Traveling   

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang

8 menit


10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 1

Ingin melakukan perjalanan dan melihat dunia dalam segala keindahan dan keanekaragamannya adalah mimpi bagi banyak orang. Berbagai budaya, tradisi, dan cara berpikir yang ditemukan di setiap sudut dunia dapat memperluas pikiran setiap wisatawan. Setiap benua berbeda, tidak hanya dalam hal geografis, tetapi dalam hampir semua hal lainnya.

Keajaiban alam sendiri memberi penghuninya inspirasi untuk apa yang kemudian mereka bangun. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 10 tempat di seluruh dunia yang, meskipun agak terpencil, mungkin bisa menjadi tujuan yang kamu cari.

Pulau Kecil Procida di Italia

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 3

Menjadi salah satu negara paling indah di dunia, Italia memiliki beberapa tempat yang benar-benar menakjubkan yang penuh dengan sejarah, budaya, dan tradisi. Sayangnya, ini membawa kekurangan bagi wisatawan. Harus berjuang melewati kerumunan adalah hal yang menyenangkan bagi siapa pun, jadi kamu pada dasarnya pergi dengan tiga pilihan. Kamu mengunjungi Italia di musim dingin, pergi ke tempat yang tidak begitu menarik, atau kamu bisa pergi ke pulau Procida.

Selain harus naik feri ke sana, yang menyenangkan adalah kamu bisa melihat Italia tanpa harus berurusan dengan jumlah wisatawan yang ramai. Pulau terkecil di Teluk Napoli ini juga merupakan tempat terbaik untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Dengan pengecualian pada Agustus, ketika ribuan orang berduyun-duyun ke pantainya, Procida menawarkan beberapa situs yang benar-benar indah dan harta karun Italia yang tersembunyi, baik secara budaya maupun arsitektur. Kamu juga akan mendapatkan pemandangan Napoli yang menakjubkan dengan Gunung Vesuvius di latar belakangnya. Tidak diketahui oleh banyak orang adalah bahwa, selain Gunung Vesuvius, ada gunung berapi super besar yang jauh lebih berbahaya, Campi Flegrei Caldera, terletak tepat di bawah Teluk Napoli.

Quinta da Regaleira di Portugal

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 4

Tidak jauh dari ibu kota Portugal, Lisbon, di dalam kota bersejarah Sintra, terletak sebuah perkebunan yang sangat menarik, penuh dengan rahasia dan misteri. Meskipun mempunyai banyak pemilik sepanjang keberadaannya, tempat itu tidak pernah kehilangan daya tariknya. Dibangun pada tahun 1900 oleh António Augusto Carvalho Monteiro, istana ini menggabungkan fitur-fitur Gothic, Mesir, Moor, Renaissance, dan kadang-kadang dikenal sebagai “Istana Monteiro Millionaire”. Tetapi selain istana itu sendiri menakjubkan, dipenuhi dengan segala macam detail arsitektur seperti gargoyle yang bertengger di atas atap, fitur-fitur yang sangat menarik terletak di bawah tanah.

Dua sumur dalam, digali jauh di bawah bumi, dengan tangga spiral yang dirancang indah hingga ke dasar. Namun, sumur-sumur ini tidak pernah dimaksudkan untuk pengumpulan air, melainkan untuk semacam upacara inisiasi misterius. Sintra, dan memang seluruh Portugal, sangat terkait dengan ordo Masonik, Ksatria Templar, dan Rosicrucian. Seluruh lahan perkebunan terdiri dari taman-taman indah, danau, gua, air mancur, dan sistem terowongan membingungkan yang menghubungkan dua sumur, yang lebih dikenal sebagai “Menara Terbalik.”

Pemakaman Sapanta Merry di Rumania

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 5

Di suatu tempat dekat perbatasan dengan Ukraina, di lereng Pegunungan Carpathian, wilayah Transylvania Rumania, ada sebuah desa kecil dengan tidak lebih dari 3.200 orang. Masih mengikuti cara hidup yang belum sempurna, tidak secara khusus berubah oleh zaman teknologi yang kita jalani sekarang, orang-orang ini telah mengembangkan cara yang agak “riang” dalam memandang kehidupan, kematian, dan akhirat. Menjadi orang Kristen Ortodoks, penduduk desa dari Sapanta menguburkan orang mati dengan cara yang benar-benar unik, bertentangan dengan ajaran agama mereka yang keras. Setiap orang yang meninggal di kuburan mereka memiliki salib berwarna cerah, terbuat dari kayu ek, menggambarkan beberapa sifat mereka yang paling berkesan, serta kekurangan mereka, dengan cara yang paling lucu.

Baca juga  7 Pantai Cantik di Sulawesi Utara yang Mempesona

Sekitar 800 atau lebih monumen berukir menawarkan pengunjung sebuah “festival warna,” yang menggambarkan orang mati, baik dalam kehidupan, atau pada saat kematian mereka, dan disertai dengan puisi polos, namun lucu, sebagian besar adalah permintaan maaf atas cara hidup mereka yang sederhana. Mirip dengan pemiliknya, gambar-gambarnya sederhana dan belum sempurna, menggambarkan wanita yang memintal benang, petani di traktor yang paling berharga, atau seorang musisi yang memainkan cello tiga senar lokal. Satu puisi di antara banyak puisi berbunyi, “Satu hal lagi yang sangat kucintai, duduk di meja di bar, di sebelah istri orang lain.” Selebihnya, kamu harus mencari tahu sendiri.

Chand Baori di India

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 6

Dibangun sekitar abad ke-9 M oleh Raja Chanda, Chand Baori terletak di desa Abhaneri, Rajasthan. Unik di India, diperkirakan ada 3.000 sumur di seluruh bagian utara negara itu. Yang ini, bagaimanapun, adalah yang terbesar dan paling indah. Dengan kedalaman 13 lantai, sumur ini turun sekitar 65 kaki ke tanah dan dihiasi tiga dari empat sisinya dengan lebih dari 3.500 anak tangga yang sempit, diatur dalam simetri sempurna.

Kembali pada zamannya, Chand Baori menawarkan kepada penduduk setempat sumber air bersih yang andal, karena seluruh wilayah “diganggu” dengan iklim kering yang sangat panas hampir sepanjang tahun. Sekalipun hujan monsun terjadi setiap 6 bulan, airnya menghilang hampir secepat air jatuh dari langit. Bukaannya yang besar digunakan untuk menangkap hujan sebanyak mungkin, serta membiarkannya terisi air tanah. Warga kota biasa duduk di sekitar sumur dan mendingin selama hari-hari musim panas, karena suhu di pangkalan setidaknya beberapa derajat lebih rendah daripada di permukaan.

Langkah-langkah itu sendiri membentuk pola geometris yang memikat, sementara paviliun memiliki relung yang dihiasi dengan patung-patung India yang indah dan rumit. Bahkan ada kediaman kerajaan dengan kamar untuk Raja dan Ratu, serta panggung untuk seni pertunjukan. Saat ini air di bagian bawah berwarna hijau dan tidak cocok untuk minum, tetapi untuk jangka waktu yang lama, tempat tersebut adalah garis hidup bagi semua penduduk di wilayah itu, termasuk banyak hewan.

Desa Popeye di Malta

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 7

Negara pulau Mediterania, Malta adalah rumah bagi sebuah komunitas kecil yang dikenal sebagai Desa Sweethaven. Tempat ini juga memiliki nama lain: Desa Popeye. Sweethaven dibangun sebagai set film untuk film Robin Williams 1980, Popeye. Sejak itu menjadi penghargaan untuk karakter kartun populer, serta objek wisata udara terbuka dan museum. Selain pengaturannya yang indah, kamu akan terkejut menemukan bahwa Popeye, Olive Oyl, Bluto, Swee’Pea, dan Wimpy, semuanya berjalan di jalanan desa kecil ini. Tempat liburan yang sempurna untuk anak-anak, karena kamu dapat melakukan perjalanan, mengunjungi rumah bermain, pertunjukan boneka, dan sesi bioskop yang menampilkan film ini.

Baca juga  7 Pantai Terindah di Lampung yang Cocok Buat Liburan

Ada juga lapangan golf mini dan mencicipi anggur gratis untuk orang dewasa, serta sesi melukis wajah, pemodelan balon, mendongeng, barbeque di udara terbuka, dan segala macam kerajinan lainnya untuk semua orang. Tergantung pada musim, ada trampolin air, kolam bermain, dan naik perahu selama musim panas, serta Parade Natal bersama dengan kota mainan Santa pada bulan Desember. Sebuah pemecah gelombang besar dibangun di Anchor Bay, untuk melindungi Desa Sweethaven dari laut lepas. Lebih dari 8 ton paku menyatukannya, dan lebih dari 2.000 galon cat digunakan untuk membuatnya terlihat seperti “kartun.”

Masjid Putra di Malaysia

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 8

Menghadap ke Danau Putrajaya buatan manusia di Putrajaya, ibukota administrasi Malaysia, Masjid Putra bisa dibilang salah satu masjid paling indah dan paling modern di dunia. Dibangun pada tahun 1999, terletak di sebelah kantor Perdana Menteri Malaysia. Yang membedakannya dari yang lain adalah gaya arsitekturnya benar-benar menarik dan unik, yang secara harmonis memadukan motif-motif Islami bersama dengan banyak desain tradisional. Kubah merah muda terbuat dari granit berwarna seperti mawar, dan dapat dengan mudah menampung 15.000 jamaah pada waktu tertentu. Basisnya mirip dengan Masjid Raja Hassan di Casablanca, Maroko. Menaranya dipengaruhi oleh desain Masjid Sheikh Omar di Baghdad, dan tingginya 380 kaki, tanpa diragukan lagi merupakan struktur tertinggi di seluruh wilayah.

Aula Doa, Sahn, didekorasi dengan beberapa fitur serta motif air yang benar-benar elegan, menjadikannya ruang doa yang tenang dan santai. Di dalamnya, ada 12 kolom menopang kubah dengan diameter 118 kaki. Mimbar dan mehrab (ceruk yang menunjukkan arah Mekah) dihiasi dengan khat atau kaligrafi Islam. Masjid Putra mampu menggabungkan desain arsitektur Malaysia, Persia dan Arab-Islam dalam rumah ibadah yang harmonis dan elegan, menyenangkan baik penduduk lokal maupun turis.

Djenne-Djenno di Mali

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 9

Dihuni sejak 250 SM, Delta Sungai Niger adalah rumah bagi “kota khas Afrika”. Seluruhnya terbuat dari tanah liat, kota Djenne-Djenno dengan cepat menjadi pusat perdagangan penting di pasar emas trans-Sahara. Dibangun di atas bukit-bukit kecil di dalam Delta itu sendiri, orang-orang Bozo dapat melarikan diri dari rawa-rawa dan banjir yang terjadi setiap tahun pada musim hujan. Bahkan, orang-orang ini terbukti menanam padi liar di wilayah itu, bahkan jauh sebelum Djenne-Djenno dibangun. Bukti arkeologis lebih lanjut menunjukkan keberadaan manusia yang berkelanjutan di situs tersebut sampai abad ke-14, ketika mayoritas orang pindah ke kota terdekat, Djenne, yang dibangun pada abad ke-11. Tetapi sampai saat itu, kota dan istana itu sendiri, bertindak sebagai pusat kekuasaan nyata di wilayah mereka.

Dengan konversi Raja Koumboro ke Islam pada abad ke-13, istana agung di pusat kompleks 120 hektar dikonversi menjadi masjid. Pada awal setiap bulan April, orang-orang yang tinggal di Djenne berkumpul bersama dalam ritual lokal yang benar-benar menakjubkan. Karena tanah liat yang membentuk seluruh Djenne-Djenno mudah tersapu selama musim hujan, penduduk setempat terlibat dalam menambahkan lapisan lumpur baru di seluruh permukaan Masjidil Haram.

Ulan-Ude di Rusia

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 10

Ketika perpecahan di Gereja Kristen Ortodoks Rusia terjadi pada tahun 1650-an, sekelompok orang yang dikenal sebagai “Old Believers” harus meninggalkan rumah mereka ke Siberia untuk menjalankan agama. Resmi didirikan pada 1666 oleh sekelompok Cossack sebagai benteng, Udinskoye (sekarang Ulan-Ude) segera menjadi kota perdagangan yang penting, karena lokasinya di sepanjang rute karavan teh dari Cina melalui Troitskosavsk (sekarang Kyakhta). Hingga tahun 1991, dengan jatuhnya Uni Soviet, kota ini ditutup untuk orang asing karena kegiatan militer yang terjadi di sana.

Baca juga  7 Pantai Terbaik di Kebumen untuk Bersantai Saat Liburan

Namun saat ini, segalanya telah berubah menjadi lebih baik, dan Ulan-Ude adalah rumah bagi sekitar 400.000 penduduk, dengan senang hati menyambut siapa pun yang ingin berkunjung. Berada sangat jauh dari ibu kota Moskow dan, pada kenyataannya, bagian barat negara itu, Ulan-Ude memiliki arsitektur yang benar-benar unik. Dengan lebih dari 20% populasi keturunan Mongolia, tempat ini jelas terlihat dalam gaya bangunan. Selain banyak situs menyenangkan dan eksotis menyegarkan yang dapat ditemukan di seluruh kota, hanya 96 kilometer di utara terdapat Danau Baikal, yang dengan sendirinya menawarkan pengalaman yang luar biasa.

Ouro Preto di Brasil

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 11

Ouro Preto (Emas Hitam), di provinsi Minas Gerais Brasil, adalah kota kecil yang mengingatkan akan zaman keemasan negara itu pada abad ke-17 dan ke-18. Namun, banyak gereja, bangunan, jembatan, dan air mancur adalah penghubung permanen dengan masa lalunya yang mulia. Menjadi kaya akan emas dan sumber daya lainnya, wilayah Minas Gerais dipenuhi dengan ranjau, dan Ouro Preto adalah ibukotanya dari tahun 1720 hingga 1897. Bertengger di lereng curam dan perbukitan di Vila Rica (Lembah Kaya), kota ini memiliki pemandangan yang indah, tata letak yang tidak teratur, mengikuti belokan lembah itu sendiri.

Kota ini juga merupakan pusat simbolis dari Inconfidência Mineira pada tahun 1789, sebuah gerakan kemerdekaan Brasil, dan rumah bagi banyak seniman Brasil saat itu. Karena isolasi wilayah ini pada abad ke-19 dan ke-20, serta stagnasi ekonomi pada periode yang sama, Ouro Preto mempertahankan banyak konstruksi kolonial aslinya dan arsitektur umum tetap utuh. Akibatnya, seluruh kota sekarang menjadi Situs Warisan Dunia dan berada di bawah mandat untuk pelestarian kolonialnya. Jika kamu tertarik melihat Brasil seperti dulu, ratusan tahun yang lalu, Ouro Preto adalah tujuan perjalanan yang baik.

Selokan Toronto di Kanada

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 12

Sistem pembuangan kotoran Toronto jelas merupakan sesuatu yang layak untuk dilihat. Meskipun secara teknis tidak diizinkan, seseorang dapat memperoleh akses dengan izin khusus dan jika didampingi oleh karyawan pekerjaan umum. Atau, kamu dapat menemukan jalanmu sendiri melalui banyak lubang pembuangan, poros perawatan, saluran pembuangan, dan cabang pengolahan air, jika kamu benar-benar ingin merasakan adrenalin yang hilang dalam kehidupan sehari-hari.

Mengingat sistem pengelolaan limbah kota yang terpelihara dengan baik, jaringan lorong di bawah jalan-jalannya lebih mirip terowongan kereta bawah tanah daripada yang lain. Ini telah menghasilkan subkultur eksplorasi kota di sekitar Toronto. Garrison Creek Sewer, misalnya, mengalir di bawah ujung barat kota dan dulunya, seperti namanya, merupakan aliran air di atas tanah yang alami. Tetapi ketika Toronto semakin besar, dewan kota dengan bijak memutuskan untuk menguburnya di bawah tanah, karena perlahan-lahan menjadi “jalan raya” untuk limbah manusia dan barang lainnya. Mengingat umurnya sudah lebih dari 100 tahun, itu mengejutkan karena dalam kondisi yang sama baiknya. Sekarang, jika kamu tidak memiliki sarana untuk pergi jauh-jauh ke Paris dan mengunjungi katakombe, selokan Toronto mungkin memberimu gambaran tentang semua itu.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

10 Destinasi Wisata Unik yang Jarang Diketahui Orang 13

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

Legend