Traveling   

5 Destinasi Wisata Bawah Tanah Yang Wajib Kamu Kunjungi, Semuanya Ada di Indonesia Loh


5 Destinasi Wisata Bawah Tanah Yang Wajib Kamu Kunjungi, Semuanya Ada di Indonesia Loh 1

Pada umumnya, orang – orang hanya berwisata ke pantai atau gunung untuk menikmati pemandangan alam yang luas. Namun, pernahkah kamu untuk mencoba pergi berwisata ke tempat yang tidak biasa, seperti wisata di bawah tanah ? Selain unik dan menantang, mengunjungi tempat wisata bawah tanah juga akan memberikan kamu pengalaman yang menajubkan dan tidak akan pernah dilupakan. Mungkin kamu berpikir tempat wisata bawah tanah kebanyakan berada diluar negeri, jangan salah ! Di indonesia sendiri, memiliki beberapa destinasi wisata bawah tanah yang bisa kamu kunjungi. Dimana saja ? Yuk simak 5 destinasi wisata bawah tanah di indonesia yang wajib kamu kunjungi.

1. Gua Petruk

5 Destinasi Wisata Bawah Tanah Yang Wajib Kamu Kunjungi, Semuanya Ada di Indonesia Loh 3

Gua Petruk yang berkawasan di Jalan Goa Petruk, RT. 04 RW.01, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini memiliki keunikan tersendiri karena adanya bebatuan yang berwarna putih yang terbentuk secara alami. Selain itu, di dalam Gua Petruk juga terdapat air terjun yang tampilannya mirip seperti busa sabun. Gua Petruk ini memiliki panjang 2 km dan yang perlu kalian ketahui bahwa sebelum memasuki gua ini pengunjung sudah harus melakukan persiapan dengan memakai perlengkapan keselamatan seperti headlamp, sepatu boots, helm, dan tidak lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen kamu selama berada di dalam gua.

Baca juga  7 Air Terjun Horor Yang Ada di Indonesia, Berani ke Sini ?

2. Masjid Taman Sari

5 Destinasi Wisata Bawah Tanah Yang Wajib Kamu Kunjungi, Semuanya Ada di Indonesia Loh 4

Sumur Gumuling atau yang biasa dikenal Masjid Taman Sari berlokasi di area bangunan Taman Sari, Yogyakarta ini memiliki arsitektur melingkar dengan beberapa ventilasi, sehingga masjid ini tetap bisa disinari oleh cahaya matahari yang dimana tempatnya berada di bawah tanah. Desain dari bangunan Masjid Taman Sari ini terbagi menjadi 2 lantai, yaitu masing – masing lantai untuk jamaah laki – laki dan jamaah perempuan. Lalu antara lantai 1 dan lantai 2 dihubungkan dengan lima anak tangga yang terletak di tengah masjid.

Baca juga  Menjelajah Objek-Objek Wisata yang Menawan di Pulau Bacan Maluku

3. Gua Cerme

5 Destinasi Wisata Bawah Tanah Yang Wajib Kamu Kunjungi, Semuanya Ada di Indonesia Loh 5

Gua Cerme yang berlokasi di di Jalan Srunggo, Srunggo, Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini mungkin sedikit berbeda dari gua – gua lainnya karena di dasar gua terdapat aliran sungai dengan kedalaman yang berbeda – beda. Ada yang hanya setinggi mata kaki, namun ada juga yang sampai setinggi pinggang orang dewasa. Selain itu, atap dari gua ini juga memiliki ketinggian yang berbeda – beda, bahkan ada yang hanya berukuran cuma 1 meter saja. Yang dimana kalau kamu melewati lorong dengan ketinggian atap paling rendah, maka kamu hanya bisa berjalan dengan cara berjongkok atau merangkak.

4. Masjid Aschabul Kahfi

5 Destinasi Wisata Bawah Tanah Yang Wajib Kamu Kunjungi, Semuanya Ada di Indonesia Loh 6

Masjid Aschabul Kahfi berlokasi di Wire, Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini memang benar – benar bertempat di dalam bawah tanah sehingga masjid ini terhindar dari polusi udara dari luar serta tidak terdengar suara – suara lain yang berasal dari luar masjid ini. Selain itu Masjid Aschabul Kahfi ini memiliki luas bangunan sebesar 3 hektar namun karena letak masjid ini berada di bawah tanah, maka tidak terlalu terlihat luas dan besar.

Baca juga  Belajar sambil Rekreasi di Berbagai Tempat Wisata Pendidikan di Indonesia

5. Gua Pulejajar

5 Destinasi Wisata Bawah Tanah Yang Wajib Kamu Kunjungi, Semuanya Ada di Indonesia Loh 7

Gua Pulejajar yang berlokasi di Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul Yogyakarta ini memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya sungai dan air terjun di dalam gua. Selain itu, gua ini sebenarnya bukanlah tempat wisata yang dibuka untuk pengunjung untuk berwisata karena jalan aksesnya yang cukup ekstrem. Pengunjung dari Gua Pulejajar ini kebanyakan adalah para pencinta alam yang memang ingin mempelajari gua tersebut.

Itulah ke – 5 destinasi wisata bawah tanah yang wajib kamu tahu dan kunjungi. Bagaimana menurutmu ? Menarik dan penasaran bukan ingin mengunjungi tempat wisata yang tidak biasanya ? Semoga bermanfaat ya !

5 Destinasi Wisata Bawah Tanah Yang Wajib Kamu Kunjungi, Semuanya Ada di Indonesia Loh 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments