10 Tempat yang Bikin Kita Terasa di Planet Lain

Sungguh terasa seperti bukan di Bumi.8 menit


49
49 upvote
10 Tempat yang Bikin Kita Terasa di Planet Lain 1

Apakah benar-benar ada masa ketika Bumi diperintah oleh alien, melakukan sihir, berjuang untuk supremasi dan meninggalkan kekacauan? Mungkinkah alien telah mengunjungi alam ini dan mengeksploitasi mereka untuk beberapa tujuan licik? Tentu, para ilmuwan berhasil menemukan penjelasan yang masuk akal untuk bentang alam dunia yang tidak wajar.

Namun, mereka gagal menghasilkan alasan yang dapat diterima untuk simetri sempurna, palet warna yang rumit, dan kemiripan yang mencolok dengan struktur buatan manusia, atau mungkin buatan alien. Bermandikan legenda dan misteri, siapa yang bisa mengatakan dengan pasti berapa banyak fiksi, dan berapa banyak fakta sebenarnya? Bagaimanapun, hanya ada setitik bukti tentang bagaimana dunia terlihat seperti jutaan tahun yang lalu.

Ada tempat-tempat unik di planet ini. Kita tidak lagi harus bermimpi bepergian ke Bulan atau Mars. Lanskap yang menakjubkan ini tampak seperti dari luar angkasa, beberapa lukisan surealis atau film Sci-Fi. Sekalipun demikian, mereka telah melahirkan lokasi-lokasi indah yang memukau, beberapa berwarna cerah, yang lainnya mati, tetapi sangat indah. Mereka adalah bukti tertinggi bahwa imajinasi Alam melebihi imajinasi kita.

1. Pu’u O’o Volcano di Hawaii

description

Menjadi terkenal ketika dijuluki letusan gunung berapi terpanjang di planet ini dan gunung berapi paling aktif dalam lima abad terakhir. Sejak 1983, gunung ini meletus tanpa henti, menuangkan satu mil kubik lava, meliputi 49 mil persegi tanah, dan menghancurkan 214 bangunan. Kadang-kadang, lahar terlempar hingga 1.500 kaki ke udara, menampilkan cukup banyak pertunjukan. Tiga tahun setelah letusan pertamanya, aliran lava mencapai perairan samudra, sekitar 10 mil dari kawah, membentuk banyak tabung lava dan awan uap yang mengesankan naik tinggi di atas tanah. Letusan yang paling merusak tercatat pada tahun 1990, ketika dua pemukiman ditutupi oleh lava, menghancurkan lebih dari 100 rumah.

Legenda Hawaii berbicara tentang dewi gunung berapi Hawaii, Pele, yang menggunakan tongkat sihirnya untuk membuka mulut gunung berapi. Nama O’o sebenarnya merujuk pada instrumen ini dengan kekuatan gaib. Terlepas dari ancaman terus-menerus yang ditimbulkannya, gunung berapi ini terus memukau para peneliti dan menarik banyak wisatawan serta pencari sensasi yang ingin melihat sekilas seperti sup purba mendidih yang bersiap-siap untuk meremas alam baru. Bagaimanapun, pemandangan yang langka dan luar biasa seperti itu bukanlah sesuatu yang harus dihadapi setiap hari. Gunung berapi termuda di Pulau Besar, Pu’u O’o tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti atau melambat dalam waktu dekat.

2. Bukit Cokelat di Filipina

description

Berwarna seperti makanan penutup favorit semua orang. Sayangnya, Bukit Cokelat tidak dapat dimakan. Bukit Cokelat sebagaimana dijuluki secara sugestif, adalah salah satu fenomena geologis yang paling aneh dan paling langka di Bumi. Meliputi permukaan lebih dari 30 mil persegi di Bohol, pulau terbesar kesepuluh di Filipina, tepatnya ada 1.268 bukit seperti itu, dengan ketinggian bervariasi antara 100 hingga 400 kaki.

Dibentuk sekitar 2,5 miliar tahun yang lalu, ada beberapa teori tentang kelahiran mereka. Salah satunya bahwa mereka adalah hasil dari aktivitas tektonik yang bergerak dan meninggikan deposit batu kapur di dasar laut yang pernah memandikan dunia kita. Dan tetap saja, tidak ada yang bisa menjelaskan simetri sempurna mereka. Tercakup dalam tumbuh-tumbuhan, selama musim kemarau yang panjang, perbukitan menghasilkan warna cokelat. Menurut legenda, kerucut terbentuk sejak lama, ketika dua raksasa bertempur di tanah ini, saling melempar batu dan pasir selama beberapa hari berturut-turut, meninggalkan kekacauan yang cukup besar.

Baca juga  7 Pantai Cantik di Sulawesi Utara yang Mempesona

3. Gunung Tianzi di Tiongkok

description

10 Tempat yang Bikin Kita Terasa di Planet Lain 3

Luar biasa tinggi dan ramping, membuat penasaran bagaimana mereka belum runtuh, karena mereka tampaknya menjaga keseimbangan. Jika mereka terlihat akrab, itu karena mereka adalah inspirasi di balik gunung mengambang di planet Pandora dalam film Avatar. Dan mereka memang membuat kita berpikir tempat-tempat di mana alam masih hidup damai dengan manusia dan semua makhluk hidup. Gunung Tianzi di Zhangjijie di Provinsi Hunan Cina terbentuk di bawah air sekitar 380 juta tahun yang lalu. Air dengan sabar mengukir batu pasir yang lembut, hanya menyisakan batu padat di tengah yang masih berdiri seperti menara runcing, sehingga melahirkan sekitar 3.000 bangunan megah, pilar raksasa dan mengesankan ini, beberapa menjulang 4.000 kaki di atas permukaan laut, memuncak melalui kabut seperti penjaga misterius.

Tianzi berarti “Anak Langit”. Nama yang tidak wajar untuk tempat yang tak lazim. Juga dikenal sebagai “Raja Hutan Puncak”, Tianzi membentang lebih dari 16.550 hektar tanah. Ribuan puncak berbentuk artistik, masing-masing berdiri lebih tinggi dari yang lain, menara batu pasir kuarsa yang lapuk dengan puncaknya ditutupi pohon-pohon pinus menyenangkan mata dengan pemandangan dramatis berupa balok-balok besar, obelisk, dan menara yang menunggu “avatar” kita menjelajahinya.

4. Hutan Batu Naigu di Tiongkok

description

Meliputi permukaan 310.000 mil persegi, hutan batu Cina membentang di atas provinsi Guangxi, Yunnan, dan Guizhou. Hutan Batu Naigu di Shilin, di provinsi Yunnan adalah bagian paling spektakuler, karena menawarkan berbagai bentuk dan warna yang rumit. Juga dikenal sebagai Hutan Batu Hitam, formasi batu kapur yang mencolok ini naik langsung dari tanah seperti pohon yang terkalsifikasi, menciptakan ilusi unik dari hutan batu atau lautan badai yang membatu.

Menurut legenda, tempat yang tidak ramah adalah tempat kelahiran Ashima, seorang gadis cantik yang jatuh cinta pada seorang pria yang tidak boleh dinikahinya. Mengalami penderitaan yang luar biasa, dia berubah menjadi batu bersama dengan seluruh hutan di sekitarnya. Dibentuk oleh batu kapur sekitar 270 juta tahun yang lalu, lanskap karst memunculkan suasana misterius, ketika bayangan gelap jatuh di atas paku, menara, blok, dan kolom tak wajar ini, yang paling tinggi sekitar 130 kaki, menyerupai hewan, portal, dan jamur, dengan danau, gua, serta aliran bawah tanah. Naigu sebenarnya berarti “kuno dan hitam”, nama sugestif untuk salah satu tempat paling misterius di dunia.

5. Wadi Rum di Yordania

description

Sangat jelas mengapa mereka menyebutnya Lembah Bulan. Dipopulerkan oleh Lawrence of Arabia, Wadi Rum adalah gurun pasir di Yordania selatan, ditaburi tebing tinggi dan runcing, dan dengan lantai lembah panjang yang dihiasi formasi batu pasir unik. Tebing yang menjulang, lengkungan alami, jalan landai, gua, dan tanah longsor yang mengesankan. Sebuah situs campuran alam dan budaya UNESCO, ngarai sempit Wadi Rum berdiri sebagai saksi bagi lebih dari 12.000 tahun pendudukan manusia, dengan lebih dari 25.000 ukiran batu dan 154 situs arkeologi menawarkan wawasan evolusi kegiatan pastoral dan pertanian di daerah tersebut.

Baca juga  Banyak yang Gak Sadar, Manusia Tak Dapat Hidup Tanpa 5 Hewan Ini

Tenda-tenda besar dari bulu kambing yang sudah menjadi ciri khas di daerah itu, Wadi Rum juga merupakan tujuan panjat tebing yang didambakan, ketika para pencari sensasi melakukan perjalanan ke sini untuk menantang puncak-puncak kesepian ini di rute-rute yang paling sulit. Campuran yang menakjubkan dari pasir merah dan basal hitam, Wadi Rum adalah rumah bagi Tujuh Pilar Kebijaksanaan yang terkenal. Sementara kebanyakan percaya bahwa novel T.E. Lawrence dinamai sesuai dengan formasi batu pasir yang mencolok. Hanya 10 tahun terakhir ini denominasi mulai diterima, dan ketika menghitung pilar dengan hati-hati, ternyata hanya ada 6 dari mereka.

6. Eaglehawk Neck di Tasmania

description

Di sebelah selatan Tasmania, tanah genting pasir tipis menghubungkan Semenanjung Tasman ke daratan. Eaglehawk Neck terkenal karena dua alasan. Yang pertama bahwa itu adalah contoh fasih dari fenomena geologi yang sangat langka, Tessellated Pavement. Karena erosi dan fragmentasi batuan yang disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik, tanah tampak seolah-olah terbuat dari ratusan ubin geometris sempurna.

Alasan lainnya adalah Eaglehawk Neck menceritakan kisah mengerikan tentang penjara pertama di dunia yang dijaga anjing. Hewan-hewan itu sengaja dibuat kelaparan sehingga mereka menjadi kasar. Hamparan tanah sempit adalah satu-satunya gerbang kebebasan bagi tahanan Inggris di Port Arthur. Para tahanan harus berjalan sejauh 1.300 kaki di tanah genting seluas 100 kaki. Di samping para penjaga, mereka harus melewati 9 anjing ganas yang dirantai pada jarak yang sama satu sama lain, sehingga mereka tidak dapat mencapai satu sama lain, tetapi dapat dengan mudah menangkap siapa pun yang lewat. Ditambah lagi, banyak legenda perairan yang dipenuhi hiu membuat tahanan tidak bisa pergi ke laut. Sepanjang sejarah penjara, hanya 3 pria yang berhasil melarikan diri, pada tahun 1842. Salah satunya adalah Martin Cash yang terkenal.

7. Danau Hillier di Australia

description

Ini bukan permen karet raksasa, atau milkshake stroberi. Ini hanya sebuah danau di Pulau Tengah Australia. Namun itu terlihat seolah-olah suatu zat aneh entah bagaimana tumpah dan mengubahnya menjadi merah muda. Panjang hampir 2.000 kaki, Danau Hillier terpisah dari lautan oleh sebidang tanah sempit, serta dikelilingi oleh tepi pasir putih dan hutan lebat yang sangat kontras dengan air berwarna aneh.

Ada danau merah muda lainnya di dunia, dan asal-usulnya telah dijelaskan. Tetapi dalam kasus khusus ini, tetap tidak pasti dari mana warna danau itu berasal. Telah terbukti bahwa warnanya bukan tipuan cahaya, karena warna merah muda tetap cukup cerah bahkan ketika mengeluarkan air dari danau. Kebanyakan teori masuk akal merujuk pada pewarna yang diciptakan oleh mikroorganisme seperti bakteri dan ganggang yang hidup di danau serta kerak garamnya. Yang pasti air itu tidak membahayakan manusia. Bagaimana pun juga, air merah muda itu tetap menjadi misteri.

8. Gurun Putih di Sahara

description

Jutaan tahun yang lalu, ketika bukit pasir Sahara bermandikan air samudera, endapan kapur besar menumpuk di dasar laut, membentuk formasi batu kapur yang aneh. Ketika air surut, angin membentuk kapur yang tersebar secara acak menjadi bentuk-bentuk yang tidak biasa, membuat padang pasir saat ini tampak dijaga oleh jamur putih raksasa. Sahara el Beyda, demikian penduduk setempat menyebutnya, atau sekadar Gurun Putih di sekitar Farafra Oasis di Gurun Lybian, adalah rumah bagi fenomena geologis yang unik. Sosok kapur lunak berwarna putih dan krem terus berubah di bawah pahatan angin.

Baca juga  5 Film Bertema Bencana Alam yang Mengerikan

Oasis Farafra adalah salah satu pemukiman terkecil dan paling terpencil di Mesir, tidak lebih dari 4.000 penduduk dan 120 mil ke pemukiman terdekat. Namun demikian, banyak wisatawan mengunjungi tempat itu setiap tahun, melewatinya saat berada di Sirkuit Barat. Salah satu dari banyak legenda yang ada di sekitar tempat-tempat ini terkait dengan menghilangnya pasukan Cambyses secara misterius, raja Persia yang menaklukkan Mesir pada abad ke-6 SM. Mungkinkah para penjaga ini adalah prajurit pasukannya yang ketakutan?

9. Deadvlei di Namibia

description

Ini bukan lukisan surealis, dan kamu dapat yakin bahwa tidak ada pohon yang tumbuh di Mars. Itu tidak lebih dari karya alam yang menakjubkan. Pohon sehitam arang, hangus terbakar matahari berdiri tegak di latar bukit pasir tertinggi di dunia. Suatu hari, sebuah sungai melewati Deadvlei. Belakangan, sungai mengering, meninggalkan tempat yang gersang dan tak bernyawa. Kerangka pohon adalah semua yang tersisa dari hutan yang dulu kaya, pengingat bahwa dunia di sekitar kita dapat berubah dalam sepersekian detik.

Dead Vlei berarti rawa atau danau mati. Mereka tidak mungkin menemukan nama yang lebih baik untuk tempat itu. Makam besar lebih dari 900 tahun pohon-pohon tua, masih berdiri tegak seperti penjaga di gurun tandus, namun meskipun tanpa kehidupan, tetap sangat indah. Taman Namib-Naukluft di Namibia adalah rumah bagi beberapa bukit pasir tertinggi di dunia, beberapa mencapai ketinggian 1.312 kaki. Pohon-pohon di gurun sangat tidak biasa. Tapi lanskap surealis ini benar-benar sesuatu yang lain. Dengan ranting-rantingnya yang bengkok dan berkerut, ratusan pohon Akasia yang mati ini sepenuhnya seperti dimumikan, karena kondisinya tidak memungkinkan kayu membusuk, dan malah membatu.

10. Mata Sahara

description

Kawah Bulan tampaknya telah bergerak sedikit lebih dekat. Di tengah Gurun Sahara lebih tepatnya. Struktur Richat di Mauritania, umumnya dikenal sebagai Mata Sahara atau Mata Afrika, terus memikat para peneliti dan ilmuwan dari seluruh penjuru dunia. Dijuluki salah satu misteri terbesar di dunia, mangkuk raksasa, yang terkikis sangat simetris, pertama kali ditemukan oleh para astronot secara tidak sengaja, saat mengambil foto gurun, dan secara implisit tentang kawah, dari luar angkasa.

Pada awalnya, semua orang percaya bahwa formasi geologi yang tidak biasa ini adalah situs dari dampak meteorit, terutama karena ukurannya yang sangat besar – diameternya lebih dari 30 mil. Yang lain berspekulasi itu mungkin produk dari aktivitas gunung berapi. Para peneliti akhirnya sampai pada kesimpulan yang tegas bahwa Struktur Richat adalah hasil dari fenomena alam, lebih tepatnya elevasi berbentuk kubah pegunungan yang telah terkena erosi angin, yang diukir pada waktunya oleh alam sendiri. Tempat itu tetap menjadi misteri, dengan banyak mitos dan hipotesis di sekitarnya, salah satu yang paling menarik adalah bahwa struktur yang terkikis dalam memiliki bentuk yang sangat mirip dengan representasi Atlantis dari Plato.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut?


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

49
49 upvote
Rado

Legend