Traveling   

5 Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Dikunjungi


5 Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Dikunjungi 1

Kebanyakan orang mengenal magelang sebagai kota yang menyimpan salah satu candi terbesar di dunia, yaitu candi borobudur. Meskipun terkenal dengan candi nya, ternyata magelang menyimpan banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi setelah berkunjung ke candi borobudur.

Seakan tak ingin kalah dengan Jogja, magelang sekarang sudah banyak menyediakan tempat wisata yang tidak kalah menariknya dengan tempat wisata di jogja. Bagi kamu yang berkunjung ke magelang untuk melihat candi borobudur, kamu wajib mampir kebeberapa tempat wisata ini. Berikut rekomendasi tempat wisata terbaik yang terdapat di kota magelang.

Punthuk Mongkrong

5 Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Dikunjungi 3
img: @Abibagas21 via Borobudurnews.com

Sudah menjadi suatu kebahagiaan tersendiri dapat menikmati sunset sambil ditemani pemandangan pepohonan yang rimbun dan hijau, kamu dapat menikmati kedua hal tersebut di Kota Magelang tepatnya di Punthuk Mongkrong. Tempat wisata ini memiliki ketinggian 624 mdpl yang tentunya tidak terlalu tinggi untuk pendaki pemula sekalipun. Bagi kamu yang belum pernah mendaki gunung, kamu tidak perlu khawatir karena untuk mencapai puncak Punthuk Mongkrong tidak diperlukan waktu yang lama, hanya sekitar kurang lebih 30 menit.

Namun meski masih terbilang pendek, kamu harus tetap berhati-hati dan selalu hargai peraturan serta budaya masyarakat sekitar. Rasa lelahmu akan terbayarkan ketika sampai di puncak Punthuk Mongkrong dimana kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dengan pegunungan disekitar serta hutan yang masih hijau dan asri. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah kamu dapat menikmati sunset dan sunrise lewat puncak Punthuk Mongkrong tanpa terhalang oleh apapun.

Selain melihat pemandangan yang hijau, diatas sana kamu dapat melihat banyak pegunungan yang dapat menambah keindahan saat sunset maupun sunrise tiba. Jika kamu ingin berfoto diatas puncak, kamu bisa berfoto melalui jembatan berbentuk “V” yang menghadap langsung ke pemandangan hutan dan pesawahan yang ada disekitar sehingga kamu akan mendapatkan latar foto yang keren dan menarik.

Baca juga  6 Destinasi Wisata Asyik di Karawang, Cobain Yuk!

Bagi kamu yang berkunjung lebih dari dua orang, nampaknya kamu tidak bisa foto bersama-sama, karena maksimal orang yang dapat ditampung jembatan ini hanya dua orang saja. Itu karena jembatan yang ada diatas Punthuk Mongkrong dibangun dengan menggunakan bambu dan kayu saja.

 

Candi Selogriyo

5 Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Dikunjungi 4
img: Borobudurnews.com

Magelang memang terkenal dengan Candi Borobudur nya yang mendunia, namun siapa sangka bahwa magelang memiliki banyak candi-candi lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, salah satunya Candi Selogriyo. Candi yang terletak dikaki Gunung Sumbing ini dipercaya telah ada sejak abad ke-8 Masehi tepatnya saat masa kejayaan Hindu.

Karena letaknya yang bisa dibilang terpencil, candi ini dipercaya sebagai tempat pemujaan pendeta Hindu yang dulu lebih memilih untuk tinggal di tempat terpencil. Candi Selogriyo ditemukan pada tahun 1800-an saat masa penjajahan belanda, pertama kali ditemukan dengan kondisi yang tidak utuh, banyak bagian dan bangunan candinya yang hilang atau rusak.

Namun akhirnya pada tahun 2000-an, candi Selogriyo mulai dibangun dan diperbaiki tanpa mengubah struktur asli dari bangunan tersebut. Membangun sebuah candi yang sudah rusak tentu bukan perkara yang mudah, apalagi ditahun 1998 terdapat tanah longsor disekitar candi yang membuat candinya hancur.

Oleh karena itu, saat kamu berkunjung ke Candi Selogriyo perlu mentaati peraturan yang berlaku disana, diantaranya dilarang merokok, dilarang duduk pada bagian candi, dan dilarang merusak apapun yang berhubungan dengan candi termasuk fasilitsa didalamnya. Bagaimana? tertarik mengunjungi Candi Selogriyo?

 

Candi Umbul

5 Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Dikunjungi 5
img: Tribunnews.com

Bila kebanyakan orang berkunjung ke candi untuk melihat keindahan struktur bangunan dan keindahan lain disekitarnya, bagaimana bila kamu berkunjung ke candi untuk mandi dikolam air panas yang dulunya dipakai oleh putri saja? tentu saja bisa, kamu hanya perlu mengunjungi Candi Umbul yang terdapat di magelang. Disini kamu bisa mandi di kolam air panas dengan melihat bangunan candi disekitarnya.

Baca juga  5 Destinasi Wisata di Sulawesi Utara dengan Keindahan yang Luar Biasa!

Diperkirakan Candi Umbul termasuk candi tertua di magelang, bahkan ada sebelum candi borobudur dibangun. Konon Candi Umbul menjadi tempat mandi putri raja pada saat itu, karena air didalam kolam pemandian air panas Candi Umbul tidak perlu mengering bahkan saat musim kemarau sekalipun. Air terus mengalir karena terdapat mata air disekitar kolam yang terus mengaliri air tanpa henti.

Seperti candi lainnya, Candi Umbul ditemukan bukan hanya tidak utuh melainkan terkubur dibawah tanah sehingga membuat masyarakat tidak mengetahui adanya bangunan candi disana. Pertama kali ditemukan oleh warga yang sedang membuat kolam, ia melihat bebatuan yang tersusun seperti struktur candi. Akhirnya warga sekitar turut membantu penggalian hingga terlihat sebuah struktur bangunan seperti kolam yang ditengahnya keluar air panas yang bersumber dari mata air.

Warga percaya bahwa air didalam kolam pemandian tersebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya penyakit kulit. Disamping kepercayaan tersebut, kamu wajib mengunjungi Candi Umbul untuk melihat keindahan struktur kolam pemandian kuno yang pernah dipakai oleh putri raja.

 

Taman Kyai Langgeng

5 Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Dikunjungi 6
img: Wikipedia.com

Berwisata ke kota magelang tidak lengkap rasanya bila tak berkunjung ke Taman Kyai Langgeng. Seperti namanya, disini terdapat makan Ki Ageng Suryokusumo (Kyai Langgeng) yang terletak ditengah-tengah taman. Kyai Langgeng adalah orang yang sangat berpengaruh, ulama sekaligus penasehat spiritual Pangeran Diponegoro. Selain itu, Kyai Langgeng merupakan keturunan asli Raja Mataram yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono II, beliau salah satu orang yang sangat dipercaya oleh Pangeran Diponegoro.

Baca juga  4 Cara Jitu Hadapi Delay Saat Traveling!

Disamping itu, terdapat bebreapa wanaha di Taman Kyai Langgeng seperti wahana air, wahana permainan, wahana edukasi, dan wahana religius untuk orang yang ingin berziarah ke makam Kyai Langgeng. Wahana Edukasi sangat cocok untuk anak-anak, karena didalamnya terdapat taman satwa, perpustakaan, dan replika pesawat terbang. Untuk orang dewasa jangan berkecil hati, karena disini juga banyak wahana yang dapat dinikmati oleh orang dewasa tepatnya di wahana petualangan dan wahana permainan.

Tepat di wahana permainan terdapat beberapa wahana, diantaranya becak mini, komedi putar, bianglala, bom bom car, dan sepur mini. Bagi kamu yang tidak ingin melewatkan ibadah karena keseruan yang ada didalam Taman Kyai Langgeng, tidak perlu khawatir karena disini terdapat fasilitas Mushola yang dapat digunakan. Pengunjung yang lapar tidak perlu keluar taman, karena didalamnya banyak terdapat tempat makan yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

 

Balkondes Wringin Putih

5 Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Dikunjungi 7
img: Liputan6.com

Bagi kamu yang sudah cukup berkunjung ke Candi Borobudur, maka kamu wajib mengunjungi Balkondes Wringin Putih. Apa itu Balkondes? Balkondes atau Balai Ekonomi Desa adalah program milik BUMN yang bertujuan untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah-daerah disekitar magelang. Setidaknya terdapat 18 Balkondes yang terdapat disekitar Candi Borobudur, untuk Balkondes Wringin Putih sendiri terletak 2,3 km dari Candi Borobudur.

Setiap Balkondes memiliki konsepnya tersendiri yang dapat menarik perhatian wisatawan, tentu saja disini kamu bisa menemukan banyak spot foto yang instagramable. Di Balkondes Wringin Putih kamu bisa melihat taman bambu yang cantik.

5 Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Dikunjungi 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

R Setiawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments