Traveling   

6 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi


6 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi 1

Gorontalo yang dulu merupakan bagian dari propinsi Sulawesi Utara, sebagian besar wilayahnya adalah daerah pegunungan dengan panorama alamnya yang menakjubkan.

Namun begitu, bukan hanya wisata alam saja yang bisa dijual propinsi ini, tapi juga wisata sejarah, wisata budaya, wisata bahari, dan berbagai jenis wisata lainnya. Berikut 6 tempat wisata di Gorontalo yang wajib dimasukkan ke dalam daftar kunjungan.

1. Pantai Bolihutuo

6 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi 3

Tempat wisata yang juga popular dengan nama Pantai Boalemo Indah ini paling terkenal di Gorontalo karena memiliki pemandangan alam yang memukau. Saat mengunjungi Pantai Bolihutuo, wisatawan akan disuguhi keindahan pantai yang landai dengan pasirnya yang putih berkilau, berpagar pohon-pohon pinus yang rindang.

Bahkan, selama dalam perjalanan menuju ke pantai ini, hijaunya bukit-bukit yang banyak ditumbuhi pohon-pohon kelapa, akan menyajikan pemandangan yang eksotis. Wisata pantai yang juga kerap dikunjungi wisatawan mancanegara ini terletak di kabupaten Boalemo dengan jarak sekitar 100 km dari kota Gorontalo.

Baca juga  Detektif Wisata: Menyelidik Kebumen, Kabupaten dengan Pantai Bocor

2. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

6 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi 4

Taman Nasional yang dulu bernama Dumoga Bone ini memiliki berbagai macam jenis tumbuhan langka dan hanya ada di taman ini, seperti Bunga Bangkai (Amorphophallus Companulatus), berbagai jenis anggrek, serta aneka tanaman hias langka lainnya.

Tidak hanya itu, di sini juga hidup 200 jenis kumbang, 38 jenis kupu-kupu, 125 jenis aves, 19 jenis ikan, 24 jenis mamalia, 11 jenis reptilian, dan 2 jenis amfibia. Berbagai jenis flora dan fauna tersebut dapat dinikmati keindahannya sembari berkemah, mendaki gunung Poniki, bermain di air terjun serta melepaskan penat di sumber air panas yang kesemuanya berada di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone ini.

Baca juga  Menjadi Salah Satu Surga di Bumi, Kampung adat Wae Rebo Wajib Kamu Kunjungi

3. Pentadio Resort

6 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi 5

Tempat wisata di Gorontalolainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah tempat istirahat di tepi Danau Limboto yang bernama Pentadio Resort. Selain menyuguhkan pemandangan danau yang mempesona, di kawasan wisata ini juga terdapat sumber air panas yang banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengobati penyakit kulit.

4. Benteng Danau Limboto Otanaha

6 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi 6

Bagi mereka yang menyukai wisata sejarah, bangunan peninggalan pemerintah Kolonial Belanda ini cukup menarik untuk dikunjungi. Dengan arsitektur bergaya Eropa bangunan ini memiliki dinding tembok, daun pintu, dan jendela yang kokoh dan tinggi. Lokasi Benteng Danau Limboto Otanaha ini sekitar 8 km dari pusat kota Gorontalo, tepatnya di Desa Barat Kota Daerah Dembe I.

Baca juga  7 Pantai Terbaik di Kebumen untuk Bersantai Saat Liburan

5. Air Terjun Ayuhulalo

6 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi 7

Lokasi air terjun ini terletak di Desa Ayuhulalo, yang berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Gorontalo. Dengan pemandangannya yang indah dan masih alami, wisata air terjun ini sangat menarik untuk dikunjungi.

6. Pemakaman Suci Jung Panggola

6 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi 8

Pemakaman Suci Jung Panggola yang berlokasi di Kecamatan Dembe I ini sudah ada sejak abad XIV. Masyarakat sekitar menganggap tempat ini merupakan tempat yang suci karena bangunannya memiliki karakter yang unik dan bersentuhan dengan agama Islam. Itu sebabnya, meski disebut pemakaman, namun jauh dari kesan angker dan menakutkan.

Demikian sedikit referensi tempat wisata di Gorontalo yang bisa dimasukkan ke dalam agenda kunjungan Anda saat berkunjung ke propinsi ini. (*)

6 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi 9


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments