Traveling   

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar


12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 1

Pariwisata di Indonesia terkenal di seluruh dunia, yaitu berada di peringkat ke-20 dalam industri pariwisata dunia pada tahun 2017, juga diperingkatkan sebagai sektor wisata dengan pertumbuhan tercepat kesembilan di dunia. Selain itu, ada hukum Indonesia yang harus diketahui wisatawan.

Karena ada banyak pulau dan wilayah di Indonesia, masing-masing daerah menyajikan objek wisata yang berbeda, seperti wisata alam, budaya, rekreasi, dan perkotaan. Sulawesi adalah salah satu Pulau di Indonesia yang memiliki banyak objek wisata. Kita akan fokus di salah satu kabupaten yaitu Kabupaten Polewali Mandar. Kabupaten ini terletak di Sulawesi Barat, mari kita lihat 12 tempat wisata di Polewali Mandar.

Pantai Lapeo

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 3

Pantai Lapeo terletak di Desa Baqbatoa. Pantai ini terlihat karena lokasinya yang strategis. Itu adalah salah satu yang disebut Pantai Pasir Asin. Pantai ini dikenal karena memiliki tanggul di dekatnya, di mana para wisatawan dapat menjelajahi tempat-tempat itu dengan bebas.

Kawanan burung sering terlihat di dekat garis pantai, penduduk setempat menyebutnya Tammeroqdoq. Burung ini memiliki bentuk yang mirip bangau. Ada beberapa hutan bakau di pantai tempat burung-burung berkumpul, apalagi keberadaan penduduk setempat membuat pantai lebih meriah.

 

Pantai Palippis

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 4

Pantai ini adalah salah satu pantai yang wajib dikunjungi ketika mengunjungi Sulawesi Barat. Pantai ini memiliki keindahan alam yang menawarkan panorama pantai dengan pemandangan lepas pantai. Pemandangan lepas pantai adalah gua kelelawar dan permadani tebing karang. Gua kelelawar terletak di sebuah bukit dekat garis pantai, sedangkan tebing karang berada di dekat gua kelelawar. Wisatawan dapat melihat orang-orang Mandar membuat perahu Sandeq di tengah-tengah, yang merupakan perahu tradisional suku Mandar.

Baca juga  8 Destinasi Wisata Terbaik di Tidore, Cocok Buat Liburan!

 

Taman Wisata Bahari Polewali Mandar

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 5

Objek wisata ini terletak di pusat kota Polewali, itu adalah pantai terkenal yang disebut Pantai Bahari karena berada di Jalan Bahari. Ini dulunya merupakan pelabuhan yang sibuk dengan aktivitas bongkar muat dan juga pelayaran antar pulau untuk mengangkut hasil bumi dari Polewali Mandar, seperti beras. Taman Wisata Bahari biasanya ramai pada malam Sabtu, ada juga banana boat dan jetski yang dikelola oleh penduduk setempat.

 

Taman Mangrove Gonda

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 6

Taman Mangrove Gonda terletak 15 kilometer dari Kecamatan Wonomulyo, yang merupakan pusat perdagangan utama Kabupaten Polewali. Tepatnya terletak di Dusun Gonda, taman ini menawarkan wisata pendidikan hutan bakau dan keindahan bawah lautnya.

Ada sekitar 17 spesies mangrove yang ditanam di sana, juga 124 spesies ikan yang dapat ditemukan dengan mudah hanya beberapa meter kedalamannya. Karang juga dapat dilihat di taman mangrove ini. Untuk menikmati semua itu, kamu hanya perlu Rp 20.000 untuk menyewa satu set peralatan snorkeling, lengkap dengan perahu tradisional kecil.

 

Air Mancur Polewali Mandar

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 7

Air Mancur Polewali Mandar dibuat seperti yang ada di Singapura. Desainnya memanfaatkan beragam lampu berwarna indah. Saat menyaksikan air mancur, kamu dapat menikmati makanan tradisional dan wahana hiburan anak-anak. Air mancur ini terletak di alun-alun kota, tepatnya di depan Kantor Bupati Polewali Mandar.

 

Pulau Gusung Toraja

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 8

Posisi keenam dalam daftar 12 tempat wisata Polewali Mandar, ada Pulau Gusung Toraja yang juga dikenal sebagai Pulau Pasir Putih. Terletak di bagian timur kota Polewali yang memiliki pesona pasir putih dan suasana yang sejuk.

Pulau ini tidak dihuni karena pasir putihnya yang hampir sempurna dan juga memiliki pesona bawah laut yang eksotis. Ada anemon laut dan karang kecil yang bisa kamu temui. Snorkling adalah pilihan sempurna untuk menikmati permukaan dasar laut. Untuk mencapai pulau ini, kamu perlu menggunakan perahu motor milik penduduk setempat dengan tarif mulai Rp 250.000 – Rp. 300.000.

Baca juga  7 Pantai Indah di Kepulauan Riau yang Bikin Betah Basah-basahan

 

Rawa Bangun

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 9

Rawa Bangun adalah salah satu pilihan untuk tujuan perjalanan keluarga, yang terletak di Dusun Biru. Keluarga mengajak anak-anak mereka untuk berenang di kolam renang yang menyegarkan, atau dengan teman untuk menikmati alam sekitarnya. Bukan hanya kolam renang tempat air berasal dari aliran sungai segar, ada juga kolam ikan dan sejumlah rawa untuk memancing.

 

Pantai Mampie

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 10

Pantai indah lain yang masuk dalam daftar 12 tempat wisata di Polewali Mandar adalah Pantai Mampie di Dusun Mampie. Memiliki garis pantai sekitar 3 kilometer, pantai ini memiliki deretan pohon kelapa yang tinggi dengan banyak gazebo mini di bawahnya. Dengan biaya hanya Rp 5000, kamu bisa menikmati meletakkan kaki di pasir putih dan merasakan gelombang laut. Pantai Mampie selalu dipenuhi oleh turis dan bahkan penduduk setempat. Udang segar maupun ikan bandeng dapat dibeli dengan harga murah dan juga kelapa manis untuk menghilangkan rasa haus.

 

Air Terjun Limbong Kamandang

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 11

Selain di Sulawesi Barat, ada juga air terjun di Sulawesi Selatan. Air terjun ini terletak 35 kilometer dari kota, di Desa Kurra. Panorama alamnya sangat indah, naungan pepohonan yang rimbun dan hijau menciptakan udara segar. Ini semua lengkap dengan air terjun setinggi 100 meter. Bagian bawah air terjun adalah tempat bagi orang untuk berenang. Tidak perlu khawatir, ada juga beberapa gazebo di daerah ini karena tempatnya jauh dan memiliki jalur yang menantang.

 

Air Terjun Indo Rannuang

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 12

Ada air terjun lain yang terletak di Desa Kunyi, hanya sekitar 8 kilometer dari kota. Air Terjun Indo Rannuang memiliki berbagai tingkatan, dari kecil hingga besar, di mana setiap tingkatan juga memberikan kedalaman air yang berbeda. Ada yang tingginya antara 100 meter hingga 40 meter untuk setiap tingkatan, salah satunya adalah tempat di mana orang biasa berenang.

Baca juga  5 Pantai Terbaik Di Pulau Jawa

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah selama musim hujan, karena lingkungan sekitarnya terlihat lebih hijau dan debit airnya lebih cepat. Jika kamu mengunjungi Indo Rannuang, kamu juga bisa mengunjungi Limbong Sitodo, karena air terjun ini adalah sumber utama untuk Limbong Sitodo.

 

Pantai Gonda

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 13

Pantai tampaknya menjadi salah satu tempat wisata utama populer di Polewali Mandar. Pantai Gonda terletak di Dusun Gonda. Pantai ini terasa sunyi dan damai karena tersembunyi dari keramaian yang menjadikannya eksklusif.

Ada barisan hutan bakau, keanekaragaman biota bawah laut dan tentu saja matahari terbenam unik yang menarik wisatawan. Kamu dapat menemukan spesies ikan laut unik di terumbu karang yang menghiasi bawah laut Pantai Gonda. Kamu dapat menyewa perahu kecil dari penduduk setempat di sepanjang hutan bakau serta rumah pohon tempat kamu dapat bersantai.

 

Pantai Labuang

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 14

Pantai ini terhubung dengan pantai Palippis yang disebutkan pada daftar nomor 2 di 12 objek wisata Polewali Mandar. Pantai ini terletak di Kampung Labuang Baruak, dengan hamparan pasir putihnya, barisan terumbu karang besar dan juga hutan bakau. Ekosistem lautnya masih terjaga, selain itu ada perahu yang digunakan untuk nelayan.

Singkatnya, objek wisata Polewali Mandar sebagian besar terdiri dari objek wisata bahari. Pulau yang memiliki populasi sekitar 517.677 jiwa ini didominasi oleh hutan bakau. Apalagi daya tarik wisata di kabupaten ini dapat lebih dikembangkan untuk menarik lebih banyak wisatawan lokal dan internasional.

12 Destinasi Wisata Terbaik di Polewali Mandar 15

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado