5 Tips Agar Mouse Tetap Awet dan Berfungsi Dengan Baik


Mouse merupakan salah satu hardware atau perangkat fisik yang sangat penting dan dapat membantu untuk memperlancar kegiatan kamu dalam mengoperasikan PC atau Laptop. Namun terkadang, mouse bisa saja cepat rusak atau tidak berfungsi kesensitifitasnya karena penggunaan yang terlalu berat. Karena itu, berikut ini ada 5 tips agar mouse kamu tetap awet dan berfungsi dengan baik walaupun kamu menggunakanya tanpa henti.

1. Hindari Dari Berbagai Macam Benda Cair

Biasanya orang – orang saat sedang mengerjakan pekerjaan kantor, kuliah maupun bermain game pastinya akan ada gelas yang selalu menemani mereka di samping. Hal ini sebenarnya sangatlah tidak aman untuk mouse karena bisa saja tumpah dan membasahi sekitaran keyboard dan mouse kamu. Karena itu untuk selalu hindari benda – benda cair yang dapat merusaknya.

2. Tidak Menekannya Dengan Kasar

Kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan adalah saat menekan mouse dengan kasar saat menggunakannya terutama bagi mereka yang hobi bermain game. Dengan kondisi sepert itu jika dilakukan secara terus menerus maka dapat merusak dan membuat tombol di dalamnya semakin tertekan ke dalam. Karena itu, untuk tidak sering melakukannya agar mouse kamu dapat bertahan lebih lama.

3. Selalu Gunakan Mouse Pad

Jika kamu sering pergi melakukan aktivitas diluar atau dimana saja, usahakan untuk menggunakan alas mouse atau mouse pad. Hal ini akan sangat berguna untuk menjaga agar mouse tetap bersih dan membuat sensornya tetap awet dan terjaga kesensitifannya.

4. Tidak Terlalu Sering Melepas Pasang USB

Jika kamu masih menggunakan mouse kabel dan sering melepas pasang USB, maka akan melukai bagian pada kabel mouse terutama pada bagian portnya. Karena itu, gunakanlah mouse jika memang dibutuhkan. Atau kamu bisa saja menggunakan mouse wirelessΒ  namun harus diingat, mouse wireless juga berlaku sama dengan mouse kabel yang dimana jangan sering melepas pasang port USBnya karena dapat merusak bagian portnya tersebut.

5. Selalu Bersihkan Optic Mouse

Jangan hanya tahu memakai mouse tanpa sadar bahwa mouse juga perlu perawatan serta kebersihan di dalamnya. Sistem optik yang berada pada bawah mouse merupakan salah satu bagian terpenting yang dimana mengatur kesensitifannya dan membuat mouse dapat bergerak dengan stabil dan lancar. Jika optik tersebut kotor dan jarang untuk dibersihkan, maka hal itu juga akan mempengaruhi kinerja mouse tersebut. Karena itu seringlah untuk mengecek serta membersihkannya.

Itulah ke – 5 tips bagaimana merawat mouse agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Dengan melakukan kelima cara diatas, mouse kamu dijamin akan selalu awet dan tetap sensitif. Semoga bermanfaat ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

Legend

Pilih format
Artikel
Untuk membuat post artikel.
GAG
Gambar, meme atau GIF.