Teknologi   

5 Tips Memperbarui Blog Tanpa Merusak SEO

2 menit


5 Tips Memperbarui Blog Tanpa Merusak SEO 1

Memutakhirkan blog biasanya bertujuan mengubah citra dan memperbaiki kekurangan blog sebelumnya. Dalam artian meningkatkan kualitas blog dari awal yang normal menjadi lebih baik lagi. Di dunia blog, peningkatan blog juga sering disebut migrasi blog. Itu bisa dari domain. Blogspot ke .com atau dari .com lain ke .com. Selain mengubah alamat domain, memutakhirkan blog juga biasanya mengubah tampilan situs web. Tentu saja ada manfaatnya jika sebuah blog melakukan upgrade, tetapi ternyata ia juga memiliki kelemahan. Salah satunya bisa merusak blog SEO. SEO Rusak biasanya terjadi karena perubahan dalam sistem algoritma Google, serangan SEO negatif, atau bahkan karena penampilan blog telah berubah.

Itu bisa menjadi alasan blog Anda tidak lagi berada di halaman pertama mesin pencari. Yang berarti akan ada penurunan jumlah pengunjung blog saat Anda melakukan ini. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan menjelaskan cara meningkatkan blog tanpa merusak SEO. Lihatlah langkah-langkah berikut, oke?

Periksa URL dan Statistik Blog

Keputusan untuk memperbarui konten dan desain blog perlu Anda pikirkan dengan cermat karena Anda harus tahu info apa yang akan berubah. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Gunakan Plugin Yoast SEO untuk Blog Sitemap

Lihatlah sitemap di blog. Jika Anda tidak memiliki blog sitemap, Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO. Ini agar Anda dapat melihat semua URL di blog Anda. Jadi sebelum memutakhirkan blog Anda, Anda tahu tautan mana yang penting dan mana yang tidak. Jangan sampai ketika Anda memiliki tautan yang berubah atau hilang yang nantinya akan berdampak pada SEO.

  • Gunakan Plugin JetPack untuk Statistik

Gunakan plugin seperti JetPack untuk melihat dan menganalisis statistik di blog Anda. Perhatikan dari mana asal pengunjung, artikel atau halaman mana yang paling sering Anda kunjungi, dan informasi penting lainnya seperti jumlah pengunjung per hari.

 

Baca juga  4 Aplikasi & Software yang Akan Membantumu Sukses WFH

Tingkatkan Blog dan Testing

Buat peningkatan pada tautan yang rusak, koreksi kesalahan penulisan, dan optimalkan blog menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jika sudah selesai, maka lakukan pengujian. Cara termudah adalah mengujinya di server yang berbeda dari blog utama. Anda dapat menggunakan localhost seperti XAMPP, WAMP atau server lokal lainnya sebelum Anda memutakhirkan di blog utama Anda. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat merevisi jika ada kesalahan desain, penulisan, dan hal-hal penting lainnya. Jangan lupa untuk menggunakan data blog di sitemap sebelumnya sehingga proses pengujian memberikan hasil yang lengkap.

 

Baca juga  Indonesia 'Masih' Belum Siap Pembelajaran Online

Tentukan Backlink Lama ke Halaman Baru

Ketika blog Anda telah berhasil peringkat sangat baik dalam hasil pencarian, kemungkinan Anda sudah memiliki banyak backlink berkualitas tinggi. Atau, jika Anda mendapatkan Peningkatan SEO dari halaman tertentu dan URL halaman Anda telah berubah, maka Anda akan kehilangan dorongan ketika tautan ke halaman tersebut menunjukkan kode kesalahan 404.

Berikan kode untuk setiap URL yang berubah atau hilang, dengan membuat 301 redirect. Pengalihan kode 301 mencegah pengguna melihat kesalahan dan ini juga merupakan cara sempurna untuk membuat mesin pencari tahu bahwa URL halaman web tertentu telah diubah. Ini dapat mengamankan blog Anda dari kehilangan SEO saat meningkatkan blog dan halaman baru akan mendapatkan SEO kembali dari halaman lama. Simpan semua catatan redirect sehingga Anda akan memiliki daftar untuk diuji setelah situs baru ditayangkan.

 

Tampilkan dan Periksa Lagi

Luncurkan bahkan ketika pengunjung blog Anda masih memiliki beberapa tes dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Ini untuk mencari tahu, apa yang Anda lakukan itu berhasil atau tidak. Cari tahu apakah ada masalah, sehingga Anda dapat memperbaikinya sesegera mungkin sebelum pengguna menemukan masalah.

 

Baca juga  5 Aplikasi Media Sosial Karya Anak Bangsa

Kirimkan sitemap Anda ke Google

Setelah apa yang Anda lakukan selesai, mesin pencari biasanya akan menurunkan peringkat situs Anda untuk sementara waktu. Mengubah keseluruhan isi konten, struktur blog, dan tampilan berpotensi mengubah nilai SEO blog, sehingga mesin pencari harus menilai kembali dengan benar untuk menentukan peringkat baru dan biasanya memerlukan waktu singkat. 

Langkah yang dapat Anda gunakan adalah membuat kembali peta situs baru yang mencakup seluruh koleksi URL tujuan dan setiap URL menavigasi ke halaman kanan, tanpa menaikkan kode kesalahan 404. Anda harus menggunakan sitemap baru sebagai alat untuk memvalidasi tautan blog Anda dengan:

  • Beri nama sitemap file XML “sitemap.xml”, dan tambahkan ke direktori root server web.
  • Buka halaman Beranda Google Search Console.
  • Pilih peta situs dari menu.
  • Masukkan sitemap.xml di bidang teks di akhir domain Anda.
  • Klik Kirim.

Langkah ini akan menginstruksikan Google untuk mengevaluasi kembali situs blog Anda, memberikan sitemap yang lebih rinci pada mesin pencari untuk semua konten sehingga peringkat blog akan didasarkan pada deskripsi yang akurat dari halaman situs baru berdasarkan statistik blog sebelumnya.

5 Tips Memperbarui Blog Tanpa Merusak SEO 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan