Traveling   

10 Objek Wisata di Padang Pariaman yang Tidak Boleh Dilewatkan

5 menit


10 Objek Wisata di Padang Pariaman yang Tidak Boleh Dilewatkan 1

Kota madya di Sumatera Barat bernama Padang Pariaman ini memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dengan pantai sepanjang 12,5 km ditambah 6 pulau yang eksotis membuat kota ini kaya dengan objek wisata bahari.

Apalagi pada beberapa tahun terakhir, pemerintah setempat semakin serius dalam mengembangkan industri pariwisata dengan melengkapi berbagai macam fasilitas untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke kota Pariaman.

Inilah 10 objek wisata di Padang Pariaman yang menghadirkan kesan mendalam dan tidak boleh dilewatkan:

Pantai Tiram

Pantai Tiram

Hanya butuh waktu sekitar 5 – 10 menit untuk mencapai pantai ini dari Bandara Internasional Minangkabau karena jaraknya memang hanya sekitar 10 Km. Selain menyuguhkan keindahan pemandangan pantai, para wisatawan yang datang ke sini juga dapat menikmati berbagai macam kuliner khas Minang dan Pariaman di rumah-rumah makan dan warung-warung lesehan yang berjajar di sepanjang pantai.

Tentunya akan memberikan kenikmatan tersendiri saat menyantap keripik udang, Sala Lauak, dan berbagai makanan khas lainnya sambil memandang keindahan panorama laut dan hembusan angin pantai yang semilir.

 

Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah

Pantai inilah yang menjadi tempat digelarnya puncak acara tradisi budaya Tabuik yang di Jawa sering disebut dengan upacara Larung Sesaji. Pada saat acara tahunan ini digelar, Pantai Gondoriah dipenuhi oleh pengunjung yang datang dari seluruh penjuru Sumatera Barat.

Pada hari-hari biasa, meski tidak seramai saat digelarnya acara tradisi budaya Tabuik, namun pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung, karena panorama yang disuguhkannya memang sangat indah.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang berhiaskan gugusan pulau-pulau kecil dengan pasir pantai yang putih bersih serta pohon-pohon cemara yang berjajar di sepanjang tepi pantai. Di sini para wisatawan dapat berenang, berselancar, menikmati olah raga pantai lainnya, atau hanya sekedar duduk memanjakan mata.

 

Air Terjun Baburai

air-terjun-baburai

Air terjun Baburai menjadi salah satu objek wisata di Pariaman yang wajib untuk dikunjungi karena keindahan alam yang disuguhkannya memang sangat memukau. Untuk menuju ke destinasi wisata yang satu ini wisatawan harus sedikit bersusah payah karena menempuh perjalanan yang cukup melelahkan namun mengasyikkan.

Baca juga  8 Destinasi Wisata Menarik di Tomohon, Sulawesi Utara

Berlokasi di Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucur, Kecamatan Lima Koto Kampung Dalam, yang jaraknya sekitar 70 Km dari Pariaman ini, pengunjung harus melewati jalan yang berkelak-kelok dengan kanan-kiri jalan terhampar lahan-lahan persawahan dengan latar belakang pemandangan pegunungan yang hijau. Setelah itu masih harus melewati tangga untuk mendekati lokasi air terjun. Meski cukup menguras tenaga, namun pemandangan alam yang tersaji akan segera menghapus rasa letih.

 

Pulau Kasiak

Pulau Kasiak

Daya tarik yang dihadirkan Pulau Kasiak tidak hanya sebatas pada panorama alamnya yang indah dan masih alami dengan pantainya yang berpasir putih, tapi juga karena pulau ini merupakan suaka margasatwa yang menjadi tempat bertelur beberapa jenis penyu yang dilindungi.

Pulau yang tidak berpenghuni dengan luas 2,5 hektar ini juga memiliki sebuah menara suar setinggi 40 meter yang dapat dinaiki untuk melihat keindahan Pulau Kasiak di setiap sudutnya. Pengunjung dipastikan akan terpukau saat melihat sekeliling pulau yang dikelilingi pasir berwarna putih bersih serta birunya laut dengan air yang tenang.

 

Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai

Berada di kawasan Hutan Gamaran Salibun Lubuk Alung yang menjadi bagian dari Cagar Alam Nasional Bukit Barisan I, keindahan Air Terjun Nyarai benar-benar membuai. Dikelilingi pohon-pohon besar berhias batu-batu raksasa, keindahan air terjun setinggi 8 meter ini bagai dipahat alam.

Pengunjung bakal disuguhi pemandangan aliran air yang dibendung dua batu raksasa yang membawanya masuk ke kolam alam dengan airnya yang jernih berwarna hijau toscha. Di dalam kolam alam tersebut, banyak terdapat ikan dengan berbagai jenis yang dapat ditangkap dengan  dipancing atau menggunakan pistol tombak. Sedang di atas kolam, akar-akar pohon bergelantungan siap dipakai untuk bermain ayunan oleh para pengunjung yang datang.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, wisatawan yang berangkat dari Kota Padang harus menempuh perjalanan dengan kendaraan umum sekitar 1 jam. Dilanjutkan berjalan kaki dari posko wisata sejauh 3,5 km dengan melewati hutan liar dan sungai yang dangkal. Total butuh waktu 2 – 3 jam untuk menempuh perjalanan dan butuh didampingi pemandu wisata jika tidak ingin tersesat.

Baca juga  5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Bandung

 

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Ingat dengan cerita Malin Kundang yang dikutuk ibunya menjadi batu? Latar belakang cerita tersebut bertempat di pantai ini. Bahkan, batu berwujud manusia dan serpihan kapal yang dipercaya penduduk setempat sebagai penjelmaan Malin Kundang beserta kapalnya juga dapat ditemui di Pantai Air Manis.

Tidak hanya legenda Malin Kundang saja yang menjadi daya tarik dari objek wisata pantai ini, tapi juga panoramanya yang memanjakan mata. Selain menikmati indahnya pemandangan, wisatawan juga dapat berperahu mengunjungi dua pulau kecil yang lokasinya tidak begitu jauh dari pesisir, yaitu Pulau Pisang Gadang dan Pulau Pisang Ketek.

 

Pulau Ujung

Pulau Ujung

Pulau yang berada di kawasan perairan Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara ini selain menyuguhkan keindahan panorama pantai juga memiliki taman bawah laut yang memukau.

Dengan air laut yang jernih berwarna hijau pekat serta pasir putih yang mengelilingi, membuat mata tidak pernah bosan menikmatinya. Terlebih dengan hadirnya berbagai vegetasi pepohonan, membuat suasana sekeliling terlihat indah dan asri.

Sedang untuk taman bawah lautnya, tersaji terumbu karang yang masih alami dengan berbagai jenis ikan dan aneka biota laut. Tidak heran jika pengelola wisata menyediakan peralatan snorkeling untuk disewakan kepada wisatawan yang datang.

 

Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo

Pulau kecil yang berjarak sekitar 65 km dari Kota Pariaman ini tidak hanya dilirik wisatawan domestik tapi juga dikunjungi oleh banyak wisatawan manca. Itu sebabnya fasilitas yang ada di Pulau Angso Duo terbilang lengkap, mulai dari tempat bilas, kamar mandi, mushollah, berbagai macam wahana permainan air, tempat persewaan peralatan snorkeling serta penginapan.

Daya tarik dari pulau seluas 5,13 hektar ini terbilang lengkap, mulai dari panorama pantainya yang berpasir putih dan berpagar pohon-pohon kelapa, keberadaan makam dengan panjang 6 meter yang dijadikan objek wisata religi sampai dengan keindahan panorama bawah lautnya.

Baca juga  10 Tempat Ini Dianggap Gerbang Menuju Neraka

 

Pemandian Tapian Puti

Pemandian Tapian Putih

Pemandian ini dibentuk oleh proses alam yang menjadikannya terlihat unik dan menarik untuk dilihat sekaligus dijadikan latar belakang foto. Betapa tidak, pemandian ini terdiri atas 7 tingkat, dan di setiap tingkatnya mengguyur aliran air dari atas ketinggian laksana air terjun kecil.

Tidak hanya itu, di setiap tingkatan juga terhampar kolam-kolam kecil yang digenangi air jernih, membuat siapapun tidak akan tahan untuk menikmati segarnya air dengan mandi di salah satu dari puluhan kolam yang dipahat oleh alam.

Untuk menuju ke lokasi, wisatawan harus menempuh perjalanan dari Kota Padang sejauh 40 km  menuju Korong Sikabu disusul dengan  mendaki bukit dengan berjalan kaki untuk menuju ke lokasi. Meski cukup melelahkan namun sangat menyenangkan, karena di sepanjang perjalanan telah menyambut rimbunnya pepohonan, kicauan burung serta udara yang sejuk.

 

Pantai Muara Manggung

Pantai Muara Manggung

Disinilah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset. Saat senja tiba, alam seolah bersatu padu menghadirkan keindahan yang sulit untuk diungkap dengan kata-kata. Sambil menunggu senja, berbagai aktifitas seru bisa dilakukan oleh pengunjung.

Berbagai aktifitas yang dapat dilakukan di Pantai Muara Manggung diantaranya adalah mandi di laut dengan airnya yang jernih dan berombak kecil, melihat penyu-penyu di tempat penangkaran secara gratis, atau menuju ke kawasan hutan bakau untuk berpetualang menyusuri kawasan hutan bakau dengan menggunakan rakit.

Untuk menuju ke Pantai Muara Manggung tidaklah sulit, karena jaraknya hanya sejauh 5 km dari pusat Kota Pariaman dengan akses jalan yang beraspal halus dan cukup lebar untuk dilewati kendaraan roda empat.

Itulah 10 objek wisata di Padang Pariaman yang tidak boleh dilewatkan. Jika belum puas, masih terdapat sejumlah spot wisata lainnya yang tidak kalah memukau, seperti Pulau Tangah, Pantai Cermin, Pantai Kata, Pantai Belibis, Balai Konservasi Penyu, Nyarai Lubuk Alung, Pemandian Tirta Alami, dan sejumlah tempat wisata lainnya.

10 Objek Wisata di Padang Pariaman yang Tidak Boleh Dilewatkan 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

Legend