Teknologi   

4 Aplikasi & Software yang Akan Membantumu Sukses WFH


4 Aplikasi & Software yang Akan Membantumu Sukses WFH 1

Dampak dari epidemik virus Corona memang luar biasa. Banyak hal yang harus diubah demi bisa tetap survive. Salah satunya adalah penggunaan teknologi yang kian masif di dalam kehidupan.

Di dunia kerja, pendidikan, marketing, dan bahkan hiburan, teknologi semakin dibutuhan. Orang kini benar-benar bergantung dengan software, tools, program, ataupun piranti elektronik agar bisa melanjutkan hidupnya dengan baik di tengah ketidakpastian seperti ini.

Salah satu fenomena yang sekarang sedang marak adalah work from home alias kerja dari rumah. Sebuah hal yang lumrah di kalangan industri papan atas maupun menengah.

Para petinggi perusahaan memberikan opsi dan bahkan keharusan bagi karyawan untuk tetap stay at home alias tetap di rumah, namun masih mampu memberikan kontribusi bagi perusahaan.

Dalam beberapa bulan terakhir WFH semakin marak dan bahkan beberapa perusahaan besar mulai ancang-ancang menjadikan strategi ini sebagai model utama baru.

Baca juga  Bisa Karaoke Bersama Teman Menggunakan Aplikasi Zoom, Begini Caranya

Tentu jika Anda melakukan WFH, haruslah tetap terkoneksi dengan pekerjaan Anda. Ada beberapa software, program dan tools yang akan membantu Anda dalam menjalankan WFH dengan baik.

 

Zoom

4 Aplikasi & Software yang Akan Membantumu Sukses WFH 3

Tidak dapat dipungkiri, Zoom merupakan sebuah aplikasi paling populer ketika serangan COVID 19 menghantam dunia. Tidak hanya di dunia kerja, di pemerintahan dan bahkan ranah pendidikan, Zoom sangat besar peranannya bagi kelanjutan aktivitas dan pekerjaan.

Zoom sendiri merupakan sebuah aplikasi yang bisa dijalankan dari PC, laptop maupun smartphone dan memungkinkan dua atau lebih orang melakukan rapat virtual tanpa harus bertatap muka tentunya.

Zoom menjadi solusi di masa di mana pemerintah menerapkan PSBB, social distancing, ataupun physical distancing.

Mau tidak mau, sebagai karyawan, bos, eksekutif, bahkan guru harus tahu cara menggunakan zoom meeting clouds dengan benar agar semua pekerjaan menjadi efektif walaupun saling berjauhan.

Baca juga  Lagi Internetan Pakai Wifi Gratis Di Cafe? Perhatikan 4 Hal Ini Ya!

 

Google Form

4 Aplikasi & Software yang Akan Membantumu Sukses WFH 4

Google Forma adalah sebuah aplikasi yang memudahkan Anda untuk membuat semacam daftar, resume, catatan, polling ataupun soal-soal. Nantinya, form tersebut akan dikirm melalui email atau berupa tautan.

Google Form sangat efektif menunjang kegiatan WFH dan bahkan jauh lebih bagus daripada teknik konvensional. Hasil dari Google Form akan otomatis tersimpan di Google Drive.

 

Jira

4 Aplikasi & Software yang Akan Membantumu Sukses WFH 5

Belum banyak yang familiar dengan Jira padahal aplikasi yang satu ini cukup baik untuk menunjang kinerja tim.

Jira memungkinkan setiap anggota dari tim untuk melakukan perencanaan, mengetahui sejauh mana kinerja masing-masing, membuat workflow, dan melihat laporan performa anggota tim secara berkelanjutan.

 

SLACK

4 Aplikasi & Software yang Akan Membantumu Sukses WFH 6

Tidak berlebihan apabila banyak orang berpendapat Slack adalah aplikasi komunikasi yang hampir sempurna untuk Work From Home. Apa alasannya? Dengan Slack, maka Anda tak hanya bisa berkomunikasi dengan satu orang saja, tapi berbagai orang sekaligus dalam satu grup. Dengan kata lain, Slack memfasilitasi para penggunanya untuk dapat membuat grup untuk satu divisi, grup satu project atau perusahaan dan saling bertukar pendapat maupun menunjukkan progres.

Baca juga  5 Aplikasi Yang Wajib Ada di Ponselmu Saat Berlibur ke Jepang

Mirip dengan aplikasi perpesan digital, Slack juga memberikan kemudahan untuk melakukan komunikasi baik melalui voice call maupun video call—baik dengan satu orang ataupun grup banyak orang. Hebatnya lagi, Slack sudah bisa bekerja dengan baik alias terintegrasi aplikasi lain seperti Google Drive, Google Calendar, dan masih banyak lainnya.

Memang ada harga ada rupa. Semua fitur tadi baru bisa optimal jika menggunakan mode berbayar, yakni mulai dari $6.67 / bulan. Sebenarnya masih terhitung murah daripada biaya operasional sehari-hari.

4 Aplikasi & Software yang Akan Membantumu Sukses WFH 7

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.