Traveling   

4 Objek Wisata di Taman Nasional Taka Bonerate yang Wajib Kamu Kunjungi


Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate adalah salah satu taman nasional di Indonesia dan terletak di Kabupaten Selayar, Sulawesi. Ini juga merupakan salah satu taman nasional laut yang kaya di Indonesia dan juga merupakan habitat dari berbagai spesies burung darat dan burung tepi laut yang bermain-main di banyak tempat berpasir.

Ukuran tempat ini kira-kira 220.000 hektar, dengan lebar tingkat terumbu karang sekitar 500 kmĀ². Di antara pulau-pulau terumbu karang, ada saluran air yang dalam. Sementara di luar tingkat terumbu, ada banyak kolam kecil yang dikelilingi oleh terumbu karang. Pada saat air surut, ada tanah kering yang terlihat dan genangan air campuran yang membentuk kolam-kolam kecil.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Taman Nasional Taka Bonerate selama liburan mendatang, berikut ini adalah daftar apa yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari perjalananmu.

1. Menikmati Keanekaragaman Hayati Spesies

4 Objek Wisata di Taman Nasional Taka Bonerate yang Wajib Kamu Kunjungi 1

Taman Nasional Taka Bonerate adalah rumah bagi sekitar 360 spesies ikan karang, sekitar 244 jenis moluska dan lainnya untuk pemanfaatan dengan nilai finansial yang tinggi, misalnya ikan kerapu, ikan cakalang, ikan napoleon, dan hiu. Di tempat ini juga dapat ditemukan beberapa jenis terumbu karang. Setiap karang ini umumnya dalam kondisi sempurna.

Baca juga  10 Destinasi Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Pergi ke Cina

Pusat rekreasi di sini adalah surga bagi penyelam karena kaya akan sistem biologis terumbu karang dan rumput laut menawarkan beberapa penyelaman yang sangat baik. Keanekaragaman hayati terumbu di sini sangat tinggi, sehingga membuat tempat-tempat menyelam menjadi menarik. Airnya berwarna biru kehijauan, dikelilingi oleh warna biru tua.

2. Belajar Budaya Lokal

4 Objek Wisata di Taman Nasional Taka Bonerate yang Wajib Kamu Kunjungi 2

Tujuh pulau utama di taman nasional telah lama diduduki oleh suku Bajo, Bugis, dan Selayar (Buton dan Flores). Suku-suku memiliki daya tarik sendiri, yang sangat dipengaruhi oleh budaya laut dan pelajaran Islam.

Adat istiadat yang mungkin kamu temukan memadukan parade pernikahan Bajo dan mandi Safar, di mana orang-orang lokal mengambil keranjang bersama di laut pada hari Rabu terakhir di bulan Safar. Orang Bajo di Taka Bonerate yang tinggal di pulau-pulau pasir, sama sekali tidak seperti orang lain yang tinggal di kapal.

Baca juga  10 Destinasi Wisata Terbaik di Wina, Austria

3. Mengunjungi Pulau Tinabo

4 Objek Wisata di Taman Nasional Taka Bonerate yang Wajib Kamu Kunjungi 3

Pulau Tinabo adalah salah satu tujuan wisata paling terkenal di Taman Nasional Taka Bonerate. Ini adalah zona ekowisata di Taman Nasional Taka Bonerate. Pulau ini memiliki pantai berpasir putih halus dengan geologi tanah miring antara nol hingga dua meter. Vegetasi dominan yang ada meliputi pohon kelapa, rumput, ketapang, dan semak-semak.

Kamu dapat menikmati kelapa saat berada di pulau ini. Keindahan alam yang mengejutkan dari pulau ini tergantung pada varietasnya yang terendam, serta daerah terpencil yang jauh dari keramaian kota-kota besar telah menarik banyak wisatawan. Kamu bisa menyelam, berenang, dan berkayak. Terlebih lagi, pemandangan indah matahari dan pantai dapat diakses di mana saja di sekitar pulau ini.

4. Menyelam dan Snorkeling

4 Objek Wisata di Taman Nasional Taka Bonerate yang Wajib Kamu Kunjungi 4

Menyelam adalah kegiatan yang paling terkenal di taman nasional ini. Mengingat sejauh apa yang diperlukan untuk tiba di sini, kamu pasti akan menyukainya. Wilayah ini tidak ternoda dan tidak kotor, yang berarti ada daya tangkap yang dapat diterima sekitar 30 hingga 50 meter, jelas membuat Taman Nasional Taka BonerateĀ menjadi salah satu tempat terbaik untuk scuba diving di Indonesia.

Baca juga  7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tampaksiring, Bali

Perairan di sana melibatkan salah satu sistem biologi laut paling beragam di planet ini. Hewan yang bisa kamu temui di sana adalah cacing pipih, nudibranch yang cerah, dan ikan buaya, yang disebut ikan gila karena kecenderungan mereka berenang terbalik. Hewan aneh lainnya yang sering terlihat di sana adalah ikan batfish, pipefish, kuda laut dan seadragon.

Lobster, cumi-cumi, dan kura-kura juga sangat umum. Snorkeling adalah pilihan lain yang layak jika kamu ingin beristirahat dari menyelam.

Jadi, itulah daftar berbagai hal yang dapat kamu lakukan di Taman Taka Bonerate di Sulawesi. Kamu sudah siap untuk liburan ke sana?

4 Objek Wisata di Taman Nasional Taka Bonerate yang Wajib Kamu Kunjungi 5


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments