Teknologi   

5 Manfaat Teknologi Dalam Bidang Pendidikan


5 Manfaat Teknologi Dalam Bidang Pendidikan 1

Teknologi dalam dunia pendidikan tentu saja sangat penting dan juga sangat dibutuhkan. Apalagi di saat terjadi wabah corona yang mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah saja. Dengan adanya teknologi, antara guru dan murid atau antara mahasiswa dan dosennya bisa tetap tersambung dan tetap bisa melaksanakan pendidikan. Meskipun tidak semua lapisan masyarakat melek teknologi, setidaknya mereka jadi mau belajar dan mencoba menggunakannya.

Sebenarnya, teknologi ini tanpa kita sadari sudah berkembang sejak lama. Namun, di saat- saat seperti sekarang inilah, teknologi baru sangat terasa manfaatnya, terutama dalam dunia pendidikan. Dengan adanya teknologi, guru bisa mengkomunikasikan apa- apa yang harus di ajarkan anak didik kepada walimuridnya selama masa belajar dari rumah. Bagi siswa tingkat menengah pertama, tingkat atas dan juga mahasiswa bahkan bisa tetap belajar layaknya guru ada dihadapan mereka dengan aplikasi- aplikasi baru hasil perkembangan teknologi seperti zoom misalnya.

Nah, sebenarnya apa saja sih manfaat teknologi dalam dunia pendidikan yang dapat kita rasakan saat ini? Mari kita simak ulasan berikut:

Baca juga  5 Fakta Perkembangan Podcast di Indonesia

1. Menambah informasi

Manfaat pertama dari teknologi untuk pendidikan yaitu dapat menambah informasi. Secara langsung atau tidak langsung pendidikan kita sekarang sudah mulai menggantungkan informasi dari internet. Karena adanya fasilitas informasi dari buku yang kurang memadai atau kurang lengkap dan karena mudahnya akses internet dijaman sekarang, maka teknologi internet jelas sangat membantu dan sangat dibutuhkan untuk menambah informasi dan wawasan siswa maupun pendidik.

 

2. Meningkatkan kemampuan belajar

Manfaat teknologi lainnya yaitu dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Dengan adanya tugas- tugas atau untuk memahami suatu materi, teknologi dalam hal ini internet dengan sendirinya dapat meningkatkan belajar siswa. Mereka akan semakin ingin tahu dan mempelajari lebih dalam tentang materi yang harus mereka kuasai dari berbagai sumber internet. Selain itu, dengan adanya teknologi pula mereka mampu bereksperimen dan lebih cepat memahami suatu pelajaran, misal materi lewat video youtube. Namun begitu, hal ini tetap harus berada dalam pengawasan guru maupun orang tua di rumah.

 

3. Memudahkan akses belajar

Manfaat teknologi dalam bidang pendidikan yang ketiga yaitu memudahkan akses belajar. Proses belajar mengajar juga dapat lebih mudah, lebih simpel dan lebih praktis dengan adanya teknologi. Misalnya guru memberikan tugas via email sehingga siswa bisa langsung mengumpulkannya saat tugas mereka sudah selesai dilaksanakan. Contoh lain, saat guru ingin menjelaskan sesuatu yang penting dan harus dihadapan semua muridnya sekarang sudah ada aplikasi zoom yang bisa menghandle pertemuan mereka.

Baca juga  Suka dengan Pokemon? Coba Pakai Background Lucu Ini Saat Video Call

Dengan adanya email, para siswa atau mahasiswa dapat mengumpulkan tugas mereka tanpa harus bertemu secara fisik dengan guru mereka. Untuk menjawab ujian juga misalnya, guru dapat membuat soal dan membaginya lewat internet. Dengan zoom bahkan mereka bisa bertatap muka dan menyampaikan materi serta dapat berdiskusi layaknya berada di satu ruangan.

4. Materi menjadi lebih menarik

Manfaat selanjutnya yaitu penyampaian materi bisa menjadi lebih menarik dengan adanya teknologi. Kenapa begitu? Karena dengan adanya teknologi pendidik dapat berinovasi menggunakan fasilitas apapun yang menunjang pendidikan sehingga siswa lebih tertarik, tidak bosan denga cara penyampaian yang itu- itu aja dan proses belajar mengajar menjadi tidak monoton.

Baca juga  Tips Menambahkan Followers Instagram Tanpa Menggunakan Aplikasi dan Berbayar

5. Meningkatkan minat belajar anak

Poin terakhir ini juga manfaat yang sangat bagus sekali bagi siswa. Dengan adanya teknologi minat belajar anak jadi lebih besar. Karena mereka akan mengetahui hal- hal baru yang tidak ada di buku atau hal- hal lama namun dengan penampakan visual yang berbeda dan jauh lebih kreatif serta inovatif. Anak- anak akan senang belajar dengan bantuan visual lain yang ada di internet maupun aplikasi- aplikasi yang berhubungan dengan pendidikan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang manfaat teknologi dalam bidang pendidikan. Mungkin kini teknologi baru semakin dibutuhkan dalam penanganan hal- hal krusial karena adanya pandemi corona misalnya. Dan salah satu yang terkena dampaknya yaitu dunia pendidikan yang mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah karena pandemi. Pandemi corona juga memunculkan teknologi- teknologi baru yang sekiranya bisa cocok dan dapat di aplikasikan untuk mengatasi hambatan pendidikan yang ada.

5 Manfaat Teknologi Dalam Bidang Pendidikan 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Indah Prameswari

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments