Traveling   

12 Destinasi Wisata Ramah Lingkungan, Cocok untuk Liburan!


12 Destinasi Wisata Ramah Lingkungan, Cocok untuk Liburan! 1

Ada begitu banyak tempat menakjubkan untuk dikunjungi di seluruh dunia. Jika lingkungan adalah hal yang penting bagimu, pertimbangkan untuk memprioritaskan tujuan ramah lingkungan dan berkelanjutan yang membantu mengimbangi jejak karbon perjalananmu. Tujuan perjalanan sadar lingkungan adalah menggunakan energi terbarukan, melawan perubahan iklim, dan menawarkan peluang kesukarelaan untuk melestarikan sumber daya alam.

Berikut ini adalah 12 destinasi perjalanan ramah lingkungan yang bisa kamu coba kunjungi.

1. Kosta Rika

12 Destinasi Wisata Ramah Lingkungan, Cocok untuk Liburan! 3

Kosta Rika adalah rumah bagi banyak kawasan lindung dan spesies satwa liar maupun tanaman yang berbeda. Di sini kamu dapat mengunjungi berbagai habitat alami, termasuk hutan hujan, gunung berapi, dan pantai. Kamu juga dapat menemukan banyak hotel ramah lingkungan untuk menginap dan restoran yang mencari bahan-bahan lokal untuk mendukung para petani di kawasan itu.

Sebagian besar wilayah di negara ini mendapatkan listriknya dari sumber yang terbarukan, dan peluang sukarela juga tersedia untuk wisatawan yang berminat. Rencanakan untuk mengunjungi Semenanjung Osa ketika kamu berada di Kosta Rika untuk menemukan keanekaragaman hayati yang kaya dan belajar tentang cara hidup lokal.

2. Kepulauan Galapagos

12 Destinasi Wisata Ramah Lingkungan, Cocok untuk Liburan! 4

Wisatawan yang peduli dengan pelestarian lingkungan senang bepergian ke Kepulauan Galapagos karena banyaknya spesies yang hidup di sini. Sebagian besar tanah di pulau-pulau ini adalah milik taman nasional. Untuk melestarikan pulau-pulau dalam kondisi murni, jumlah wisatawan dibatasi, jadi mulailah merencanakan perjalananmu lebih awal. Villa di Galapagos adalah contoh tempat tinggal yang berupaya mengurangi pemborosan dan penggunaan listrik secara berlebihan.

Baca juga  7 Pantai Eksotis di Cilacap yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Patagonia

description

Patagonia berada di ujung selatan dunia dan selalu menjadi tempat favorit di kalangan pecinta alam dan lingkungan. Bentang alam di sini tidak seperti tempat lain, dari gletser hingga pegunungan, danau, dan jalur pendakian sungguh mengesankan. Taman Nasional Torres del Paine adalah tempat yang populer untuk dikunjungi. Pertimbangkan untuk menjelajahi Patagonia dengan berjalan kaki.

4. Selandia Baru

description

Kamu juga dapat menikmati liburan ramah lingkungan saat bepergian ke Selandia Baru dan menikmati lanskap hutan, fjord, dan pegunungan sempurna di negara itu. Sebagian besar wilayah di negara ini adalah bagian dari sistem taman nasional, dan banyak daerah yang dilindungi, termasuk Taman Nasional Gunung Cook dan Cagar Panas Bumi Wai-O-Tapu.

5. Norwegia

description

Norwegia telah lama menjadi pemimpin dalam hal ramah lingkungan keberlanjutan, dengan energi panas bumi yang cukup untuk pemanasan maupun pendinginan dan kamu dapat menginap di hotel yang ramah lingkungan. Norwegian Fjords adalah tempat utama eko-pariwisata untuk ditambahkan ke daftar tujuan perjalananmu di Eropa. Kamu juga dapat melakukan perjalanan ke Norwegia yang lebih hijau dengan naik kereta alih-alih mengendarai mobil dan menghabiskan waktu di luar sebanyak mungkin dengan melakukan kegiatan rekreasi.

6. Peru

description

Peru memiliki banyak cagar alam dan kawasan hutan hujan lindung yang dapat kamu kunjungi dalam perjalanan ramah lingkungan. Beberapa daerah untuk dikunjungi adalah Cagar Alam Pacaya-Samiria, Cagar Biosfer Manu, dan Cagar Alam Tambopata. Berbagai upaya sedang dilakukan di sini untuk mengekang deforestasi dan menjaga kegiatan kelompok wisata tetap aman serta berkelanjutan. Saat kamu di sini, cobalah berkunjung ke daerah terpencil di Cagar Alam Tampopata yang terbuka bagi sukarelawan karena ada peluang di sini untuk belajar tentang proyek konservasi dan berpartisipasi dalam kunjungan yang berfokus pada margasatwa.

Baca juga  6 Tempat Wisata di Sumatera Utara dengan Suguhan Sensasi yang Luar Biasa

7. Vietnam

description

Jika kamu menginginkan akomodasi dan tur ramah lingkungan dengan harga terjangkau, pertimbangkan untuk merencanakan petualangan ekologis berikutnya ke Vietnam. Ini adalah tujuan yang menakjubkan di Asia untuk bersepeda maupun hiking, serta menjelajahi taman nasional, laguna, dan mencicipi makanan yang lezat. Tempat untuk dikunjungi di sini termasuk Taman Nasional Ba Be, Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, dan Taman Nasional Cat Ba. Ada operator tur yang peduli terhadap keberlanjutan lingkungan dan mengatur wisata trekking dan bersepeda untuk membantumu merasakan lanskap yang ada di sini.

8. Kalimantan

description

Kalimantan juga merupakan daerah keanekaragaman hayati yang penuh dengan terumbu dan spesies hewan yang membutuhkan pelestarian. Pulau ini memprioritaskan layanan ramah lingkungan dan keberlanjutan melalui tur yang ditawarkan. Kamu akan merasa senang dan mendapatkan petualangan yang mengesankan di sini, termasuk scuba diving, hiking, maupun snorkeling.

Lakukan riset sebelum perjalanan untuk memilih operator tur yang bertanggung jawab dalam mendukung perlindungan satwa liar. Saat berada di sini, habiskan waktumu dengan mengunjungi taman nasional, mendukung bisnis lokal melalui homestay maupun toko-toko, dan mencari peluang sukarela untuk terlibat dalam komunitas.

9. Islandia

description

Wisatawan juga dapat merencanakan perjalanan ke Islandia dan menjadikan eko-pariwisata sebagai prioritas. Ini adalah tujuan yang sangat indah dan semakin populer dengan gletser, air terjun, mata air panas, dan pemandangan menakjubkan lainnya. Negara ini menggunakan banyak energi panas bumi dan hidro untuk menyalakan listriknya serta menjadi contoh bagi negara-negara lain di dunia. Sangat mudah untuk menjalani gaya hidup ramah lingkungan ketika berada di Islandia karena kesempatan hiking, bersepeda, dan menunggang kuda yang dapat kamu pilih daripada mengendarai mobil sewaan.

Baca juga  5 Alasan Kenapa Kamu Harus Segera Berlibur di 2019 Ini

10. British Columbia, Kanada

description

British Columbia, Kanada adalah surga bagi pecinta alam dan tempat yang tepat untuk dikunjungi dalam mengikuti gaya hidup ramah lingkungan. Vancouver adalah kota di sini yang merangkul keberlanjutan melalui transportasi umum, bersepeda dan inisiatif pejalan kaki serta menggunakan energi terbarukan untuk mengurangi emisi karbon. Pertimbangkan untuk memesan wisata lingkungan dengan pemandu lokal dan tinggal di kabin yang nyaman selama perjalananmu ke Kanada barat daya.

11. Belanda

description

Tujuan Eropa lainnya untuk ditambahkan ke daftar perjalanan ramah lingkungan adalah Belanda. Negara ini telah bekerja untuk memenuhi tujuan lingkungannya selama beberapa dekade dalam upaya mengurangi polusi udara, membersihkan sungai, dan meningkatkan pengelolaan limbah. Kota Amsterdam tidak hanya menyenangkan untuk dikunjungi. Kota ini juga merupakan pilihan yang berkelanjutan untuk transportasi dan akomodasi. Cobalah menyewa sepeda saat kamu berada di sini untuk berkeliling seperti penduduk setempat dan mengurangi jejak karbon.

12. Palau

description

Pulau Palau di Mikronesia adalah tujuan perjalanan yang kaya akan keanekaragaman hayati, banyak spesies ikan, dan terumbu karang yang luar biasa. Pulau ini didedikasikan untuk melindungi pemandangan alamnya dan memastikan bahwa para wisatawan melakukan hal yang sama ketika mereka berkunjung. Pondok-pondok ramah lingkungan tersedia di sini untuk akomodasi, sementara Blue Planet United Palau Project membantu siswa belajar tentang ekosistem pulau itu.

Bagaimana? Kamu jadi tertarik untuk mengunjungi berbagai tempat ramah lingkungan tadi?

12 Destinasi Wisata Ramah Lingkungan, Cocok untuk Liburan! 5

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado