Sosial   

Peran Guru dalam Belajar


Peran Guru dalam Belajar 1

Profesi guru sering dianggap remeh. Ketika jumlah mata pelajaran banyak, guru disalahkan. Anak tidak memahami materi, guru disalahkan. Mungkin memang ada guru yang tidak mengajar dengan serius, yang berkata kasar kepada murid, dan yang memiliki kriteria cukup tinggi dalam nilai. Tetapi tidak semua kesalahan dalam pembelajaran disebabkan guru, bisa saja yang salah adalah murid atau lingkungan belajar yang tidak mendukung. Peran guru dalam belajar sangat penting. Guru bukan hanya pemberi materi belajar, guru juga memberi evaluasi, mendidik, dan mengarahkan murid.

Peran Guru dalam Belajar 3

Saat pandemi sekolah diliburkan. Sistem pembelajaran juga berubah. Tidak ada sistem belajar tatap muka, yang ada adalah sistem pembelajaran jarak jauh. Sistem pembelajaran jarak jauh sangat bergantung dengan internet dan elektronik.  Banyak kekurangan dalam sistem pembelajaran jarak jauh, salah satunya anak menjadi sulit memahami materi pelajaran.

Baca juga  7 Ilustrasi Kontroversial Yang Menyinggung Kehidupan Saat Ini

Peran Guru dalam Belajar 4

Tidak semua orang bisa menggunakan elektronik dengan baik ditambah jaringan internet yang belum stabil di beberapa daerah, tentu kekurangan itu dapat mempengaruhi proses belajar. Ketika anak tidak dapat memahami materi yang diajarkan guru, bantuan dari orang lain atau sikap aktif bertanya dari anak sangat dibutuhkan.

Peran keluarga sangat penting dalam sistem belajar saat ini, keluarga harus membantu seorang anak memahami materi. Tetapi kenyataannya tidak semua orangtua mampu membantu anaknya dengan baik. Ada orangtua yang sibuk dengan pekerjaan mereka sendiri, sehingga tidak ada waktu untuk membantu anaknya. Ada juga orangtua yang tidak sabar dalam membimbing anak belajar, seperti yang terjadi di Banten pada 26 Agustus 2020. Seorang anak meninggal dibunuh ibunya, hanya karena anak tersebut tidak dapat memahami materi pelajaran.

Baca juga  Pengaruh Covid 19 Pada Sektor Pendidikan

Dari sistem pembelajaran saat ini, kita bisa tahu bahwa peran guru penting dalam proses belajar. Meskipun, pada zaman sekarang untuk mendapatkan ilmu bukan hanya dari buku dan mendengarkan penjelasan guru, tetapi bisa dari internet. Pemahaman terhadap suatu teori akan sangat terbantu jika ada yang menjelaskan dan mempraktikkan teori tersebut.

Baca juga  Melihat Sejenak Prinsip Budaya Jepang

Peran Guru dalam Belajar 5

Di kelas guru bukan hanya mengarahkan, membimbing, dan mendidik murid tentang pelajaran. Guru juga mengajarkan murid tentang akhlak dan kecerdasan emosional. Tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, guru adalah profesi yang mulia. Sudah seharusnya kita menghormati dan menghargai guru. Karena jasa guru, murid bisa mendapatkan ilmu, bisa memahami suatu teori, dan bisa mencapai cita-cita yang mereka impikan.

Peran Guru dalam Belajar 6


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Naila Zahra M

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments