Traveling   

10 Wisata Tak Lazim di Dunia yang Bisa Kamu Cobain


10 Wisata Tak Lazim di Dunia yang Bisa Kamu Cobain 1

Sambil berkeliling di tempat-tempat baru, kita terpapar pada pemandangan baru, makanan baru, seni baru, dan peradaban baru. Dampak budaya dari pariwisata sebagai suatu peristiwa tidak dapat dipungkiri, tetapi jangan meremehkan pentingnya pariwisata dalam hal ekonomi, karena itu sangat penting dan sektor yang pasti dapat menciptakan prospek pertumbuhan serta posisi kerja baru.

Dengan Rp. 1 triliun dibelanjakan oleh 1 miliar wisatawan setiap tahun secara global, kita tidak hanya harus fokus pada dampak budayanya tetapi pada apa yang telah benar-benar terjadi selama beberapa dekade terakhir – sebuah industri bisnis. Tapi apa yang terjadi ketika pariwisata naik ke tingkat lain dan mencari lebih dari hal-hal biasa yang diminta oleh pariwisata “budaya pop” zaman kita? Apa yang terjadi ketika pariwisata menjadi bidang aktivitas manusia lain di mana pandangan alternatif tentang itu merangsang keingintahuan dan minat manusia?

1. Wisata Atom

description

Ini adalah jenis pariwisata yang muncul setelah Zaman Atom. Wisatawan yang ingin tahu dan terpesona dengan Zaman Atom dapat mengunjungi tempat-tempat penting bagi sejarah Zaman Atom, lokasi di mana terjadi insiden signifikan terkait dengan kekuatan atom. Ada museum yang berspesialisasi dalam senjata atom, tetapi tentu saja situs yang paling banyak dikunjungi adalah tempat sebenarnya di mana bom atom dijatuhkan atau diledakkan.

Tak perlu dikatakan, bahwa Hiroshima dan Nagasaki adalah dua tempat yang paling banyak dikunjungi ketika datang ke wisata atom. Sementara kamu dapat mempelajari setiap detail tentang kecelakaan Nuklir Chernobyl serta pengaruhnya terhadap mereka yang tinggal dan bekerja di sekitar area Museum Chernobyl di Kiev yang bisa dibilang museum paling banyak dikunjungi. Namun sebelum kamu memutuskan untuk berkunjung, akan lebih bijaksana untuk menyewa penerjemah atau pemandu lokal karena hampir semua pameran berada dalam bahasa Rusia.

2. Wisata Tolkien

description

Terlepas dari kesuksesan luar biasa dari buku dan film The Lord of the Rings, ketika pertama kali mendengar tentang jenis pariwisata ini, kita tidak tahu harus berpikir apa. Tentu, Lord of the Rings adalah fenomena budaya dan pop dengan jutaan penggemar fanatik di seluruh dunia, tetapi kita tidak pernah bisa membayangkan bahwa itu akan menjadi alasan untuk bepergian dan pariwisata.

Wisata Tolkien adalah tentang dua hal. Di satu sisi, kunjungan penggemar fiksi berdedikasi kepada Lord of the Rings dan di sisi lain, kunjungan ke setiap situs penting yang disebutkan dalam film atau buku. Selandia Baru adalah negara paling menarik karena merupakan lokasi utama dari seri film oleh Peter Jackson. Dua hot spot Inggris untuk pariwisata penggemar tersebut adalah Oxford dan Birmingham, di mana wisatawan Tolkien dapat menghubungi Masyarakat Tolkien dan menerima apa saja dari artefak hingga seni serta dari perpustakaan hingga pub – apa pun, asalkan terkait dengan Tolkien dengan cara apa pun yang memungkinkan.

Baca juga  5 Pemanfaatan Virtual Reality Paling Kreatif di Dunia

3. Wisata Kegelapan

description

Wisata kegelapan adalah tentang apa pun yang berkaitan dengan kematian, bencana, tragedi, dan dalam beberapa kasus, bahkan kehidupan setelah kematian. Lokasi-lokasi di mana banyak kematian terjadi sangat tinggi dalam agenda para wisatawan yang mengikuti jenis pariwisata ini, dan nilai historis dari tempat-tempat di mana kematian terjadi tampaknya sangat penting juga. Situs tempat bunuh diri massal terjadi – dan berbagai kastil, untuk beberapa alasan – tampaknya menjadi salah satu tempat yang paling disukai. Salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia adalah Kastil Poenari Rumania, tempat Dracula tinggal – dan terbunuh.

4. Wisata Narkoba

description

Saat ini tujuan wisata narkoba sudah cukup mapan, bahkan menjadi arus utama. Untuk penggunaan pribadi dan kesenangan dari hal itu, ibukota wisata narkoba adalah Amsterdam di Belanda, di mana setiap tahun Kafe Cannabis Belanda yang terkenal menarik beberapa juta anak muda dari seluruh dunia. Jika masalahnya semata-mata tentang bisnis dan perdagangan, Kolombia adalah yang pertama.

Sebuah tujuan yang sangat populer, terutama di tahun 90-an, dulunya adalah Goa di India, di mana penggunaan berlebihan obat-obatan seperti ekstasi di pesta adalah fenomena populer. Terlepas dari menurunnya jenis wisata ini, India masih terkenal dengan wisata obat-obatan, terutama ke tempat yang disebut Malana.

5. Wisata Ghetto

description

Wisata Ghetto mungkin yang terbaru dalam daftar ini. Istilah tersebut digunakan untuk pertama kalinya pada pertengahan 2000-an. Dengan penyebaran budaya hip-hop selama 15 tahun terakhir, semakin banyak orang menjadi ingin tahu tentang tempat-tempat di mana genre musik dan gaya hidup yang spesifik ini dimulai. Dalam beberapa tahun terakhir, ghetto-ghetto Amerika di Detroit, New York, Chicago, dan Los Angeles telah menjadi tempat wisata, terutama karena kaum muda yang tertarik dengan gaya hidup, grafiti, musik, dan pakaian khusus ini.

Baca juga  11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Pada suatu waktu, puncak pariwisata semacam ini dulunya adalah Real Bronx Tours, naik bus yang mengangkut wisatawan melalui beberapa ghetto paling terkenal di New York City. Namun sayangnya bagi para pengunjung, Tur Real Bronx berakhir setelah pihak berwenang setempat dan warga lingkungan mengeluh dan merasa terhina dengan cara menggambarkan lingkungan mereka.

6. Wisata Hiu

description

Ya, namanya menyebutkan artinya dalam hal ini, dan sejujurnya kamu mungkin tidak bisa mendapatkan jenis pariwisata yang lebih berbahaya daripada ini. Wisata hiu sebenarnya adalah subgenre dari jenis pariwisata lain – ekowisata. Ini menarik bagi semua orang yang mencintai hiu dan rahang mereka. Apa pun yang terkait dengan hiu Putih Besar (dan hiu lain yang tidak berbahaya) adalah apa yang ditawarkan dalam pengalaman wisata ini. Penyelam berpengalaman dan kandang pelindung wajib dimiliki untuk jenis wisata yang penuh petualangan ini. Terlepas dari profesionalisme tinggi dan organisasi yang sangat baik dari para profesional yang mengoperasikan wisata hiu, ada beberapa kecelakaan, dan bahkan beberapa kematian.

7. Wisata Halal

10 Wisata Tak Lazim di Dunia yang Bisa Kamu Cobain 3

Wisata religius bukanlah hal baru, telah dipraktikkan dalam berbagai bentuk (seperti ziarah) selama berabad-abad, dan jenis wisata religi baru ini telah bertahun-tahun menjadi salah satu jenis yang paling populer, tetapi begitu kamu belajar lebih banyak tentangnya, kamu akan mengerti mengapa hanya orang Muslim yang mau bergabung. Bagaimana kedengarannya jika kamu harus menghabiskan liburan tanpa minum alkohol, tanpa berhubungan seks, dan harus berenang di kolam renang terpisah untuk pria dan wanita? Percaya atau tidak, itulah yang ditawarkan pariwisata halal. Namun, jenis wisata khusus ini cukup populer di negara-negara Islam tertentu seperti Maroko dan Turki, yang mencoba menarik lebih banyak turis Muslim setiap tahun.

8. Wisata Perang

description

Kadang-kadang ini disebut sebagai “wisata bunuh diri,” dan tidak adil. Perbedaan signifikan antara jenis pariwisata ini dan wisata atom atau kegelapan adalah bahwa dalam kasus ini, wisatawan mengunjungi zona perang aktif untuk mengalami seperti apa rasanya berada di tengah-tengah bom, peluru, dan granat. Turis yang datang biasanya adalah pecinta olahraga ekstrim, dan umumnya mengejar petualangan yang memberi mereka suntikan adrenalin yang besar.

Baca juga  6 Jenis-jenis Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

Ada rekor jumlah wisatawan perang yang tinggi selama perang di Afghanistan – dan juga laporan kasus pengunjung yang kehilangan nyawa mereka. Untuk wisatawan perang yang lebih damai dan tidak terlalu mencari bahaya, ada kelompok yang berspesialisasi dalam mengunjungi zona perang yang tidak aktif, di mana segala sesuatunya dapat menjadi sedikit lebih santai untuk semua orang yang terlibat.

9. Wisata Kesuburan

10 Wisata Tak Lazim di Dunia yang Bisa Kamu Cobain 4

 

Mungkin beberapa orang akan buru-buru menghubungkan jenis wisata khusus ini dengan wisata seks, tetapi mereka lebih baik berpikir dua kali. Pariwisata kesuburan – atau pariwisata reproduksi, demikian sebutannya – sepenuhnya legal dan tidak bersalah. Untuk itu, dapat dianggap sebagai bagian dari apa yang dikenal sebagai wisata medis. Ribuan pasangan setiap tahun, kebanyakan dari negara maju, melakukan perjalanan untuk menemukan donor sperma yang sempurna.

Jenis pariwisata ini ada karena beberapa negara memiliki peraturan hukum liberal tentang donasi sperma atau biaya yang lebih rendah untuk seluruh prosedur, karena biaya berbeda secara dramatis dari satu negara ke negara lain. Berbagai studi statistik tampaknya menunjukkan bahwa negara-negara yang dihuni oleh pria-pria jangkung, berambut pirang, bermata biru sangat disukai dibandingkan negara-negara yang tidak memiliki banyak pria seperti ini.

10. Wisata Bunuh Diri

description

Tanpa diragukan lagi ini adalah jenis wisata paling mengerikan yang pernah dibayangkan. Seperti judulnya, wisata bunuh diri terkait dengan bunuh diri dan eutanasia. Kebanyakan orang yang memulai tur ini ingin mengakhiri hidup mereka. Biasanya mereka adalah penyandang cacat fisik atau pasien yang menderita masalah emosional seperti depresi klinis. Wisata bunuh diri sebagian besar diselenggarakan untuk sekelompok besar orang yang mencari tujuan di mana eutanasia diizinkan.

Tujuan utama beberapa orang dalam tur bunuh diri adalah untuk mencapai dekriminalisasi eutanasia di negara-negara di seluruh dunia, tetapi ada juga kelompok-kelompok kecil yang mencari situs pemandangan ideal sebagai tempat untuk mengakhiri hidup mereka. Di AS, Jembatan Golden Gate di San Francisco adalah salah satu yang paling populer.

Bagaiamana? Berminat untuk mencoba salah satunya?

10 Wisata Tak Lazim di Dunia yang Bisa Kamu Cobain 5


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments