Horor    , Traveling   

4 Tempat Angker Di Yogyakarta. Jangan Kesini


4 Tempat Angker Di Yogyakarta. Jangan Kesini 1

Yogyakarta menjadi salah satu kota yang sangat terkenal di Indonesia. Selain menjadi salah satu provinsi yang cukup berbeda dari segi pemerintahannya yaitu masih menganut sistem kerajaan, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota yang menonjol di beberapa sisi. Mulai dari terkenal sebagai kota pelajar karena saking banyaknya kampus disana, hingga dikenal dengan kota budaya yang menganut serta mempertahankan adat istiadat leluhur. Bahkan kota yogyakarta mempunyai banyak sekali tempat- tempat wisata yang mampu mengundang wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Mulai dari wisata kota seperti pasar, bangunan kuno hingga wisata alam seperti pantai.

Tetapi tahukah kalian bahwa di beberapa tempat di yogyakarta terkenal menjadi sebuah tempat yang angker ? pastinya bulukuduk akan merinding ketika mendengar atau berkunjung ke sebuah tempat yang dianggap angker dan penuh dengan mitos- mitos tertentu.

Bagi kota Yogyakarta, hal ini terdengar sangat wajar karena budaya adat istiadatnya yang kental dan masih tidak jauh dari unsur- unsur peninggalan leluhur, selain itu cerita sejarah dari kota Yogyakarta ini sangat beragam. Bahkan di beberapa tempat malah dijadikan tempat wisata yang menarik banyak orang untuk berkunjung. Berikut adalah beberapa tempat yang terkenal angker di Yogyakarta. Siap- siap merinding

Bundaran Teknik UGM

Cerita ini menjadi yang pertama dan paling dikenal oleh masyarakat dan warga pendatang. Apalagi dikalangan mahasiswa dan terutama yang menempuh jalur pendidikan lanjutan di Universitas Gajah Mada. Bundaran teknik sendiri berlokasi di dalam lingkup kampus UGM Yogyakarta. Salah satu mitos yang sangat terkenal disini adalah adanya larangan menyanyikan lagu gugur bunga di malam hari, terutama saat melewati lokasi ini sendirian.

Diantara cerita yang paling dikenal oleh masyarakat jika kalian menyanyikan lagu gugur bunga ini maka akan ada penampakan atau tanda- tanda kedatangan arwah pejuang yang mungkin ikut bernyanyi bersama.

Baca juga  4 Film Thailand Populer, Kudet Kalau belum Pernah Nonton

4 Tempat Angker Di Yogyakarta. Jangan Kesini 3

Walau terkenal sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, nyatanya UGM sendiri memegang gelar sebagai salah satu kampus tertua. Wajar jika banyak sekali cerita- cerita hantu yang menjadi kisah turun temurun diantara mahasiswa dan para pelajar pendatang.

Bahkan tidak hanya satu atau dua lokasi saja yang terkenal menyeramkan dari bangunan kampus ini. Setiap sudut di setiap tempat kampus UGM rupanya menyimpan banyak kisah menyeramkan tersendiri. Jika tidak percaya kalian bisa menanyakan kepada teman atau kerabat yang mungkin kuliah disana.

 

Bioskop XXI

Biasanya bioskop menjadi salah satu tempat yang paling romantis. Banyak pasangan remaja yang memilih bioskop untuk mengisi waktu kencan dengan menonton bersama. Bahkan bagi sebagian besar mahasiswa di Yogyakarta, menonton bisa dijadikan salah satu agenda pasca kuliah. Selain untuk mengisi waktu luang juga untuk memberi waktu istirahat bagi otak yang sudah mulai lelah dengan tugas- tugas kuliah.

Tapi siapa sangka, salah satu bioskop yang cukup terkenal di Yogyakarta yaitu Bioskop XXI mempunyai kisah mengerikannya tersendiri. Bahkan cerita ini sudah menjadi suatu hal yang dikatahui oleh masyarakat Yogyakarta. Hal tersebut karena kisah angker di bioskop ini terjadi pasca kejadian kebakaran yang terjadi di tahun 1999.

4 Tempat Angker Di Yogyakarta. Jangan Kesini 4

Dahulu Bioskop ini tidak hanya sebuah bangunan untuk menonton film, tetapi juga menjadi sebuah swalayan yang terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama untuk swalayan dan lantai kedua adalah bioskop. Namun naasnya, pada tahun 1999 terjadi sebuah kejadian mengerikan dimana bioskop tersebut mengalami kebakaran. Tetapi untungnya kejadian pertama ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Baca juga  5 Film Tentang Perjalanan Menemukan Jati Diri

Baru di kejadian kebakaran yang kedua, bioskop yang memiliki 4 studio ini menewaskan 15 korban jiwa. Salah satu kisah paling mengerikan dan mengiris hati adalah, adanya 4 korban jiwa yang tidak bisa ditemukan pasca kejadian. Entah karena sudah benar- benar hangus terbakar atau memang sulit mengidentifikasi tempat kejadian.

Setelah itu kejadian- kejadian aneh mulai bermunculan. Salah satu yang paling terkenal dari kisah ini adalah ruangan bioskop yang selalu terlihat ramai walau sebenarnya sepi. Bahkan tidak jarang nomor kursi pengunjung yang telah dipesan sudah di duduki oleh orang asing yang besar kemungkinan bukanlah manusia.

 

Rumah Pocong Sumi

Walau telah di konfirmasi oleh penjaga rumah, bahwa rumah yang berlokasi di kota gede ini tidaklah angker namun para warga sendiri masih mempercayai kengerian rumah tersebut. Diberi nama rumah pocong Sumi karena warga kerap melihat penampakan sesosok hantu pocong yang di duga adalah sumini. Tidak jarang terjadi beberapa penampakan lainnya seperti hantu kuntilanak dan tuyul.

4 Tempat Angker Di Yogyakarta. Jangan Kesini 5

Kisah ini bermula dari sebuah bangunan kosong yang telah ditinggal selama lebih dari 40 Tahun. Bangunan dengan model rumah sederhana ini menurut kisah yang beredar dibangun sekitar tahun 1860an dan dimiliki oleh seorang pejabat pada masa pemerintahan presiden soekarno. Lalu mengapa rumah ini dikenal dengan nama rumah pocong sumi ? dahulu tepatnya ditahun 1935 rumah ini sempat ditinggali oleh sepasang suami istri.

Suatu malam ketika sang suami tengah pergi untuk keperluan pekerjaan, rumah ini di rampok oleh 3 orang asing. Naasnya dirumah tersebut hanya ada sang istri yang memang hanya tinggal berdua dengan suaminya dihari- hari biasanya. Sang istri yang bernasib malang tersebut diperkosa dan dibunuh oleh ketiga perampok dengan cara di cekik. Diketahui bahwa si Istri pemilik rumah tersebut bernama Sumini. Dari sinilah awal mula kisah rumah pocong sumi dimulai.

Baca juga  Tanpa Sengaja Menggunakan Mayat Asli Dalam Film

 

Kandang Menjangan

Sebuah bangunan berusia hampir 250 tahun lamanya menjadi salah satu tempat yang terkenal angker di Yogyakarta. Siapa yang tidak tau kandang menjangan atau biasa disebut panggung krapyak, bangunan ini berlokasi di dekat keraton Yogyakarta dan menjadi salah satu destinasi wisata yang tak kalah pamornya dengan benteng vredeburg.

Bangunan ini didirikan sebagai salah satu simbol penghormatan bagi kerabat keraton yang katanya meninggal karena diseruduk seekor kijang atau dalam bahasa lain menjangan. Wilayah ini dulunya adalah sebuah hutan lebat yang memang diperuntukan untuk berburu.

4 Tempat Angker Di Yogyakarta. Jangan Kesini 6

Kandang menjangan ini merupakan sebuah bangunan yang cukup tertutup dan terkesan gelap. Sehingga suasanya angker dan mitos- mitos tentang keberadaan mahluk halus pun menjadi satu perpaduan yang cocok bagi tempat ini. Katanya jika kita berkunjung ke tempat ini maka diharuskan membawa seorang juru kunci. Selain menjadi penunjuk jalan, ia juga bertugas untuk menjaga jika satu waktu terjadi sesuatu dengan para pengunjung bangunan lawas ini.

Itulah tadi beberapa tempat yang dianggap angker dan mengerikan oleh sebagian masyarakat Yogyakarta. Tentunya jika kalian adalah mahasiswa atau seseorang yang sering berkunjung ke kota pelajar ini pasti akan tau seputar kisah- kisah menyeramkan dari tempat- tempat diatas.

Masih banyak tempat yang menyeramkan di Yogyakarta, setiap tempatnya selalu menyajikan kisah- kisah yang luar biasa dan sangat menyeramkan. Bahkan beberapa tempat menyeramkan di yogyakarta sudah dikenal secara luas dan diangkat oleh banyak penulis serta sineas untuk dijadikan sebuah film, seperti keluarga tak kasat mata contohnya.

4 Tempat Angker Di Yogyakarta. Jangan Kesini 7


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ade Firman Saputra

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments