Traveling   

5 Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa, Tantangan Untuk Kalian Para Pendaki


5 Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa, Tantangan Untuk Kalian Para Pendaki 1

Gunung merupakan salah satu destinasi pendakian yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat. Terutama para anak muda yang memang sedang terpacu jiwa adrenalinnya. Tidak jarang dalam setiap gunung selalu ramai oleh para pendaki, bahkan beberapa gunung sampai membatasi jumlah pendaki harian saking padatnya pengunjung disana.

Bukti banyaknya para pendaki di setiap gunung dapat dilihat dari banyaknya sampah yang rutin dibersihkan setiap beberapa bulan. Selain itu jumlah para penjual makanan di setiap gunung pun juga semakin bertambah, di setiap pos pendakian atau shelter tidak jarang kita menemui para penjual ini. Bahkan beberapa dari mereka mendirikan sebuah bangunan semi permanen untuk memasak makanan atau air untuk kopi.

Pulau jawa mempunyai banyak sekali gunung. Di setiap provinsinya sendiri bahkan banyak ditemukan gunung- gunung yang saling berdekatan dan mengitari sebuah kota atau daerah. Berikut beberapa gunung tertingi yang ada di pulau jawa.

Gunung Raung setinggi 3.332 Mdpl

Menempati posisi tertinggi kelima di Pulau jawa, Gunung ini menjadi salah satu Gunung pendakian yang sangat terkenal di Jawa Timur. Gunung Raung sendiri berlokasi di 3 Kabupaten besar diantaranya Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember. Bahkan banyak pendaki dari berbagai daerah datang kesini untuk mencoba track pendakian gunung raung. Apalagi para pendaki dari provisi Jawa barat dan daerah ibu kota yang memang penasaran dengan seberapa sulit dan melelahkannya mendaki Gunung Raung.

5 Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa, Tantangan Untuk Kalian Para Pendaki 3

Gunung ini sendiri masih berada satu komplek dengan wilayah pegunungan ijen yang merupakan wilayah tambang. Bahkan jika dihitung melalui titik terendah, gunung Raung termasuk dalam 5 besar gunung tertinggi di jawa timur, lebih tepatnya menempati posisi ketiga. Dari sisi vegetasinya sendiri gunung Raung tergolong ke dalam beberapa jenis hutan gunung yaitu  hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.

Gunung ini masih bersifat aktif dengan tipe letusan Strombolian atau letusan yang terjadi secara terus menerus dalam skala kecil. Terakhir gunung ini meletus pada tahun 2015. Gunung Raung sendiri memiliki dua jalur pendakian yaitu jalur Kalibaru menuju Puncak Sejati dan jalur Waringin menuju Puncak Bayangan

Baca juga  Suka Tantangan? 3 Gunung Papua Ini Layak untuk Didaki

 

Gunung Arjuno Setinggi 3.339 Mdpl

Jika Gunung Raung menempati posisi ketiga tertinggi dijawa timur, maka gunung dengan posisi kedua adalah gunung Arjuno. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 3.339 Mdpl.  Gunung Arjuno sendiri termasuk dalam gunung berapi kerucut namun tidak begitu aktif karena berada dalam kondisi istirahat atau tertidur. Bersebelahan dengan Gunung Welirang dan dua gunung kembar, puncak gunung Arjuno sendiri masih berada dengan satu punggungan gunung Welirang.

5 Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa, Tantangan Untuk Kalian Para Pendaki 4

Dilihat dari segi wilayah, lokasi gunung Arjuno berada di dua kabupaten besar di antaranya Kota batu atau wilayah kabupaten Malang dan kabupaten sekitar Pasuruan. Untuk mencapai puncak gunung ini pendaki diberikan beberapa pilihan jalur.

Gunung ini dapat dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup dikenal yaitu dari Lawang, Tretes dan Batu. Namun beberapa pendaki biasanya mengambil jalur melewati Purwosari yang lebih gampang dilewati, karena hanya setengah jam dari jalan raya dan langsung sampai di Tambakwatu

 

Gunung Sumbing Setinggi 3.371 Mdpl

Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung yang tergabung dalam kelompok 3S atau Slamet, Sindoro, Sumbing dan seringkali dijuluki gunung kembar bersama Sindoro. Gunung Sumbing sendiri mempunyai ketinggian sekitar 3.371 Mdpl dan menjadi yang tertinggi kedua di Jawa Tengah. Gunung ini berada di perbatasan 3 wilayah yaitu Kabupaten Temanggung, Wonosobo, dan Magelang.

5 Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa, Tantangan Untuk Kalian Para Pendaki 5

Yang unik dari gunung Sumbing adalah puncaknya. Gunung ini mempunyai 4 buah puncak yang bisa kita daki satu persatu. 4 wilayah puncak sendiri di antaranya Puncak Kawah, Puncak Buntu, Puncak Sejati, dan Puncak Rajawali. Dengan titik tertinggi puncak gunung ini berada di Puncak Rajawali. Selain itu disini terdapat sebuah sabana yang sangat luas dan banyak pendaki kreatif selalu berfoto dengan menata bebatuan yang ada di sana.

Baca juga  7 Tempat Mendaki Terbaik di Jawa Timur

Jalur pendakian gunung Sumbing ada beberapa tempat antara lain Jalur Garung, Jalur Kaliangkrik, Jalur Caput Parakan, Jalur Bowongso dan jalur Sipetung. Namun para pendakian biasanya mendaki gunung Sumbing menggunakan jalur Garung yang terkenal lebih nyaman dan dekat dengan jalan raya.

Selain itu disini juga di sediakan ojek yang akan mengantar kalian menuju ke post satu. Di post tersebut juga telah disediakan mushola untuk tempat beribadah umat muslim dan beberapa warung makan jika ingin beristirahat setelah turun dari puncak. Walau jalur pendakian melalui Garung ini sedikit melelahkan tetapi jika dibanding dengan jalur lainnya, Garung merupakan alternatif terbaik bagi para pendaki.

 

Gunung Slamet Setinggi 3.428 Mdpl

Mempunyai gelar gunung tertinggi pertama di Jawa Tengah atau yang kedua di pulau jawa menjadikan slamet salah satu gunung dengan tingkat pengunjung berjumlah sedang. Sebab biasanya para pendaki akan lebih memilih untuk mendaki gunung tertinggi di pulau Jawa.

Hal ini karena banyak pendaki merasa terlalu tanggung dan akan cukup melelahkan mendaki puncak gunung Slamet. Tetapi mungkin persepsi seperti ini tidak akan berlaku bagi para pendaki yang berusaha menaklukan 3S atau Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet. Merupakan sebuah kebanggaan ketika seorang pendaki berhasil mencapai puncak 3S, karena lokasinya yang memang berdekatan dan secara kebetulan ketiga gunung ini adalah yang tertinggi di daerah jawa tengah.

5 Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa, Tantangan Untuk Kalian Para Pendaki 6

Gunung Slamet sendiri adalah gunung berapi aktif yang masih sering di pantau oleh BMKG. Selain itu jika dibanding dengan saudaranya gunung Sumbing dan Sindoro, gunung Slamet ini dikenal memiliki lingkungan yang lebih asri dan alami. Bahkan dikatakan masih terdapat hewan buas berupa macan di gunung tersebut. agaknya para pendaki benar- benar harus waspada karena tidak hanya sekedar ancaman dari erupsi gunung itu sendiri, tetapi juga hewan buas disekitarnya.

Untuk mendaki gunung Slamet telah disediakan beberapa jalur seperti jalur Baturaden, jalur desa Jurangmangu, serta jalur Blambangan yang dikenal paling populer. Namun ditahun 2013 lalu rupanya pemerintah telah menetapkan sebuah jalur baru yaitu jalur Dhipajaya yang terletak di Kabupaten Pemalang. Gunung Slamet terhampar diatas 5 kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

Baca juga  5 Pantai Terbaik Di Pulau Jawa

 

Gunung Semeru Setinggi 3.676 Mdpl

Publik pernah disajikan sebuah film tentang pendakian gunung di tahun 2012. Film tersebut bahkan memiliki pengaruh yang sangat besar, yaitu meledaknya jumlah pendaki gunung di Indonesia. Gunung yang menjadi cerita pendakian dalam film tersebut adalah Gunung Semeru atau nama lainnya Gunung Mahameru yang kerap dijuluki sebagai atap jawa.

Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 3.676 Mdpl dan menjadi yang tertinggi di pulau jawa. Gunung Semeru bahkan masuk dalam 7 Summit pendakian gunung tertinggi di Indonesia yang terdiri atas gunung- gunung di setiap pulau.

5 Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa, Tantangan Untuk Kalian Para Pendaki 7

Secara administratif gunung ini terletak diantara 2 kabupaten yaitu kabupaten Malang dan kabupaten Lumajang di Jawa Timur. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko dan merupakan gunung berapi aktif tertinggi ke 3 di Indonesia.

Jalur pendakian yang paling populer di gunung Semeru adalah jalur pendakian Ranu Pani dan jalur ini sendiri memiliki dua cabang yakni jalur Watu Renjang dan jalur Ayek-Ayek. Jika melewati jalur ini di tengah perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan sebuah danau yang eksotis bernama Ranu Kombolo. Kita juga bisa bermalam dan mengisi kebutuhan air disini.

Itulah tadi beberapa gunung tertinggi di pulau Jawa. Bagi kita yang hobi mendaki mungkin belum tentu mampu untuk mendaki seluruh gunung yang ada di Indonesia. hal ini bisa saja berkaitan dengan waktu luang yang terbatas atau tenaga yang tidak selamanya berada pada performa terbaik.

Namun kalian yang hobi mendaki setidaknya wajib untuk mendaki salah satu dari gunung tertinggi di Pulau jawa, bila perlu kalian bisa menjadwalkan petualangan kalian untuk mendaki seluruhnya.

5 Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa, Tantangan Untuk Kalian Para Pendaki 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ade Firman Saputra

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments