Traveling   

10 Destinasi Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Pergi ke Cina


10 Destinasi Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Pergi ke Cina 1

Negara terpadat di Bumi, negara terbesar kedua di dunia dalam hal luas daratan, dan tanah yang kaya akan kekayaan budaya, sejarah dan arkeologi, Cina adalah salah satu tujuan wisata terkemuka di dunia. Dengan beragam geografi dan warisan peradaban bersejarah yang digabungkan dengan inovasi modern, situs-situs yang wajib dikunjungi di Cina ada di setiap perjalanan, arkeologi, atau daftar penggemar arsitektur kuno.

Prajurit Terracota

description

Berdiri dengan bermacam-macam senjata dan kuda, para Prajurit Terracota membentuk sebuah makam spektakuler terkenal di dunia internasional yang menarik lebih dari 1 juta pengunjung setiap tahun. Dinamai Keajaiban Dunia ke-8 oleh Perdana Menteri Prancis Jacques Chirac pada tahun 1978, situs artefak itu ditemukan terkubur di bawah sebuah ladang di Distrik Linton, Xi’an, di provinsi Shaanxi pada tahun 1974 oleh seorang petani dan pekerja yang sedang menggali sumur air.

Diciptakan pada akhir abad ke-3 SM atas perintah kaisar pertama Cina, Kaisar Qin Shi Huang, untuk menjaganya di akhirat, Prajurit Terracota terdiri dari sederetan rupa yang mirip manusia, kereta, dan kuda, lengkap dengan senjata serta seragam terperinci berdiri di bawah permukaan tanah di sekitarnya. Patung-patung itu sedikit lebih besar dari ukuran sebenarnya dan, menakjubkan, bersifat individual, menunjukkan prajurit yang berbeda dengan ekspresi, postur, dan detail pakaian serta perhiasan berbeda.

Mungkin menakutkan, tingkat individualisasi menunjukkan bahwa tentara sejati direplikasi, satu per satu. Ratusan tentara Terracotta telah digali dengan teliti dan dilestarikan atau dikembalikan ke standar yang tinggi. Diperkirakan bahwa seluruh replika Kota Xi’an kuno mungkin ada di makam kaisar yang terletak di dekat lubang prajurit.

 

Kota Terlarang (Beijing)

description

Merupakan tujuan utama bagi pengunjung terlepas dari namanya, Kota Terlarang sekarang terbuka untuk umum melihat bangunan kekaisaran kuno, rumit dan penuh warna yang menghidupkan dunia kuno di ibukota Cina, Beijing. Pada saat kedatangan, seseorang akan dihadapkan dengan bangunan demi bangunan di antara kotak-kotak yang luas, ditentukan oleh arsitektur tradisional Cina yang dibangun dengan kayu rimba Cina selatan dan marmer Beijing.

Dianggap sebagai pencapaian arsitektur Cina yang pasti, kompleks istana terbesar di planet ini berasal dari tahun 1406-1420, berfungsi sebagai kursi kuno pemerintah Cina dari Ming hingga akhir Dinasti Qing. Dibangun dengan tenaga kerja lebih dari 1 juta pekerja, Kota Terlarang dinamakan demikian karena persyaratan izin Kaisar untuk diberikan kepada siapa pun yang masuk atau keluar kota. Sekarang, keagungan Kota Terlarang yang dipelihara dan dipulihkan secara luas menarik lebih dari 14 juta pengunjung per tahun, mendorong kekhawatiran tentang tingkat penggunaan situs tersebut. Kota Terlarang mewakili set bangunan kayu kuno terbesar yang terlestarikan di dunia, yang sekarang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

 

Pagoda Angsa Liar Raksasa

description

Berdiri di tanah kompleks Kuil Ci Ci di Xi’an Selatan, provinsi Shaanxi, Pagoda Angsa Liar Raksasa dibangun tahun 652 pada masa Dinasti Tang. Dapat diakses dengan biaya sederhana, Pagoda Angsa Liar Raksasa adalah keajaiban arsitektur Cina dengan penampilan ikonik dan mengesankan.

Sebagai Situs Warisan Dunia, menara ini menawarkan pemandangan spektakuler kota Xi’an dari atas, panorama yang memadukan arsitektur Buddha kuno dengan bangunan modern. Pagoda itu berisi artefak Buddhis yang dibawa dari India ke Cina oleh penerjemah dan pengembara Buddha Cina yang sangat dihormati, Xuanzang. Menurut legenda, nama tersebut berasal dari kisah angsa liar yang jatuh dari langit di tempat itu untuk menyediakan makanan bagi para biksu yang telah berdoa untuk makan.

Awalnya dibangun menggunakan sebuah metode konstruksi yang umumnya tidak dikenal tahan gempa, struktur itu runtuh dalam gempa 1556 sebelum dibangun kembali lebih tinggi dan lebih kuat oleh Kaisar wanita Cina, Permaisuri Wu Zetian. Pagoda Angsa Liar Raksasa yang dibangun kembali menggabungkan 5 cerita tambahan, dengan total 10 cerita. Namun, struktur ini terlalu tinggi dalam kaitannya dengan stabilitas, meninggalkan bangunan 7 lantai saat ini yang mencapai ketinggian 210 kaki. Dapat dicapai dengan berjalan kaki singkat dari stasiun Da Yan Ta di jalur tiga Metro Xi’an, menara ini dibangun dari batu bata dengan tangga berliku interior yang cocok dengan bentuk persegi bangunan, dibuat dari kayu.

Baca juga  7 Pulau Di Indonesia Yang Keindahannya Tak Kalah Dari Maldives

 

Kuil Surga (Beijing)

description

Sebuah bangunan melingkar yang tampak misterius, Kuil Surga di Beijing dibangun pada tahun 1420 M oleh Kaisar Zhu Di dari Dinasti Ming, dan kemudian digunakan ke dalam Dinasti Qing tahun 1644-1911. Lokasi pembangunan kuil, Taman Kerajaan, telah digunakan untuk pemujaan Surga sejak awal dinasti Ming. Bangunan pengorbanan terbesar yang dibangun dalam sejarah Cina, Kuil Surga dan pekarangannya mencakup area yang bahkan lebih besar dari Kota Terlarang yang sudah sangat besar. Dirancang untuk mewakili hukum mistis dan prinsip-prinsip kosmologi, kuil adalah tempat di mana Surga sendiri disembah selama Winter Solstice, ketika doa untuk panen berlimpah ditawarkan.

Kompleks Kuil terdiri dari area seluas 3,5 juta meter persegi dan sengaja dibuat lebih besar dari Kota Terlarang karena larangan kaisar Cina yang tinggal di tempat tinggal berukuran lebih besar daripada konstruksi yang didedikasikan untuk Surga. Kaisar dianggap sebagai Putra Surga, menurut budaya Cina kuno, dan seorang wakil. Dua kali per tahun, Kaisar dan para pendamping kekaisarannya akan berkemah di kompleks untuk naik ke Surga dengan harapan panen yang sukses.

Hall of Prayer for Good Harvests yang spektakuler dan ikonik dibangun di atas dasar marmer tiga tingkat dan berdiameter 118 kaki dengan ketinggian lebih dari 125 kaki. Unsur-unsur utama lain dari situs ini termasuk Imperial Vault of Heaven, sebuah bangunan berbentuk lingkaran dengan satu atap pelana, sedangkan Circular Mound Altar adalah serangkaian besar lingkaran konsentris, yang terbesar membentang hanya di atas 229 kaki. Balkon 360 melambangkan surga 360 derajat, mewakili kebulatan surga seperti yang terlihat dalam budaya tradisional Cina.

 

Mausoleum Qianling (Tempat Peristirahatan Kaisar Wanita Cina)

description

Awalnya hanya seorang selir di Kekaisaran Dinasti Tang, Taizong, Wu Zeitan (624-705) mengambil kekuasaan secara spektakuler yang mengganggu Dinasti Tang begitu ia mendeklarasikan Dinasti sendiri, sebuah pemerintahan yang merentang dari 690-705. Setelah kematian Kaisar Taizong pada 649, Wu memiliki pangkat yang semakin tinggi dan berpengaruh bagi putranya yang baru lahir, Li Zhi, yang kemudian menjadi Kaisar Gaozong.

Setelah mendapatkan bantuan Kaisar, ia menjadi Permaisuri dan melalui pembersihan besar-besaran dari para saingan yang disengketakan tetapi jelas brutal, menjadikan dirinya sebagai Bupati Permaisuri, setara dengan gelar Kaisar laki-laki. Dalam peran ini, dia menjadi satu-satunya Kaisar wanita Cina yang diakui dalam sejarah. Pemerintahannya yang ketat dan agresif tetapi efektif terjadi saat Dinasti Zhou, mulai dari 690-705, menyela Dinasti Tang yang dimulai pada 618 dan berakhir pada 907.

Setelah kampanye militer yang agresif dan proyek konstruksi spektakuler selesai pada arahannya, Wu Zetian melemah dan meninggal pada Desember 705 pada usia 80 atau 81 tahun. Wu Zetian dimakamkan di makam bersama di Mausoleum Qianling yang spektakuler, yang dipandang sebagai makam nomor satu kerajaan Cina dan dikenal sebagai satu-satunya makam yang berisi mayat beberapa kaisar di Cina.

Hanya 53 mil di sebelah barat laut Xi’an, kompleks makam dinasti Tang selesai dibangun pada tahun 684. Sempat mengalami berbagai upaya perampokan selama 1.200 tahun, makam itu adalah artefak yang dijaga dan harus ditutup oleh hukum Cina. Situs ini memiliki taman yang luas, jalan setapak, dan patung-patung di antara pemandangan gunung yang indah, dengan dua prasasti batu besar yang ditugaskan oleh Wu sendiri. Yang satu menawarkan upeti yang kaya kepada suaminya yang telah meninggal, Kaisar Gaozong (Li Zhi), tetapi secara misterius, prasasti lainnya, yang ditugaskan untuk dirinya sendiri, benar-benar kosong.

 

Tembok Besar Cina

description

Tembok Besar Cina terus meluas melintasi pegunungan dan lembah, merangkak naik ke tingkat yang tampaknya mustahil sambil mempertahankan integritas strukturalnya yang megah serta penampilan yang konsisten. Sebuah keajaiban dunia yang sangat penting dan status ikonik, Tembok Besar Cina seperti saat ini berdiri merupakan peninggalan arsitektur defensif Dinasti Ming yang mengesankan.

Baca juga  7 Destinasi Wisata Menarik di Kulon Progo, Cocok Untuk Liburan!

Menarik 10 juta pengunjung per tahun, tembok itu sayangnya menghadapi tekanan dampak yang signifikan. Dapat diakses dengan mudah dari Beijing dengan naik bis pendek, tembok itu mencakup beberapa kota dan provinsi di seluruh China, dengan panjang 21.195 kilometer dan banyak titik akses. Untuk menempatkan ukuran itu dalam perspektif, kira-kira setengah dari panjang garis khatulistiwa. Titik tembok yang paling banyak dikunjungi, bagian Badaling, menerima 63 juta pengunjung pada tahun 2001, dengan arus pengunjung mencapai 70 ribu per hari pada waktu puncak.

Mungkin fakta yang paling mengejutkan tentang Tembok Besar adalah kenyataan bahwa tidak ada satu Tembok Besar dari waktu tertentu. Sebaliknya, Tembok Besar adalah kombinasi dari upaya pembangunan dari dinasti yang berbeda dan di tempat yang berbeda. Pada abad ke-7 SM menyaksikan dimulainya upaya pembangunan dimaksudkan untuk mencegah penggerebekan dari suku-suku nomaden dari Eurasia, sementara Kaisar Cina pertama yang terkenal, Qin Shi Huang membangun bagian tembok besar dari 220-206 SM.

Meskipun terkenal, tembok itu sebagian besar hilang, dengan bagian terbesar dari tembok saat ini berasal dari Dinasti Ming 1368-1644, dibangun untuk menahan invasi Mongolia dan Jurchen. Dengan tubuh tembok besar, mengapit ke arah benteng, Tembok Besar tampak seperti persilangan antara kastil dan dinding, serta itu juga merupakan proyek dengan biaya terbesar untuk kehidupan dan usaha manusia.

 

Jalur Naga Melingkar (Provinsi Hunan)

description

Terletak di Gunung Tianmen yang aneh di Taman Hutan Nasional Zhangjiajie di provinsi Hunan, Jalur Naga Melingkar didefinisikan oleh jalan setapak kaca menakutkan yang melekat di sisi gunung serta meluas dalam pola melengkung setinggi 330 kaki, 4.600 kaki di atas permukaan laut. Dibuka pada musim panas 2016, jalan itu tertempel di sisi tebing puncak berbentuk ibu jari, menjerumuskan ratusan kaki ke bagian pangkal gunung di bawahnya. Untuk mengganti jalur kayu yang lebih sederhana dan juga menakutkan, jalur berlantai kaca memungkinkan wisatawan untuk melihat langsung di bawah kaki ketika mereka bergerak maju di sepanjang sisi gunung di jalur kaca yang melengkung, menyapu vegetasi dari lereng vertikal.

Dengan lebar hanya 5 kaki, Jalur Naga Melingkar disertai dengan atraksi memusingkan tambahan, termasuk pemecah rekor yang spektakuler dalam bentuk Zhangjiajie Grand Canyon Glass Bridge, yang merupakan jembatan dengan kaca tertinggi dan terpanjang di dunia. Jembatan ini telah mengalami tes keamanan yang aneh termasuk dipecahkan dengan palu godam, setelah itu sebuah mobil didorong melintas.

Jembatan dengan dasar kaca membentang 1.410 kaki, dengan ketinggian 984 kaki di atas lantai Zhangjiajie Grand Canyon yang terbentang. Menambah visual yang aneh dan menakjubkan dari situs ini adalah lubang setinggi 431 kaki di Gunung Tianmen yang dikenal sebagai Gua Tianmen, dapat diakses oleh jalan berliku dengan 99 belokan tajam yang beberapa inci menanjak di lereng.

 

Bund (Shanghai)

description

Sebuah kompleks bangunan besar kolonial Eropa yang tampaknya tidak pada tempatnya, Bund di Shanghai terdiri dari 52 bangunan kolonial yang mencakup gaya arsitektur Baroque, Gothic, Neo-Klasik, dan Renaissance, serta serangkaian konstruksi Art-Deco paling luas di planet. Terlepas dari asal-usul dan penampilan asing mereka, bangunan-bangunan Bund dianggap membentuk landmark definitif Shanghai, membentang di sepanjang pantai untuk memasukkan gereja-gereja yang spektakuler, hotel-hotel, dan gedung-gedung bekas pemerintahan. Bangunan-bangunan itu termasuk pos perdagangan dan kolonial negara-negara Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Jepang, Belanda, Belgia, dan konsulat Rusia.

Dipahami sebagai penjajah oleh Cina, koloni dan tentara Eropa terlibat dalam konflik yang mengarah pada penghancuran signifikan properti warisan Cina dan artefak budaya serta pengenaan perdagangan maupun konsesi teritorial, yang paling terkenal melalui Perang Candu, di mana Inggris menyatakan perang melawan Cina pada tahun 1839 di Perang Candu Pertama. Sebagai bagian dari penyelesaian kolonial, Bund berfungsi sebagai markas untuk menegakkan perdagangan dan konsesi teritorial hingga akhir dinasti terakhir kekaisaran Cina, Dinasti Qing (1644-1911).

Baca juga  7 Destinasi Wisata Menarik di Cimahi

Dianggap oleh Cina sebagai tidak masuk akal dan dilabeli sebagai “Perjanjian yang Tidak Sama,” konsesi-konsesi tersebut menjadi berantakan selama dan setelah peristiwa-peristiwa Perang Dunia II. Ditutup pada tahun 1949 sebagai akibat dari ketidaksenangan Cina terhadap apa yang dilihat sebagai simbol kolonialisme Barat, situs ini sekarang dipandang sebagai tujuan wisata utama dan mesin ekonomi. Menarik sejumlah besar pengunjung setiap tahun, bangunan-bangunan tersebut telah mengalami upaya restorasi sejarah yang luas oleh pemerintah Cina dan membentuk salah satu situs pariwisata paling banyak dikunjungi di Cina. Sekarang, kegunaannya untuk bangunan termasuk tempat museum, hotel dan pusat perusahaan.

 

Gunung Huashan

description

Gunung Huashan setinggi 7,067 kaki, Provinsi Shaanxi, menawarkan pendakian luar biasa dan mengejutkan yang terdiri dari bagian papan jalan yang diikat ke sisi puncak yang menjulang serta diamankan satu sama lain dengan “staples” raksasa. Situs “geowisata” yang berpotensi berbahaya, situs gunung ini naik secara dramatis ke atas kaki bukit dan lahan pertanian di sekitarnya.

Perspektif panorama yang menakjubkan dan pemandangan langsung dari ketinggian yang tak terbayangkan dapat dilihat dari pegangan rantai yang sangat berbahaya dan jalur papan kayu yang disebut “Plank Road” di puncak selatan gunung, yang dikenal sebagai “Raja Huashan.” Jalan papan tampak canggung di sisi gunung dan terkadang miring ke arahnya. Di ujung papan, jalan berubah menjadi pasak kaki yang menjorok keluar dari gunung dan pijakan yang diukir di batu.

Faktanya, jalur pejalan kaki di tempat itu lebih mirip dengan pengalaman panjat tebing di mana kamu lebih baik bertahan untuk hidup dengan bantuan tali kekang yang diperlukan daripada “jalan setapak” yang dikembangkan sebenarnya. Gunung ini dianggap sebagai salah satu dari lima gunung besar Cina dan tempat suci. Gunung Huashan telah dilabeli sebagai “puncak paling berbahaya di dunia,” dengan klaim banyak kematian tinggi tetapi masih banyak resiko bahaya yang nyata. Karena popularitas Gunung Huashan sebagai tujuan hiking yang ekstrem, kekhawatiran berkerumun telah menjadi masalah signifikan, yang menyebabkan banyak pengunjung memilih untuk mendaki di malam hari.

 

Pangkalan Penelitian Chengdu untuk Pembibitan Panda Raksasa

description

Panda Raksasa adalah ikon yang bukan hanya satwa liar Cina dan keanekaragaman hayati tetapi simbol konservasi alam secara global.

Dianggap rentan dengan populasi hanya 1.864 panda yang tersisa di alam, Panda Raksasa dibatasi dalam jangkauan ke daerah pegunungan di Cina barat di mana mereka secara alami hidup, berkembang biak, dan mencari makan di hutan bambu, hidup hampir 100 % pada spesies rumput raksasa ini. Merupakan rumah bagi 83 panda, Pangkalan Penelitian Chengdu untuk Pembibitan Panda Raksasa terletak di ujung utara Chengdu, ibukota sub-provinsi Sichuan, provinsi yang terkenal akan makanan pedas, pegunungan, dan hutan bambu tempat bergantungnya Panda Raksasa yang terancam punah. Mayoritas kisaran Panda Raksasa berada di provinsi Sichuan, dengan populasi yang lebih kecil di provinsi Shaanxi dan provinsi Gansu.

Tempat kelahiran 124 panda baru pada 2008, Pangkalan Penelitian Chengdu Pembibitan Panda Raksasa dimulai melalui penyelamatan 6 panda pada 1980-an dan bercita-cita untuk diakui sebagai tujuan kelas dunia untuk penelitian, pendidikan, dan pariwisata internasional. Situs ini mudah diakses dari pusat kota Chengdu dengan bus atau kendaraan tetapi menikmati suasana hutan belantara.

Dianugerahi kategori “Daya Tarik Wisata Nasional,” pusat ini menarik minat 3,5 juta wisatawan per tahun untuk melihat panda dan fasilitas pengembangbiakan, interaksi, dan bukit-bukit berhutan lebat di sekitarnya. Situs ini juga memiliki fasilitas untuk memungkinkan pelepasan panda secara bertahap ke alam liar, dan melakukan proyek kerja lapangan yang penting untuk meneliti ekologi, konservasi, serta sejarah kehidupan panda di alam liar maupun memelopori teknik pemuliaan konservasi panda.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

10 Destinasi Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Pergi ke Cina 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado