Teknologi   

4 Tank Terkuat yang Pernah Diciptakan Manusia


4 Tank Terkuat yang Pernah Diciptakan Manusia 1

Sebagai spesies yang santuy dan cinta damai, sudah selayaknya kita saling mengasih satu dengan yang lain. Bukan cuma dalam tataran individu, seharusnya di kancah pergaulan antar bangsa, konsep itu harus jadi pegangan.

Tapi apa daya, percaturan politik internasional kerap diwarnai aksi saling baku hantam dengan melibatkan berbagai senjata dan alat perang. Salah satu yang jadi favorit adalah tank.

Tank memiliki keunggulan yang tidak dipunyai alat perang lain, semisal daya rusak, kemampuan tempur jarak jauh, hingga sebagai pembuka serangan.

Lantas dari sekian jenis tank yang ada, mana yang merupakan tank dengan kemampuan paling mengerikan?

Sungguh susah menjawab hal ini, untuk itu alih-alih hanya memberikan satu jenis saja, kami beberkan 4 tank terkuat di dunia yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk main game ataupun ngobrol sama calon mertua yang sama-sama gemar hal-hal berbau militer.

 

K2 Black Panther (Korea Selatan)

4 Tank Terkuat yang Pernah Diciptakan Manusia 3

Punya tetangga yang suka ngambek serta dipimpin psikopat labil membuat Korea Selatan harus waspada 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Apalagi secara legal-formal, Korsel dan Korut hingga hari ini masih berada dalam kondisi berperang.

Baca juga  8 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Patut Kamu Coba

Menanggapi hal ini, negeri seribu boyband tersebut langsung tancap gas melakukan berbagai kebijakan. Pertama tentu saja mengijinkan Amerika Serikat sebagai negara terkuat di alam semesta untuk membuka pangkalan militer. Kedua, dengan melakukan modernisasi alutsista.

Satu alutsista andalah Seoul adalah tank dengan nama Black Panther yang oleh beberapa pengamat disebut sebagai tank terkuat yang pernah diciptakan.

Black Panther adalah sebuah MBT (Main Battle Tank) yang canggih dan siap bertempur hampir di semua kondisi. Mesinnya hasil karya Hyundai dan monster satu ini sudah dilengkapi ERA (Explosive Reactive Armor). Tank ini juga mampu mengunci target hingga 9 km.

Awalnya memang penciptaan Black Panther, khususnya seri K2 merupakan reaksi untuk menandingi T-72 buatan Korea Utara. Namun dalam perkembangan selanjutnya Black Panther justru muncul sebagai salah satu tank terkuat di dunia.

Baca juga  Solusi Ampuh Jika Anda Kena Backlist Google

 

Merkava IV (Israel)

4 Tank Terkuat yang Pernah Diciptakan Manusia 4

Diharuskan selalu dalam kondisi siap perang, Israel menjawabnya dengan membuat serangkaian sistem pertahanan kelas wahid. Salah satu buktinya ada pada diri Merkava IV, salah satu tank terkuat yang pernah dibuat oleh manusia.

Memiliki kelengkapan pertahanan dengan menggunakan sistem deteksi serangan, tank ini dianggap paling modern dan canggih.

Daya jelajahnya juga mantap, yakni mampu berlari sejauh 500 km dengan kecepatan rata-rata adalah 60km/jam.

 

M1A2 Abrams (Amerika Serikat)

4 Tank Terkuat yang Pernah Diciptakan Manusia 5

Tidak heran kenapa AS bisa jadi negara paling perkasa di dunia. Keseriusan dalam membangun angkatan perang berbasis teknologi canggih adalah fokus utama negeri Barrack Obama itu.

Kegemaran AS bukan hanya pada burger dan softball tapi juga mengurusi negara lain. Ini memberi kesempatan bagi angkatan perang AS untuk menguji secara nyata ketangguhan mesin penghancurnya.

Kecanggihan mesin penghancur AS hadir salah satunya lewat M1A2 Abrams yang terus menerus mengalami modifikasi.

Baca juga  5 Alasan Selebriti Korea Selatan Tidak Menggunakan Media Sosial

Ini adalah salah satu favorit AS dalam melakukan operasi militer. Apakah Indonesia mampu menciptakan tank yang setidaknya menyerupai Abrams? Entahlah, mengingat fakta bahwa untuk bisa membuat satu unit saja dibutuhkan dana hingga 53 milyar rupiah.

 

T-14 Armata (Rusia)

4 Tank Terkuat yang Pernah Diciptakan Manusia 6

Sebagai negara terluas di dunia, Rusia wajib punya tank bagus. Terlebih seluruh dunia sudah menganggapnya penerus Uni Soviet yang terkenal dengan tendensi kolektor serta pencipta berbagai senjata mengerikan.

Untuk itulah negeri Vladimir Putin itu menghadirkan T-14 Armata yang sama mengerikannya dengan Black Panther.

Selain punya ERA, tank satu ini juga makin mantap dengan adanya Afghanit Active Protection yang membuatnya menjadi sangat kuat dari berbagai ancaman serangan.

Sedangkan untuk senjata, ia punya senapan sub-kaliber 30 yang jadi andalan untuk menembak jatuh helikopter bahkan pesawat sekalipun.

Walau cukup rumit dan punya banyak kelebihan, hanya dibutuhkan dua prajurit untuk mengoperasikan T-14 Armata.

Itulah keempat tank terkuat di dunia. Mana favorit kalian?

4 Tank Terkuat yang Pernah Diciptakan Manusia 7

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.