Traveling   

6 Tempat Menyelam Terbaik di Kepulauan Sulawesi


6 Tempat Menyelam Terbaik di Kepulauan Sulawesi 1

Menikmati keindahan yang terletak di bawah laut melalui penyelaman tidak pernah membosankan, karena terumbu karang maupun ikan yang berwarna-warni dan eksotis selalu ada untuk menyenangkan mata kita dan mengangkat suasana hati kita. Sebagai negara kepulauan, Indonesia menawarkan banyak pilihan tempat menarik di mana kamu dapat menikmati keindahan bawah laut.

Salah satu tempat menyelam yang dianggap sebagai tempat terbaik untuk scuba diving di Indonesia adalah Pulau Bunaken yang terletak di Kepulauan Sulawesi. Selain Bunaken, Kepulauan Sulawesi juga memiliki surga selam tersembunyi lainnya yang kurang dikenal dibandingkan dengan Bunaken tetapi menawarkan keindahan yang sama seperti itu.

Di sini, ada daftar 6 tempat menyelam terbaik di Kepulauan Sulawesi yang dapat kamu kunjungi dalam rencana liburan kamu berikutnya di pulau-pulau. Pastikan untuk memasukkan semuanya ke dalam daftarmu.

Pulau Lembeh

6 Tempat Menyelam Terbaik di Kepulauan Sulawesi 3

Terletak di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, Pulau Lempeh tidak akan menawarkan tempat menyelam khas dengan pantai berpasir putih atau dinding terumbu karang yang spektakuler. Sebagai gantinya, pulau itu akan membuatmu takjub dengan makhluk laut yang beragam dan tidak biasa yang jarang kamu temukan di tempat lain.

Pulau ini memiliki pasir vulkanik hitam dan merupakan rumah bagi spesies seperti ikan Mandarin, laba-laba laut, udang harlequin, pegasus, gurita, katak berbulu, ghost pipefish, 7 spesies kuda laut yang termasuk pygmy, dan banyak lagi. Keanekaragaman hayati ini adalah surga bagi penyelam dan fotografer, yang setuju untuk mengatakan bahwa pulau itu benar-benar menakjubkan.

Laut di pulau ini memiliki kedalaman sekitar 15-25 meter dengan hampir tanpa gelombang. Air tidak begitu terlihat di daerah yang lebih dalam karena jarak pandang hanya bisa mencapai 4 hingga 20 meter karena dasar berpasir. Suhu air selalu hangat dan lebih baik mengunjunginya pada bulan September atau Oktober untuk visibilitas yang lebih baik.

Baca juga  5 Jalanan Yang Paling Memukau di Indonesia, Yuk Intip

 

Pulau Togean

6 Tempat Menyelam Terbaik di Kepulauan Sulawesi 4

Jika kamu mencari tempat menyelam dengan dinding besar terumbu karang yang fokus pada satu tempat, maka Pulau Togean mungkin menjadi jawaban yang kamu cari. Terletak 90 kilometer dari Selat Tomini, Sulawesi Tengah, Pulau Togean menawarkan liburan yang damai dan seperti pulau pribadi. Selain formasi terumbu karang yang menakjubkan, Pulau Togean juga memelihara keanekaragaman makhluk laut yang kaya, yang menjadikannya tempat yang bagus untuk penyelam, perenang snorkeling, dan fotografer.

Di daratan, kamu akan menyaksikan etnis tradisional Pulau Togean yang secara terbuka akan menyambutmu di pulau asal mereka. Jika kamu ingin menikmati penyelaman yang damai di mana kamu merasa seperti menyewa pulau sendiri, maka kamu harus segera mengunjungi pulau ini. Banyak yang percaya bahwa pulau ini akan menjadi objek wisata yang ramai berikutnya karena keindahannya. Untuk membantu kamu mempersiapkan rencana perjalanan wisatamu di pulau ini, cobalah lihat hal-hal yang dapat dilakukan di artikel Pulau Togean.

 

Taman Laut Takabonerate

6 Tempat Menyelam Terbaik di Kepulauan Sulawesi 5

Taman Laut Takabonerate adalah taman yang melestarikan atol terbesar ketiga, terumbu karang berbentuk cincin yang mengelilingi laguna, di dunia. Ini menjadi daya tarik utama pulau itu. Keindahan pulau itu bahkan pernah disarankan ke UNESCO oleh pemerintah Indonesia sebagai warisan.

Terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sumatra Selatan, taman laut ini adalah salah satu yang wajib dikunjungi sebagai taman laut nasional di Indonesia karena atolnya yang indah dan 15 pulau kecil. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman laut adalah sekitar bulan April hingga Juni serta Oktober hingga Desember. Catat ke dalam daftar liburanmu dan jangan sampai ketinggalan!

Baca juga  10 Kota Berwarna-warni yang Bisa Membuatmu Takjub

 

Pulau Siladen

6 Tempat Menyelam Terbaik di Kepulauan Sulawesi 6

Pulau Siladen masuk dalam daftar 5 pulau di Taman Nasional Bunaken yang terletak di Manado, Sulawesi Utara. Nama Siladen secara lokal berarti tenggelam, yang mengacu pada kepercayaan bahwa sebuah kapal tenggelam di tengah laut dan daerah tempat kapal itu tenggelam dinamai Siladen, yang juga termasuk pulau itu. Terletak di timur laut Bunaken dengan luas 31,25 hektar, Pulau Siladen memiliki kedalaman 20-50 meter serta menawarkan makhluk laut yang indah dan terumbu karang bersama dengan gua yang menakjubkan.

Pulau ini cukup jauh dari hiruk pikuk kota, yang menjadikannya tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari rutinitas sehari-hari yang penuh tekanan. Keindahan penghuni bawah air dan airnya yang jernih menarik banyak penyelam profesional maupun yang tidak berpengalaman. Dilengkapi dengan pusat selam dan banyak akomodasi lainnya, sehingga pengalaman menyelam kamu di sini akan jauh lebih menyenangkan. Menyelam di pulau ini adalah salah satu hal yang menarik untuk dilakukan di Manado.

Karena terletak di Manado, dalam perjalanan atau setelah menyelam di pulau ini, kamu dapat mencoba mencicipi makanan lokal Manado untuk merasakan lebih banyak getaran lokal, alami, dan tradisional di tempat itu.

 

Taman Laut Nasional Wakatobi

6 Tempat Menyelam Terbaik di Kepulauan Sulawesi 7

 

Taman Laut Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara dan dinobatkan sebagai taman laut nasional terbesar kedua di Indonesia pada tahun 1996. Wakatobi diyakini sebagai rumah bagi 90% dari jenis terumbu karang di dunia dengan lebih dari 942 spesies ikan eksotis dan unik.

Terdiri dari 4 pulau besar, jumlah terumbu karang di taman laut ini lebih dari 750. Itulah sebabnya dikatakan bahwa ia mencakup 90% dari terumbu karang di seluruh dunia yang jumlahnya 850 jenis. Mengingat betapa kaya dan beragamnya taman laut ini, kamu dapat membayangkan betapa hebatnya menyelam di tempat ini.

Baca juga  6 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Menyuguhkan Makanan dengan Sensasi Rasa Luar Biasa

Ini adalah salah satu obyek wisata bahari terbesar di Sulawesi Tenggara dan untuk alasan itu, kamu benar-benar perlu mengunjunginya. Lihatlah objek wisata lain yang dapat kamu temukan saat tinggal di Pulau Wakatobi dan nikmati liburan yang menyenangkan!

 

Pulau Bunaken

6 Tempat Menyelam Terbaik di Kepulauan Sulawesi 8

Nah, seperti yang disebutkan dalam pendahuluan, Taman Laut Nasional Bunaken sangat populer sebagai salah satu tempat menyelam dan snorkeling terbaik di Indonesia. Pulau Bunaken adalah salah satu pulau di taman laut nasional yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi, yaitu di Manado. Airnya sangat jernih dan itulah alasan mengapa kamu pasti akan menikmati waktu menyelam di tempat ini. Pulau ini memiliki sekitar 13 jenis terumbu karang serta 91 spesies ikan berwarna-warni dan eksotis yang akan memeriahkan waktu menyelam kamu.

Airnya yang jernih memungkinkan kamu memiliki visibilitas sekitar 20-40 meter di dalam air. Inilah alasan mengapa kamu perlu menambahkan tempat ini di daftar tempat menyelam kamu. Ya, Pulau Sulawesi benar-benar menjaga keindahan laut yang luar biasa, di mana banyak tempat menyelam terbaik di Indonesia berada. Sebelum menuju ke tempat menyelam, selalu ingat untuk mempersiapkan dirimu dengan peralatan dan energi yang baik. Semoga kamu memiliki pengalaman menyelam yang luar biasa di tempat-tempat ini.

Bagaimana? Berbagai tempat menyelam di Sulawesi ini ternyata tak kalah bagus dengan tempat lainnya di Indonesia. Bahkan mungkin beberapa tempat di sini juga sama bagusnya dengan berbagai tempat menyelam lainnya di dunia. Jadi bikin kamu tertarik buat berkunjung ke sini, kan?

6 Tempat Menyelam Terbaik di Kepulauan Sulawesi 9

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado