gabon, 17 Agustus 1960

Ternyata pada tanggal 17 Agustus ada dua bangsa yang bergembira dan bersukacita merayakan kemerdekaan. Keduanya adalah Indonesia dan Gabon. Memang negeri ini jarang dikenal, padahal negara itu punya tanggal kemerdekaan yang sama dengan bangsa Indonesia.

Gabon adalah nama sebuah negara merdeka dan berdaulat yang terletak di Afrika. Negeri ini berhasil merebut kemerdekaannya dari penjajahan bangsa Eropa, khususnya Perancis pada tanggal 17 Agustus 1960.

 

Malaysia, 31 Agustus 1957

Selain Indonesia, 8 Negara yang Merayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus 5

Benci tapi cinta, itulah mungkin yang cocok mewakili hubungan antar dua bangsa bertetangga dan bahkan masih satu rumpun : Indonesia dan Malaysia. Hampir setiap saat ada saja isu yang membuat keduanya saling bersitegang.

Beberapa isu regional yang sempat membuat kedua negara memanas adalah masalah klasik seputar kebakaran hutan, pembalakan liar, pergeseran tapal batas, tenaga kerja ilegal, terorisme, klaim budaya, hingga perebutan gugusan pulau Sipadan dan Ligitan.

Di kancah sepakbola, pertemuan dua negara juga selalu memanas. Tidak hanya sepakbola, bahkan dalam bulu tangkis dan pencak silat, dimana keduanya juga sangat mendominasi, pasti pertemuan antar atlet akan berlangsung seru.

Malaysia sendiri baru merdeka pada tahun 1957, 12 tahun lebih lama dari Indonesia. Berbeda dengan Indonesia yang lama dijajah Belanda, Malaysia merupakan wilayah jajahan Inggris.

Selain Indonesia, 8 Negara yang Merayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus 6

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.