Teknologi   

Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Siswa Selama Belajar Daring


Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Siswa Selama Belajar Daring 1

Virus COVID-19 telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pendidikan. Sejak bulan Maret hingga saat ini kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring, guru dan siswa melakukan kegiatan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung. Awalnya pemerintah menginstruksikan agar kegiatan pendidikan diliburkan selama 2 minggu sebagai antisipasi penyebaran virus COVID-19. Namun, hingga saat ini pembelajaran secara tatap muka belum dilaksanakan karena kasus positif COVID-19 terus bertambah.

Di masa pandemi seperti ini, siswa dan guru perlu memanfaatkan kecanggihan teknologi sebagai penunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh sehingga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa dibatasi ruang dan waktu. Apalagi saat ini revolusi industri 4.0 memberikan dampak pada perkembangan teknologi yang semakin pesat. Siswa perlu memanfaatkan secara maksimal berbagai fasilitas yang tersedia di rumah sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Berbagai aplikasi pembelajaran dapat diunduh di gawai yang dimiliki hampir setiap orang.

Berikut ini kami merekomendasikan berbagai aplikasi yang sangat bermanfaat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran daring:

Microsoft OneNote

Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Siswa Selama Belajar Daring 3

Sering kali kita kewalahan dalam menghadapi jadwal kegiatan yang padat dan tugas yang menumpuk. Aplikasi ini dapat membuat Anda lebih produktif karena dalam satu aplikasi Anda dapat menggunakannya untuk berbagai hal seperti membuat catatan digital, Menuangkan ide atau gagasan, merencanakan jadwal kegiatan, mencatat perkembangan proyek atau tugas, dan membuat daftar tugas yang harus dilakukan sehingga jika telah selesai dilakukan Anda cukup memberinya tanda centang. Anda dapat mengorganisasikan berbagai catatan dalam beberapa bagian yang dikategorikan sesuai kebutuhan. Anda dapat mengaksesnya  pada laptop maupun smartphone dan menyinkronkan satu akun dalam berbagai perangkat sehingga dapat digunakan di mana saja.

Baca juga  8 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Patut Kamu Coba

Terdapat berbagai fitur menarik pada aplikasi ini seperti menambahkan password untuk membuka dokumen,  meng-highlight tulisan, mencantumkan sticky note, menambahkan garis pembantu, menyisipkan tabel, video, rekaman, dan gambar, serta memindai catatan yang ditulis tangan. Anda dapat menulis pada aplikasi ini menggunakan stylus pen, jika merasa tulisan tangan kurang bagus maka OneNote dapat mengubahnya menjadi tulisan komputer. Selain itu, catatan yang Anda buat dapat dicetak dan juga dibagikan kepada orang lain.

KBBI V

Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Siswa Selama Belajar Daring 4

Aplikasi  resmi Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kelima ini dirilis pada tanggal 27 Oktober 2016. KBBI V adalah aplikasi resmi dari Badan Pengembangan dan Pembinaan  Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk pencarian kata, frasa, dan ungkapan. Untuk mengakses aplikasi kamus digital ini, anda hanya perlu mengunduhnya kurang dari 10 mb.

Pada aplikasi ini terdapat 5 kategori, yakni bahasa, bidang, kelas kata, ragam, dan jenis. Pada kategori bahasa terdapat bahasa dari negara lain seperti bahasa Inggris, Italia, serta Arab, dan bahasa daerah di Indonesia seperti bahasa Sunda, Aceh, serta Bugis. Kamus digital ini lebih efisien dibandingkan kamus konvensional, untuk menemukan kata Anda hanya perlu mengetik kata tersebut pada ikon pencarian.

Baca juga  10 Rainmeter Terbaik untuk Mempercantik Tampilan Desktopmu

Zenius

Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Siswa Selama Belajar Daring 5

Aplikasi bimbingan belajar berbasis digital ini didirikan pada tahun 2004. Anda dapat mengakses berbagai video pembelajaran berbagai mata pelajaran yang sangat berkualitas secara gratis tanpa harus berlangganan. Aplikasi ini mengajarkan konsep awal terlebih dahulu kemudian materinya dan dibahas dengan singkat atau tidak bertele-tele sehingga lebih mudah dipahami.

Terdapat bank soal yang sangat banyak dan bervariasi lalu dibahas dalam bentuk video. Zenius juga menyediakan lebih dari 3.400 paket latihan soal termasuk pembahasan soal Ujian Nasional serta soal tes masuk perguruan tinggi. Aplikasi ini dapat menyesuaikan dengan kurikulum yang kita gunakan dan jenjang pendidikan kita mulai dari SD hingga SMA.

CoLearn

Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Siswa Selama Belajar Daring 6

Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam mengerjakan soal matematika untuk jenjang SMP dan SMA. Anda cukup memfoto soal matematika yang ingin Anda tanyakan kemudian muncul video pembahasan dengan penjelasan konsep terlebih dahulu. Terdapat fitur live class, kamu bisa menanyakan dan membahas soal bersama guru juara. Selain itu, terdapat fitur latihan soal  untuk melatih kemampuan dalam menjawab soal matematika.

CamScanner

Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Siswa Selama Belajar Daring 7

Sering kali guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan tugas maupun catatan dalam bentuk foto. Aplikasi ini dapat memindai catatan maupun dokumen lainnya sehingga tampak lebih jelas. Selain itu, CamScanner dapat mengonversi dokumen yang sudah dipindai menjadi PDF. Aplikasi CamScanner dapat diunduh oleh pengguna perangkat iOS maupun Android.

Baca juga  6 Cryptocurrency Paling Populer

iPusnas

Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Siswa Selama Belajar Daring 8

iPusnas merupakan perpustakaan digital yang dikelola oleh  Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sejak 16 Agustus 2016. Di tengah pandemi seperti ini, aktivitas di luar rumah dibatasi karena khawatir tertular virus  COVID-19. Padahal ketika menyelesaikan tugas, sering kali  kita memerlukan referensi dari berbagai sumber salah satunya buku dari perpustakaan. iPusnas merupakan solusi bagi permasalahan ini, karena dapat diakses di mana saja melalui perangkat digital. iPusnas memiliki ribuan ebook  dengan berbagai genre seperti agama, bahasa, pendidikan, kesehatan, kritik sastra dll.

Anda dapat mencari judul buku yang diinginkan pada ikon pencarian, setelah diklik akan muncul berbagai ebook yang sesuai. Sebelum meminjam buku, Anda dapat membaca sinopsis dan ulasannya. Klik ikon pinjam buku lalu otomatis ebook tersebut masuk ke dalam rak buku, namun terkadang  kita harus mengantre terlebih dahulu selama beberapa hari.

Selain itu, terdapat fitur ePustaka yang terdiri dari hasil karya tokoh yang cukup populer seperti Presiden Jokowi, Najwa Shihab, dan Menteri PMK RI Muhadjir Effendy. Anda dapat meminjam ebook tersebut selama 3 hingga 5 hari dan jika jangka waktu telah habis maka otomatis ebook tidak ada pada rak buku.

Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Siswa Selama Belajar Daring 9


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

ARINI EKA SAPITRI

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments