5 Tempat Rekreasi di Jakarta Barat yang Memikat

Jakarta Barat yang menjadi kawasan pemukiman penduduk, juga memiliki sejumlah tempat rekreasi yang cukup memikat untuk dikunjungi


Meski merupakan kawasan yang menjadi tempat pemukiman penduduk, bukan berarti tidak ada tempat rekreasi di Jakarta Barat. Memang bukan tempat wisata atau tempat rekreasi yang menjual pesona keindahan alam, namun tempat-tempat tersebut juga cukup memikat untuk dikunjungi.

Pesatnya perkembangan perekonomian dan bisnis, membuat wilayah Jakarta Barat yang dulu dikenal dengan bangunan-bangunannya yang memiliki arsitektur bergaya Eropa peninggalan dari Belanda, banyak yang beralih fungsi menjadi pusat bisnis.

Namun demikian, masih ada tempat-tempat yang tersisa yang menarik untuk dijadikan tempat wisata. Berikut beberapa tempat rekreasi di Jakarta Barat yang cukup memikat:

Kota Tua Batavia 

Kota Tua Batavia pada sekitar abad ke-16 merupakan lokasi yang menjadi pusat perdagangan di Asia. Uniknya, keberadaan sisa-sisa masa lampau yang merupakan kawasan peninggalan Belanda tersebut sampai sekarang masih terjaga keasliannya, terutama dari sisi bangunannya.

Untuk dapat menikmati suasana unik yang disuguhkan Kota Tua Batavia ini, para pengunjung bisa mengelilinginya dengan sepeda onthel yang banyak disewakan di sekitar kawasan tempat wisata ini.

Chinatown (Glodok)

Inilah Chinatown ala Jakarta Barat dengan bangunan-bangunannya yang berarsitektur khas China. Selain disuguhi suasana bernuansa negeri China, mereka yang berkunjung ke tempat ini juga dapat menikmati kuliner dengan menu masakan China, serta berbelanja aneka macam barang dengan beragam jenis dan dengan harga yang murah dibanding di tempat lainnya.

Entah karena terbawa oleh suasana kotanya, di tempat ini masih banyak ditemui orang-orang yang menghitung dengan menggunakan simpoa.

Museum Fatahillah

Museum Sejarah Jakarta yang merupakan museum paling besar di Ibukota ini memiliki arsitektur bangunan yang unik karena dibangun pada tahun 1707. Awalnya gedung tersebut difungsikan sebagai balai kota, lengkap dengan ruang kantor, pengadilan, dan ruang untuk penjara bawah tanah.

Bangunan tersebut beralih fungsi menjadi museum pada tahun 1974 dengan nama Museum Fatahillah. Berbagai benda bersejarah yang menjadi koleksi museum ini diantaranya adalah benda-benda kebudayaan Betawi, patung, meriam, benda arkeolog, keramik, meubel antic, dan lain-lain. Museum Fatahillah juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seperti: perpustakaan, kantin, ruang sinema, ruang pertemuan, took souvenir, mushollah, serta taman.

Museum Wayang

Berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara No.27 Jakarta Barat, museum ini memiliki koleksi sekitar 6000 wayang dari berebagai jenis, seperti wayang kulit, wayang beber, wayang golek, wayang klithik, topeng, dan sebagainya. Koleksi wayang yang tersimpan di museum ini selain berasal dari berbagai daerah di seluruh penjuru Nusantara, sebagian juga berasal dari luar negeri.

Museum Tekstil

Museum ini memiliki bangunan yang unik dengan arsitektur Eropa Kuna karena dibangun pada jaman kolonial, dengan ukuran pintu yang sangat besar, serta keramik lantai bermotif unik.

Ribuan kain dari berbagai jenis dan dari berbagai daerah menjadi koleksi dari Museum Tekstil yang berlokasi di JL. KS Tubun Petamburan No.4 Jakarta Barat ini. Hanya saja tidak semuanya dipamerkan kepada para pengunjung.

Namun demikian, para wisatawan akan terpuaskan dengan beragam koleksi yang dipajang, karena cukup mewakili keragaman jenis kain yang ada di Indonesia, seperti kain tenun, kain batik, kain campuran, hingga busana yang berbahan kulit kayu.

Selain kelimat tempat tersebut, masih ada beberapa tempat rekreasi di Jakarta Barat yang menarik untuk dikunjungi, seperti: Jembatan Kota Intan, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Toko Merah, Masjid An-Nawier, serta Gereja Sion. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

Legend

Pilih format
Artikel
Untuk membuat post artikel.
GAG
Gambar, meme atau GIF.