Teknologi   

5 Tips Mengehemat Kuota Internet Kamu Saat WFH, Biar Gak Boros


5 Tips Mengehemat Kuota Internet Kamu Saat WFH, Biar Gak Boros 1

Mungkin bagi kamu yang tinggal sendiri atau ngekost, bahkan tidak memiliki wifi di rumah pastinya di kondisi WFH seperti ini pemakaian kuota internet kamu menjadi sangat boros bukan ? Hal ini karena banyak waktu luang yang kamu miliki sehingga seringnya bermain smartphone dan menggunakan akses internet sepanjang hari tanpa disadari telah menyedot kuota internet kamu begitu banyak. Karena itu, berikut ini ada 5 tips bagaimana menghemat kuita internet kamu saat WFH. Yuk simak di bawah ini.

1. Batasi Penggunaan Data Internet Pada Smartphone Kamu

5 Tips Mengehemat Kuota Internet Kamu Saat WFH, Biar Gak Boros 3

Langkah pertama agar kuota internet kamu tidak boros saat digunakan adalah dengan membatasi penggunaan data internet pada smartphone kamu. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan dengan detail, dalam sehari kamu ingin menggunakan kuota internet sebanyak berapa MB atau GB perhari.

Baca juga  6 Cara Memaksimalkan Kinerja Smartphone Android

2. Pakai Aplikasi Mode Lite

5 Tips Mengehemat Kuota Internet Kamu Saat WFH, Biar Gak Boros 4

Selain membatasi penggunaan data kuota internet, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang telah mendukung mode ringan atau mode lite. Dengan begitu, tidak seberapa besar kuota internet yang kamu keluarkan jika dibandingkan dengan aplikasi pada mode aslinya.

3. Jangan Membuka Banyak Aplikasi

5 Tips Mengehemat Kuota Internet Kamu Saat WFH, Biar Gak Boros 5

Jika kamu membuka banyak aplikasi dalam seharian sama saja kamu membuang kuota internet begitu saja karena aplikasi – aplikasi yang kamu buka tadi tetap aktif walaupun kamu telah menutupnya. Hal ini karena backgorund dari aplikasi tersebut masih aktif sehingga tetap bisa menyedot kuota internet kamu walau kamu tidak membuka aplikasi tersebut sama sekali. Karena itu, bijaklah dalam menggunakan aplikasi di smartphone kamu ya.

Baca juga  Solusi Ampuh Jika Anda Kena Backlist Google

4. Batasi Bermain Sosial Media

5 Tips Mengehemat Kuota Internet Kamu Saat WFH, Biar Gak Boros 6

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa penyebab utama kuota kamu bisa habis dengan cepat adalah dengan bermain sosial media. Hal ini karena sosial media yang memuat video dan gambar yang menyedot kuota internet begitu banyak sehingga tanpa disadari kuota internet kamu akan habis dengan waktu yang singkat. Karena itu, kurangilah atau batasi bermain sosial media dalam sehari ya.

5. Matikan Mobile Data Jika Tidak Menggunakannya

5 Tips Mengehemat Kuota Internet Kamu Saat WFH, Biar Gak Boros 7

Jika kamu memiliki kesibukan lain seperti sedang mengerjakan pekerjaan kantor atau melakukan aktivitas rumah, sebaiknya untuk mematikan mobile data pada smartphone kamu. Hal ini akan menghemat kuota internet kamu saat kamu sedang tidak menggunakannya. Jika kamu mengaktifkannya seharian penuh tetapi kamu tidak menggunakannya, maka sama saja kamu membuang kuota internet kamu dengan sia – sia karena beberapa aplikasi tetap akan menyedot kuotamu walau sedang tidak menggunakannya.

Baca juga  2 Aplikasi Android Pengolah Musik Terbaik

Itulah ke – 5 tips bagaimana menghemat kuota internet saat wfh biar tidak boros. Dengan kondisi pandemi seperti ini sebaiknya kamu menggunakan waktu dirumah dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang lebih produktif dan positif bagi kesehatan tubuhmu ketimbang bermain smartphone kamu yang tentunya akan membuat kamu boros dalam menggunakan kuota internet. Semoga bermanfaat ya !

5 Tips Mengehemat Kuota Internet Kamu Saat WFH, Biar Gak Boros 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng