Traveling   

5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Bandung


5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Bandung 1

Tidak akan ada habisnya jika kita membahas tempat wisata yang ada di Bandung, karena setiap tahunnya selalu saja ada tempat wisata baru yang dapat menarik perhatian banyak orang. Bandung memang terkenal dengan tempat wisatanya yang beragam, mulai dari wisata alam, wisata keluarga, wisata kuliner sampai wisata taman buah. Oleh sebab itu, tak heran kalau Bandung menjadi salah satu destinasi wisata utama bagi banyak orang.

Membahas soal bandung, mungkin kita akan berpikir soal Alam nya yang masih asri dan hijau. Meskipun Bandung sudah termasuk kota, namun masih banyak kawasan hutan yang masih hijau dan asri. Biasanya kawasan hijau tersebut akan dijadikan tempat wisata oleh warga setempat, oleh karena itu banyak wisata bernuansa alam di Bandung.

Jika kamu memilih untuk berlibur ke Bandung, kamu bisa mengunjungi banyak tempat wisata sekaligus dalam sehari. Sebab setiap tempat wisata di Bandung selalu berdekatan, bisa ditempuh bahkan dengan berjalan kaki. Bingung memilih destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi? berikut rekomendasi tempat wisata bernuansa alam di Bandung.

Dusun Bambu

5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Bandung 3

Bandung memang cocok untuk kamu yang sudah jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan yang identik polusi, dan kemacetan. Untuk sedikit menghilangkan rasa jenuh tersebut, kamu bisa coba untuk berlibur ketempat yang dipenuhi dengan pepohonan dan hutan yang masih hijau dan asri. Kawasan hijau memang selalu menjadi tempat yang cocok untuk sedikit melupakan rasa penat yang didapat selama bekerja diperkotaan, selain itu juga kawasan hijau bisa menjadi tempat yang romantis bila dikunjungi bersama pasanganmu.

Mungkin Dusun Bambu bisa menjadi salah satu destinasi wisatamu saat berkunjung ke Bandung, karena Dusun Bambu masih memiliki nuansa yang indah, fresh, dan alami. Daya tarik utamanya adalah rumah kecil yang terbuat dari bambu, membuat pengunjung merasakan hidup dipedesaan yang masih alami.

Baca juga  Proses Kuliah Online Widyatama

Dusun Bambu bisa menjadi tempat yang romantis bila dikunjungi bersama pasanganmu, kamu juga tidak perlu khawatir jika tidak membawa makanan karena disini terdapat Burangrang Cafe yang menyediakan makanan lezat dan enak. Jika kamu ingin menginap, kamu tidak perlu mencari hotel karena Dusun Bambu menyediakan penginapan dengan model perkemahan.

Selain kuliner dan penginapan, kamu bisa melakukan aktifitas lain seperti bersepeda sambil menikmati alam yang indah disekitar Dusun Bambu. Kamu bisa menyewa sepeda dengan harga yang murah, sangat menyenangkan bila melakukan aktifitas bersepeda bersama kerabat, teman, dan keluargamu disini.

 

Curug Pelangi

5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Bandung 4
img: Kaskus.com

Hal yang tidak dapat lepas dari tempat wisata Bandung yaitu curug, memang hampir sebagian besar tempat wisata di Bandung dipenuhi dengan curug. Namun berbeda dengan Curug biasanya, terdapat curug yang airnya dapat berubah menjadi warna warni, yaitu Curug Pelangi. Warna tersebut dihasilkan oleh lampu yang terdapat dibelakang air terjun, lampu-lampu itu dipasang oleh pengelola untuk melakukan inovasi terhadap objek wisata tersebut.

Sebelumnya Curug Pelangi bernama Curug Cimahi, sama seperti Curug biasanya yang hanya terdapat air terjun berserta fasilitasnya. Namun pengelola dari Curug Cimahi melakukan inovasi dengan memasang lampu penghias dibelakang air terjun, akhirnya nama Curug Cimahi berubah menjadi Curug Pelangi.

Karena warnanya dihasilkan oleh lampu penghias, kamu harus berkunjung dimalam hari untuk melihat keindahan Curug Pelangi. Pada malam hari Curug Pelangi menghasilkan keindahan yang dapat memanjakan mata para pengunjungnya.

Berbicara soal Curug, pasti terlintas dibenak sebagian orang yang berpikir bahwa akses menuju Curug Pelangi pasti sulit. Tenang saja, saat ini kamu bisa dengan mudah menuju Curug Pelangi karena sudah dilengkapi dengan tangga yang dibuat oleh pengelolanya.

Baca juga  10 Tempat Mitos yang Sebenarnya Ada di Dunia Nyata

 

Tangkuban Perahu

5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Bandung 5
img: Tirto.id

Siapa yang tidak mengenal Tangkuban Perahu? salah satu destinasi wisata paling terkenal dibandung ini memiliki kisah legenda yang terkenal diseluruh Indonesia. Konon katanya dinamai Tangkuban Perahu karena gunung ini dulunya perahu yang ditendang oleh sangkuringan, sehingga perahu tersebut terpental jauh dan mendarat terbalik.

Alasan sangkuriang menendang perahu tersebut, karena dirinya gagal memenuhi syarat yang diajukan Dayang Sumbi. Dayang Sumbi merupakan ibu dari Sangkuriang yang mengajukan syarat untuk membuat telaga dan perahu dalam satu malam agar dapat menikahi dirinya. Namun sayangnya sangkuriang gagal memenuhi syarat tersebut, kesal dengan gagalnya untuk menikahi Dayang Sumbi, sakuringan menendang perahu yang dibuatnya sehingga mendarat terbalik dan menjadi sebuah gunung yang sekarang dikenal sebagai Tangkuban Perahu.

Mungkin kebanyakan orang beranggapan bahwa sangat membosankan belibur hanya untuk melihat Gunung yang sama saja seperti gunung lainnya. Jangan salah, karena tidak jauh dari objek wisata ini kamu bisa menemukan objek wisata lainnya salah satunya Cikahuripan. Cikahuripan merupakan sumber mata air yang percaya memiliki khasiat, tak sedikit orang yang datang karena kepercayaan tersebut.

Terlepas dari hal mistis, Cikahuripan wajib masuk kedalam daftar destinasi wisata saat kamu berkunjung ke Bandung. Bukan hanya Cikahuripan saja yang dekat dengan Tangkuban Perahu, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa kawah seperti Kawah Upah, Kawah Ratu, dan Kawah Domas.

 

Tebing Keraton Bandung

5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Bandung 6
img: TravelsPromo.com

Selain Gunung dan Curug, ada objek wisata lain yang menarik perhatian pengunjung salah satunya Tebing Keraton Bandung. Sekilas memang nampak membosankan, karena kamu hanya melihat hamparan hutan yang lebat dan perbukitan. Namun memang bukan itu daya tariknya, terdapat banyak aktifitas yang dapat dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Tebing Keraton Bandung.

Baca juga  Berwisata Ala Eropa Di Devoyage Bogor, Jawa Barat

Biasanya wisatawan berkunjung kesini untuk menikmati sunrise yang muncul dibelakang Gunung Guntur sehingga terlihat keindahan yang dapat memanjakan mata. Pemandangan tersebut menjadi lebih indah ketika terdapat kabut putih yang menyelimuti hamparan hutan, bagi kamu yang ingin melihat sunrise ini bisa datang ke Tebing Keraton Bandung sekitar jam 05:20 WIB.

 

Ranca Upas

5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Bandung 7
img: Muhdhito.me

Ranca Upas merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Bandung, terletak di Bandung Selatan serta memiliki lahan seluas 215 Hektar membuat Ranca Upas menjadi destinasi pilihan yang wajib ada didaftar saat berkunjung ke Bandung. Selain itu, Ranca Upas juga termasuk kawasan hutan lindung yang didalamnya terdapat aneka ragam flora langka seperti Huru, Hamirug, Kihujan, dan Jamuju.

Pengujung dapat melihat berbagai hewan yang dilindungi seperti berbagai jenis burung dan rusa. Bagi kamu yang tertarik berkunjung ke Ranca Upas, kamu harus membawa jaket yang ekstra tebal karena saat malam hari suhunya dapat mencapai 0 derajat.

Selain melihat Flora dan Fauna langka, terdapat area bernama Camping Ranca Upas Smart Camp Adventure, dimana kamu dapat melakukan aktifikan Camping bernama teman, kerabat, serta keluargamu. Area Camping sendiri dapat menampung kurang lebih sekitar 10.000 ribu pengunjung.

Sebelum camping, kamu bisa melihat Rusa di area penangkaran Rusa, hewan tersebut dibiarkan bebas dan berkembang biak tanpa gangguan dari siapapun.

Ranca Upas terletak di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973.

5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Bandung 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

R Setiawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments