Traveling   

5 Pantai Terbaik Di Pulau Jawa


5 Pantai Terbaik Di Pulau Jawa 1

Selain mendaki Gunung, wisata pantai menjadi salah satu destinasi yang banyak digemari oleh masyarakat. Terlebih pantai dianggap sebagai salah satu destinasi yang tidak membuat lelah dan terkesan membosankan. Banyak hal yang bisa dilakukan saat berlibur ke pantai, mulai dari berenang, bermain pasir atau bola voli dan juga berjemur. Bahkan beberapa wisata pantai juga menyediakan pemandangan sunset yang sangat indah.

Tidak hanya pagi dan siang hari, beberapa orang yang terkadang malas mendaki gunung lebih senang camping bersama teman ditemani api unggun di malam hari. Sambil berkumpul menikmati suasana pantai yang segar, bintang dilangit dan deru ombak pantai. Berikut adalah beberapa pantai di pulau jawa yang bisa kalian kunjungi untuk berwisata ketika libur kerja atau refresing di akhir pekan.

Pantai Somandeng Gunung Kidul Yogyakarta

Menempati urutan pertama dalam daftar adalah pantai somandeng. Tentunya banyak dari kita sudah tidak asing dengan provinsi Yogyakarta. Bahkan tempat yang dikenal sebagai bagian dari kota pelajar ini juga menyimpan kebudayaan serta kearifan lokal yang kental. Tetapi tidak hanya itu, salah satu kabupaten di Provinsi Yogyakarta sangat terkenal akan daerah wisata pantainya. Kabupaten Gunung Kidul menjadi salah satu daerah dengan wisata pantai terbanyak di Yogyakarta. Uniknya hampir semua wisata pantai disana banyak dikenal oleh warga masyarakat dari luar daerah jogja.

5 Pantai Terbaik Di Pulau Jawa 3

Salah satu pantai yang mempunyai keindahan luar biasa adalah pantai somandeng. Pantai ini menempati lokasi yang dahulu merupakan kawasan hutan cemara udang dan pandan laut yang ditanami oleh perhutani bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada. Pantai Somandeng terletak di kawasan hutan cemara udang Pantai Sundak Timur, dusun Ngasem, desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul.

Baca juga  7 Pantai Cantik di Sulawesi Utara yang Mempesona

Hampir sama dengan pantai Indrayanti, pantai ini dikelola oleh swasta. Panti ini termasuk yang tercepat dalam membangun sarana dan prasarana. Ditengah- tengah pantai juga terdapat Gasebo yang bisa di sewa sebagai tempat penginapan. Sehingga menikmati suasana malam di pantai ini akan sangat menyenangkan.

 

Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Barat

Salah satu wisata pantai yang mempunyai nuansa bagaikan surga di Pacitan Jawa Timur. Namun karena wiayah pantai yang berada di perbatasan membuat pemerintah kurang mengayomi daerah wisata pantai tersebut. Sangat disayangkan karena potensi dari pantai ini dianggap kurang maksimal. Saat memasuki kawasan pantai Banyu ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan sungai yang berada di sekitar pantai.

Panorama yang sangat berbeda ketimbang destinasi lainnya. Di pantai ini juga terdapat sebuah warung makan  yang menyediakan berbagai menu seafood. Dari sini kita juga dapat melihat keindahan air terjun Banyu tibo.

5 Pantai Terbaik Di Pulau Jawa 4

Pantai Banyu tibo memiliki perpaduan yang sangat luar biasa. Mulai dari kawasan pantai, air terjun serta tempat untuk melihat pemandangan pantai. Hanya dengan 50 ribu wisatawan dapat menikmati kegiatan snorkeling di daerah pantai Banyu Tibo. Bahkan peralatan yang disewakan pun termasuk sudah berstandar internasional.

 

Pantai Plekung Banyuwangi

Walaupun kawasan taman nasional alas purwo terkenal dengan kawasan wisata daratnya, tetapi disana juga terdapat sebuah pantai yang sangat terkenal bernama Pantai Plekung. Pantai ini bahkan sudah sangat terkenal diantara wisatawan internasional. Hal ini karena pantai Plekung memiliki ombak yang tinggi dan cocok untuk berselancar.

Secara internasional pantai Plekung berada di posisi ke tujuh sebagai pantai dengan ombak terbaik di dunia. Di wilayah asia tenggara sendiri bahkan di anggap sebagai spot surfing terbaik.

Baca juga  5 Tempat Wisata Yang Cocok Bagi Kamu Para Jomblo, Agar Bisa Menemukan Jodohnya

5 Pantai Terbaik Di Pulau Jawa 5

Untuk para wisatawan umum sendiri, pantai ini terkenal dengan eksotisme dan perpaduan alam yang luar biasa. Pantai Plekung mempunyai kontur yang sedikit mlengkung dan mempunyai julukan G Land. Selain itu wisatawan umum akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan seperti memancing, Snorkeling dan melihat penangkaran Penyu.

 

Pantai Jungwok Gunung Kidul

Salah satu keindahan tersembunyi di pesisir pantai selatan ini bernama pantai jungwok. Menjadi salah satu pantai yang terkenal angker dan penuh misteri, nyatanya keindahan di kawasan pantai ini membantah segala anggapan yang ada. Dengan pemandangan pasir putih dan air laut berwarna biru menjadikan pantai jungwok ini mempunyai panorama yang luar biasa.

Dengan berbagai jenis ikan yang berada disini, menjadikan pantai Jungwok sebagai salah satu destinasi yang sangat direkomendasikan untuk wisatawan.

5 Pantai Terbaik Di Pulau Jawa 6

Selain itu bentuk pantai ini sedikit cekung, hal ini membuat ombak di pantai Jungwok terlihat menyegarkan mata saat menghantam karang disekitar pantai. Pantai Jungwok juga menjadi salah satu destinasi yang sangat sepi sehingga terkesan seperti milik pribadi. Pengunjung bisa menghabiskan waktu di pantai ini dengan lebih rileks dan nyaman.

Salah satu alasan yang menjadikan pantai ini sepi karena pantai ini cukup terpencil dengan jalan yang sedikit terjal. Namun percayalah, semua ini akan terbayar dengan semua hal yang ada di pantai Jungwok.

 

Pulau Cilik Karimunjawa

Banyak orang tentunya tau dengan kepulauan Karimunjawa. Pulau kecil yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini merupakan surga kecil bagi wisatawan. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan. Banyak sekali pantai di pulau ini dan hampir semuanya memiliki panorama alam yang indah serta keunikannya tersendiri.

Baca juga  9 Tempat Asyik Buat Jalan-jalan di Tenerife, Spanyol

Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional mulai tahun 2001. Hal ini karena kekayaan alam di karimunjawa sangat cocok dijadikan sebagai bagian konservasi alam nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang ber habitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

5 Pantai Terbaik Di Pulau Jawa 7

Karena itu wajar di Karimunjawa terdapat banyak sekali pantai yang indah dengan pemandangan alami. Selain itu perpaduan panorama ditiap pantai menghasilkan keunikan tersendiri. Salah satu contoh pantai dengan keindahan alamnya adalah Pulau Cilik. Pantai ini terletak di sisi timur pulau karimunjawa. Pantai ini disebut pulau karena terlihat seperti sebuah pulau kecil dengan letak terpisah dari Pulau kawimunjawa.

Salah satu keunggulan pulau Cilik adalah tempat snorkeling bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan terumbu karang dan ratusan jenis ikan laut. Di tempat ini sering kali ditemukan sekumpulan Clown fish atau biasa disebut ikan Nemo. Untuk mengunjungi pulau ini hanya bisa menggunakan transportasi laut seperti kapal atau Speedboat.

Itulah tadi beberapa pantai yang mempunyai panorama terbaik di pulau jawa. Masih banyak pantai dengan keindahan alam yang luar biasanya. Tentunya keindahan pantai- pantai ini bisa menjadi salah satu referensi berwisata yang menarik. Apalagi jika kalian ingin berlibur dan beristirahat sejenak dari lelahnya rutinitas pekerjaan.

Pantai- pantai ini juga cocok dijadikan destinasi tempat liburan keluarga atau honeymoon bersama pasangan. Kalian bisa mengambil cuti beberapa hari untuk merasakan semua fasilitas alami dari pantai- pantai tersebut.

5 Pantai Terbaik Di Pulau Jawa 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ade Firman Saputra

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments