Traveling   

5 Destinasi Wisata Di Labuan Bajo Yang Wajib Dikunjungi


5 Destinasi Wisata Di Labuan Bajo Yang Wajib Dikunjungi 1

Destinasi wisata di labuan bajo merupakan salah satu destinasi utama yang banyak disukai oleh wisatawan lokal maupun manca negara. Disana kamu bisa banyak menemukan destinasi wisata bernuansa alam yang mampu memanjakan mata dan menghilangkan penat setelah aktifitas sehari-hari. Bukan hanya satu, ada puluhan destinasi wisata labuan bajo yang bisa kamu kunjungi. Selain menikmati objek wisata yang begitu banyak, kamu juga bisa menemukan hewan yang menjadi keajaiban dunia, yaitu komodo. Bagi kamu yang sudah berencana untuk berlibur ke labuan bajo, berikut destinasi wisata di labuan bajo yang wajib kamu kunjungi.

Gili Laba

5 Destinasi Wisata Di Labuan Bajo Yang Wajib Dikunjungi 3
img: Travel.detik.com

Berbicara soal keindahan alam, tentu tidak lepas dari sebuah surga dunia yang terletak di Taman Nasional Komodo, Flore, Nusa Tenggara Timur bernama Gili Laba. Pulau kecil yang tidak berpenghuni tersebut menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan, dan hamparan lautan yang sangat indah. Hal yang menarik dari Gili Laba adalah warna dataran yang sering berubah-ubah, jika kamu berkunjung pada musim kemarau maka datarannya akan berwarna coklat layaknya gurun pasir, warna kecoklatan tersebut bukanlah dari pasir melainkan dari sabana yang mengering. Sedangkan bila kamu berkunjung saat musim hujan, maka sabana yang tadinya mengering akan berubah menjadi hijau dan membuat pemandangan dataran di Gili Laba menjadi sangat menakjubkan.

Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa melihat sunrise maupun sunset disini. Jika kamu ingin menikmati keindahan sunrise, maka kamu harus mendaki ke puncak Gili sekitar jam 4 pagi, tentu saja dengan membawa perataran yang lengkap dan paling penting senter. Karena suasananya yang masih gelap, jalur pendakian akan sedikit merepotkan. Jika kamu solo traveling maka kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak jasa tour labuan bajo yang menyediakan agenda untuk menikmati sunrise di Gili Laba.

Baca juga  5 Kafe Bertemakan Anime yang Wajib Kamu Kunjungi Saat ke Jepang

Selain menikmati sunrise, kamu juga bisa menikmati sunset melalui puncak Gili Laba. Keindahan alam yang dipadukan dengan warna dari matahari terbenam akan menghasilkan sebuah pemandangan indah yang tak pernah bisa kamu bayangkan. Untuk menikmati sunset, kamu bisa mendaki pada sore hari karena pendakian hanya akan berlangsung selama setengah jam saja. Sebaiknya kamu lebih cepat mendaki ke puncak Gili sebelum matahari terbenam, kamu masih bisa melakukan aktifitas lain seperti berfoto sambil menikmati keindahan alamnya.

 

Danau Kelimutu

5 Destinasi Wisata Di Labuan Bajo Yang Wajib Dikunjungi 4
img: Travel.tribunnews.com

Salah satu objek wisata yang sangat terkenal dari Nusa Tenggara Timur, adalah Danau Kelimutu. Daya tarik dari Danau Kelimutu sendiri adalah terdapat tiga danau yang warnanya berbeda-beda, warna tersebut bisa berubah di waktu-waktu tertentu. Ketiga danau tersebut terdapat di Gunung Kelimutu, Desa Pemo, Kecamata Kelimutu, Kabupaten Ende.

Berbicara soal keindahan alam yang unik, tentu tidak telepas dari sejarah, mitos, dan budaya yang ada disekitar objek wisata tersebut. Kelimutu diambil dari dua kata yang memiliki arti Keli (Gunung), dan Mutu (Mendidih). Terdapat sebuah ritual yang dilakukan oleh masyarakat sekitar, bernama “Pati Ka” yang memiliki arti “Makan”. Ritual tersebut bertujuan untuk memberi makan kepada Danau Kelimutu. Dalam prosesi ritual Pati Ka terdapat beberapa orang yang menari tarian adat yaitu Tari Gawi, dan terdapat sesaji berupa ayam serta sejumput sirih pinang. Sesaji yang disiapkan pada ritual tersebut dikhususkan untuk arwah leluhur serta arwah penunggu kelimutu.

Diatas Gunung setinggi 1.639 meter terdapat 3 danau yang memiliki warna berbeda, ternyata warna tersebut memiliki arti tersendiri, diantaranya:

Baca juga  Mau Dapat Tiket Pesawat Murah? Nih Tipsnya!
  1. Danau Warna Biru atau ‘Tiwu Nuwa Muri Koo Fai‘ merupakan sebuah danau untuk berkumpulnya jiwa-jiwa yang masih muda, umumnya kisaran remaja yang telah meninggal.
  2. Danau Warna Putih atau ‘Tiwu Ata Mbupu‘ merupakan sebuah tempat berkumpulnya jiwa orang tua yang telah meninggal.
  3. Danau Warna Merah atau ‘Tiwu Ata Polo‘ merupakan sebuah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa yang masa hidupnya melakukan kejahatan/tenung.

 

Manta Point

5 Destinasi Wisata Di Labuan Bajo Yang Wajib Dikunjungi 5

Setelah membahas soal keindahan alam pegunungan dan daratan, tidak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Labuan Bajo tidak mencoba snorkeling untuk bencengkrama dengan satwa laut. Jika kamu ingin mencoba snorkeling disekitaran Labuan Bajo, maka kamu bisa berkunjung ke Mantra Point. Mantra Point merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Labuan Bajo, tempat snorkeling tersebut memang sudah banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ketika snorkeling di Manta Point maka kamu akan menemukan banyak ikan pari manta serta makanan utamanya yakni ubur-ubur. Selain kedua hewan tersebut, kamu juga bisa menemukan banyak sekali kehidupan dibawah laut yang masih murni dan terjaga. Bagi kamu yang ingin melihat keindahan terumbu karang Manta Point, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata tersebut.

Nusa Tenggara Timur memang terkenal dengan hewan eksotik bernama Komodo. Selain di pulau komodo, kamu juga bisa menemukan Komodo disekitaran Manta Point. Salah satu hewan yang masuk kedalam keajaiban dunia tersebut memang banyak tersebar disekitar Kepulauan Komodo, tentu saja termasuk Manta Point.

 

Pulau Kanawa

5 Destinasi Wisata Di Labuan Bajo Yang Wajib Dikunjungi 6
img: Pegipegi.com

Pulau Kanawa merupakan salah satu tempat yang harus dikunjungi ketika liburan ke Labuan Bajo, memiliki luas sekitar 35 hektar membuat Pulau Kanawa menjadi tempat yang cocok untuk melakukan banyak aktifitas, salah satunya menikmati sunrise maupun sunset. Pulau Kanawa terletak di Flores sekitar 10 km dari Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga  Liburan Menyenangkan di Berbagai Tempat Rekreasi di Jakarta Timur

Bagi kamu yang berkunjung ke Pulau Kanawa, kamu bisa melakukan snorkeling untuk melihat kehidupan bawah air yang sngat menakjubkan. Kamu akan melihat berbagai macam terumbu karang serta hewan seperti anak hiu, dan lain-lain. Karena letaknya jauh dari pusat labuan bajo, maka Pulau Kanawa sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat Relaksasi, disana kamu hanya akan mendengar suara alam saja tidak ada kebisingan sedikitpun.

Jika kamu memutuskan untuk menginap, jangan khawatir kebingungan mencari tempat penginapan. Karena di Pulau Kanawa terdapat sebuah gazebo yang terbuat dari kayu dan bambu, bernama Bale-bale. Kamu bisa menyewa salah satu bale-bale untuk bermalam di Pulau Kanawa. Setelah cukup beristirahat, kamu bisa mendaki bukit yang ada ditengah Pulau Kanawa, meskipun tidak terlalu tinggi namun cocok untuk menikmati keindahan pulau dari ketinggian.

 

Goa Rangko

5 Destinasi Wisata Di Labuan Bajo Yang Wajib Dikunjungi 7

Jika kamu ingin berkunjung ketempat yang jarang dijamah oleh manusia, kamu bisa berkunjung ke Goa Rangko yang terletak di Tj. Boleng, Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pejalanan menuju Goa Rangko bisa ditempuh sekitar 1 jam dari pusat Labuan Baju, kamu bisa berkunjung kesini terlebih dahulu ketika ingin pergi ke Taman Nasional Komodo.

Kamu bisa menikmati keindahan Goa sambil berenang, kamu akan merasakan keheningan yang ditemani dengan suara gemericik air yang membuat suasana menjadi lebih tenang dan damai. Kolam yang terdapat dalam Goa Rangko merupakan air asin yang bersumber dari air laut, air tersebut datang dari celah-celah yang terdapat didalam goa yang menghubungkan langsung ke laut.

5 Destinasi Wisata Di Labuan Bajo Yang Wajib Dikunjungi 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !