Teknologi   

Cara Membuat Kartu Nama di Canva dengan Desain Profesional


Cara Membuat Kartu Nama di Canva dengan Desain Profesional 1

Bagi orang-orang berkelas, memiliki kartu nama adalah sebuah keharusan. Sebab kartu nama merupakan personal branding yang eksklusif. Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas tutorial tentang cara membuat kartu nama di Canva dengan langkah mudah dan praktis.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Canva merupakan sebuah aplikasi khusus untuk merancang berbagai desain secara online. Meski tidak sekaliber Photoshop atau Coral Draw, namun fitur drag dan dropnya Canva dapat digunakan untuk mendesain apapun yang Anda inginkan dengan cepat.

Jadi bagi para desainer pemula, aplikasi Canva merupakan solusi yang paling baik. Sebab di dalam Tools Canva terdapat banyak design dan animasi khusus yang dapat dengan mudah langsung bisa Anda edit tanpa perlu mendesainnya dulu dari awal. Cukup menarik bukan?

Panduan Cara Membuat Kartu Nama Di Canva

Aplikasi Canva memang menawarkan banyak kemudahan dalam merancang berbagai jenis desain apa saja dengan simpel, mulai dari mendesain poster, brosur, infografik, kartu nama, sampai presentasi. Saat ini Canva tersedia dalam beberapa versi, diantaranya web, iPhone dan juga Android.

Di dalam aplikasi ini Anda bisa memilih ribuan template kartu nama yang sudah tersaji, jadi Anda tinggal meneruskan untuk langsung mengeditnya saja. Baik, tanpa perlu berlama-lama kita langsung saja bahas panduan tentang cara membuat kartu nama di Canva dengan cara mudah dan praktis.

Baca juga  Begini Cara Dosen Mengetahui Tugas Yang Copy-Paste Dari Internet

1. Buka Aplikasi Canva

Cara Membuat Kartu Nama di Canva
Halaman Canva

Untuk penggunaan aplikasi Canva, Anda tidak harus menginstalnya terlebih dulu sebagaimana aplikasi-aplikasi desain lainnya. Anda cukup masuk di situs canva. Selanjutnya, Anda tinggal sign-up untuk bisa memulai menjalankan aplikasi Canva sesuai kebutuhan Anda.

2. Membuat Halaman Kerja Baru

Sesudah aplikasi siap dijalankan, langkah pertama yaitu membuat halaman kerja baru. Klik pada bagian kanan atas dengan tulisan “buat desain” nanti akan keluar beberapa opsi, jika Anda ingin membuat kartu nama, maka pilih “kartu nama”. Setelah Anda klik maka akan muncul layer baru.

3. Buat Background Kartu Nama

Cara Membuat Kartu Nama di Canva
Halaman desain canva

Ketika halaman baru sudah muncul, saatnya membuat background. Pada sisi kiri terdapat beberapa pilihan menu yang muncul secara vertikal. Pilihlah menu “latar” untuk pembuatan background. Setelah Anda klik, disitu akan muncul banyak pilihan untuk mengisi background kartu nama Anda.

Silakan Anda pilih sesuai selera. Setelah terpilih, Anda tinggal menggeser ke arah halaman baru tadi. Atau bisa juga langsung meng-kliknya. Maka secara otomatis latar pilihan Anda sudah tersalin ke halaman baru.

4. Pilih Dan Gunakan Warna Yang Pas

Langkah berikutnya setelah pengaplikasian backgound selesai, Anda bisa memugarnya dengan menambahkan warna yang Anda kehendaki. Klik “filter” letaknya berada di tengah layar. Begitu selesai Anda klik, maka akan muncul beberapa pilihan warna. Anda tinggal memiilihnya sesuai selera. Di situ juga terdapat intensitas untuk mencerahkan atau menggelapkan warna.

Baca juga  Sejarah Perkembangan Media Online di Indonesia

5. Tambahkan Teks [Sesuaikan Warna]

Cara Membuat Kartu Nama di Canva
Contoh desain kartu nama di canva

Setelah semua selesai dibuat, sekarang saatnya menambahkan tulisan. Klik “teks” Letaknya di bagian sisi kiri layar, tersusun secara vertikal. Setelah Anda klik, akan muncul 3 opsi untuk membuat teks, yaitu:

  1. Tambahkan Judul.
  2. Tambahkan subjudul.
  3. Tambahkan sedikit teks isi.

Silakan Anda tulis teks sesuai kebutuhan Anda. Nanti Anda juga bisa merubah besar-kecilnya tulisan.

6. Sisipkan Gambar

Setelah semua selesai, sekarang tinggal menyisipan gambar sebagi pemanis kartu nama Anda. Disini Anda bisa menggunakan beberapa contoh gambar yang sudah disediakan, atau Anda bisa juga mengunggahnya sendiri dengan foto pribadi Anda. Masing-masing ketentuannya terdapat pada sisi kiri layar.

Setelah Anda tentukan mana yang kiranya cocok, Anda tinggal menggeser nya ke arah layer, atau juga bisa mengkliknya langsung pada halaman foto. Disitu juga ada pengaturan untuk mengecilkan dan membesarkan nya. Selain itu letak posisinya juga bisa Anda rubah, yakni degan menariknya ke posisi yang diinginkan.

7. Audit Kembali Desain Kartu Nama

Adapun setelah semua desain dan teks selesai Anda buat, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penyuntingan. Periksa kembali jikalau masih ada teks atau layout yang kurang berkenan, yang bisa Anda perbaiki lagi. Sebab sebuah kartu nama sanggup mewakili karakter orang tersebut.

Baca juga  5 Aplikasi Olahraga Terbaik, Mudah dan Bisa Kamu Lakukan Dirumah

Kartu nama yang unik dan menarik, menandakan seorang yang berkepribadian kuat. Begitu pula sebaiknya. Semakin bagus dan artistik, semakin orang akan percaya kepada kepribadian si pemilik kartu nama. Jadi pintar-pintar lah dalam mendesain kartu nama ya.

8. Cetak Dan Simpan Kartu Nama

Setelah semua beres, langkah terakhir tinggal mencetak nya. Untuk hal ini Anda bisa menentukan pilihan sendiri bahan kartu namanya, mau yang berbahan plastik atau pvc juga bisa. Nah, untuk jaga-jaga desain kartu nama tadi bisa Anda simpan, dan bisa dicetak kembali kalau kartu nama Anda sudah habis.

Itu tadi tutorial cara membuat kartu nama di Canva dengan mudah dan cepat. Semoga artikel di atas bermanfaat dalam membantu Anda merancang sebuah kartu nama yang menarik dan unik. Pastikan juga Anda untuk selalu mengecek desain kartu nama Anda dengan teliti sebelum mencetak nya, agar tidak terjadi kesalahan dalam tata letak dan juga tipografi nya.

Cara Membuat Kartu Nama di Canva dengan Desain Profesional 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Mustakim ID

   

Saya adalah penulis dan founder Hallokim.com sebuah platform digital services terkemuka di kota Bandung. Selain getol ngerjain project yang masuk ke web sayapun aktif di beberapa situs media cyber lainnya.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments