Teknologi   

5 Aplikasi Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh


5 Aplikasi Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh 1

Revolusi industri 4.0 berpengaruh besar terhadap berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi meningkatkan inovasi pada aplikasi pembelajaran berbasis digital sehingga dapat diakses kapan saja tanpa dibatasi ruang dan waktu. Apalagi di tengah pandemi seperti ini mengharuskan siswa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan tujuan mengurangi risiko tertular virus Covid-19 sehingga perlu memanfaatkan  fasilitas yang ada di rumah semaksimal mungkin.

Aplikasi belajar online dapat membantu siswa dan guru dalam menunjang kegiatan belajar mengajar secara daring sesuai kurikulum pendidikan dengan efektif dan efisien. Berikut ini kami merekomendasikan aplikasi yang bermanfaat bagi pelajar atau mahasiswa selama melakukan kegiatan pembelajaran belajar secara daring:

Notion

5 Aplikasi Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh 3

Notion merupakan aplikasi serba bisa yang diklaim sebagai all in workspace sehingga dapat membangun sebuah productivity system. Terdapat berbagai fitur menarik seperti, kanban boards, linked databases, templat, kalender, dan pengingat.  Aplikasi ini dapat digunakan pada laptop maupun smartphone. Pada perangkat digital ini Anda dapat mencatat apa saja rencana yang akan dilakukan, tugas yang harus dikerjakan, menata ide yang dimilki, dan mengumpulkan berbagai informasi dalam satu space. Aplikasi ini membuat  kegiatanmu lebih terorganisasi sehingga menjadi lebih produktif.

Baca juga  Era Disrupsi Digital, Dampaknya terhadap Jurnalisme & Media

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk keperluan akademis seperti mengorganisasikanreko catatan pelajaran, mencatat deadline tugas. Mencatat perkembangan proyek yang akan dibuat serta membuat jadwal pembelajaran dengan runtut, jelas, dan rapi. Anda dapat  membuat workspace yang sesuai dengan kebutuhan, mencantumkan link materi pembelajaran, merekap nilai tugas maupun ulangan, serta   membuat to do list dan jika kita telah menyelesaikan tugas tersebut Anda dapat memberinya tanda centang.

 

iPusnas

5 Aplikasi Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh 4

Di masa pandemi, ruang gerak kita kian terbatas, pemerintah mengimbau warganya agar melakukan karantina diri dan keluarga dengan tetap tinggal di rumah. Dalam menyelesaikan tugas, sering kali  kita membutuhkan referensi dari berbagai sumber. Jika pergi ke perpustakaan, kita merasa  khawatir akan tertular virus corona. iPusnas sebagai perpustakaan digital merupakan solusi yang tepat karena dapat diakses kapan pun dan di mana pun. iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital yang dipersembahkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang dilucurkan sejak 16 Agustus 2016.

Untuk mendapatkan akses ke iPusnas kita hanya perlu login menggunakan akun Facebook atau email. iPusnas memiliki ribuan ebook  dengan berbagai kategori. Dalam menu epustaka terdapat ebook dari orang-orang atau institusi tertentu seperti: Presiden Jokowi, Mendikbud Nadiem Makarim, Najwa Shihab, dll.  Pada kolom pencarian kita dapat mencari judul buku yang kita inginkan. Apabila kita telah menemukan buku yang ingin dipinjam cukup mengklik dan otomatis masuk kedalam rak buku. Namun, sering kali kita perlu mengantre untuk mendapatkan buku tersebut. Menu rak buku berisi daftar ebook yang kita pinjam dengan jangka waktu 3 hingga 5 hari  atau akan menghilang jika telah dikembalikan secara manual.

Baca juga  Percaya Atau Tidak, Apple Diduga Memakai Siri Untuk Menguping Ribuan Percakapan

 

Photomath

5 Aplikasi Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh 5

Aplikasi ini membantu Anda ketika kesulitan dalam mengerjakan soal matematika baik yang sederhana maupun yang rumit seperti logaritma, integral, hingga grafik. Aplikasi ini telah diunduh di Playstore lebih dari 100 juta pengguna. Kita hanya perlu mengarahkan kamera pada soal dan jawaban akan langsung diberikan. Tidak hanya memberikan jawaban, namun juga menjelaskan cara penyelesaian dan rumus yang digunakan secara rinci.

 

U-Dictionary

5 Aplikasi Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh 6

U-Dictionary ini mampu meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa inggris serta dapat digunakan secara offline tanpa paket data. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa inggris , namun juga bahasa lainnya yaitu sekitar 37 bahasa. Tidak hanya belajar grammar, spelling, speaking, listening, terdapat pula fitur kuis, klub menulis, permainan kata, dan video mengenai berbagai hal yang mampu meningkatkan wawasan kita dalam bahasa inggris.

Baca juga  7 Aplikasi Lockscreen Terbaik untuk Android

 

Rumah Belajar

5 Aplikasi Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh 7

Rumah Belajar merupakan bimbingan belajar berbasis digital yang diluncurkan dan dikelola oleh Kemendikbud yang dapat digunakan dari jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA secara gratis. Dengan adanya aplikasi ini membantu para siswa dalam belajar apalagi di tengah pandemi seperti ini, Sekolah menerapkan metode pembelajaran siswa secara daring. Aplikasi ini dapat digunakan  di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Terdapat 4 fitur utama pada aplikasi ini yaitu kelas maya, sumber belajar, bank soal, dan laboratorium maya.Tersedia fitur menarik pada aplikasi ini, salah satunya edugame sebagai  inovasi dalam bentuk permainan agar lebih memahami konsep pada materi.  Selain itu, tersedia buku sekolah elektronik yang dapat diakses oleh siswa dari berbagai jenjang pendidikan.

5 Aplikasi Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

ARINI EKA SAPITRI

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments